Cara Memperbaiki Masalah Pesan Tidak Terkirim Pada Ponsel Android - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Kamis, 24 Oktober 2019

Cara Memperbaiki Masalah Pesan Tidak Terkirim Pada Ponsel Android

Cara Memperbaiki Masalah Pesan Tidak Terkirim Pada Ponsel Android

Apakah kamu mengalami masalah pesan yang menjengkelkan - Notifikasi tidak terkirim pada smartphone Android kamu? Ini adalah bug yang biasanya ditemukan pada aplikasi SMS bawaan Android. Hal itu bisa terjadi karena beberapa alasan. Dalam postingan ini, kami akan membantu kamu untuk memperbaiki masalah [error] Pesan Tidak Terkirim pada Ponsel Android.

Catatan: Banyak pengguna melaporkan masalah yang sama pada beberapa smartphone dari berbagai produsen, termasuk Samsung, LG, Lenovo, Motorola, Nokia, Xioami, dan lainnya.

Cara Memperbaiki Masalah Error "Pesan Tidak Terkirim" Pada Ponsel Android


Pemberitahuan untuk pesan yang tidak terkirim dapat terjadi karena salah satu dari tiga alasan ini.

1. Periksa pulsa kartu prabayar

2. Pengaturan konfigurasi perpesanan / SMS

3. Aplikasi SMS bawaan

Poin ketiga sangat penting karena sebagian dari kita sebagai pengguna ponsel Android menggunakan aplikasi SMS pihak ketiga, tapi karena kebiasaan, tetap saja membuka aplikasi SMS bawaan.

Baca juga: Cara Ini Bukan Menghemat Baterai Android Tapi Sebaliknya

1] Periksa Pulsa Kartu Prabayar


Salah satu situasi penting yang dapat menyebabkan masalah pesan tidak terkirim adalah kurangnya pulsa kartu prabayar yang kamu gunakan untuk biaya berkirim pesan.

Jadi sebelum ke langkah lainnya, kamu harus memeriksa dan memastikan bahwa saldo pulsa kartu prabayar yang kamu miliki itu cukup untuk mengirim SMS. Apabila kamu hendak berkirim SMS ke nomor operator lain, biayanya bisa lebih tinggi dari biaya kirim SMS ke nomor sesama operator.

Namun jika setelah memeriksa saldo pulsa prabayar cukup untuk berkirim pesan dan masih dalam kondisi aktif [tidak masa tenggang], maka kamu bisa melanjutkan ke solusi lainnya.

Cara Memperbaiki Masalah Pesan Tidak Terkirim Pada Ponsel Android

2] Periksa Konfigurasi Pesan


Masalah pesan tidak terkirim bisa terjadi karena konfigurasi perpesanan yang salah pada ponsel Android yang kamu gunakan. Hal itu bisa terjadi juga karena adanya perubahan kebijakan dari operator secara tiba-tiba.

Smartphone yang dijual oleh operator (bundling) biasanya tidak memiliki masalah seperti ini. Namun sebaliknya, versi smartphone yang unlocked bisa mengalami masalah ini. Sebab ponsel unlocked bisa menggunakan Kartu SIM apapun, dan perangkat yang tidak terkunci (unlocked) pada operator Internasional, informasi Pengirim Pesan juga bisa berubah.

Biasanya, konfigurasi Pusat SMS atau Pusat Pesan berfungsi seperti APN untuk layanan SMS. Jadi, kamu harus memeriksanya pada pengaturan perpesanan.

Cara Memperbaiki Masalah Pesan Tidak Terkirim Pada Ponsel Android

Untuk memeriksa pengaturan SMS yang tepat, buka dialer telepon, lalu ketik ##4636## untuk mengetahui Informasi Perangkat.

Baca juga: Benarkah Menggunakan WiFi Di Tempat Umum Berbahaya?

Disana kamu dapat melihat informasi Pusat SMS. Jika kosong atau salah, kamu dapat mencari di Google tentang nomor Pusat SMS untuk operator yang kamu gunakan.

Mungkin beberapa ponsel Android tidak memiliki pilihan pada jendela "Engineering test". Jadi, kamu harus pergi ke Pengaturan > Pesan untuk mengubah pengaturan informasi yang tepat.

3] Ubah Aplikasi SMS Bawaan


Aplikasi SMS biasa, dapat membuat kamu tidak bisa mengirim pesan melalui jaringan internte. Bug aplikasi paling banyak adalah memberikan peringatan error / kesalahan "Pesan Tidak Terkirim" atau "Tidak dapat mengirim SMS" saat mencoba mengirim pesan teks kepada seseorang.

Ada banyak alternatif yang bisa kamu gunakan dari pada kamu harus menggunakan aplikasi SMS bawaan ponsel Android, seperti Google Messages, Facebook, Go SMS, Truecaller, dll.

Kamu bisa mencoba mengganti aplikasi pesan default [bawaan] menjadi Google messenger atau Facebook messenger jika kamu yakin dan tidak khawatir tentang isu pemantauan konten dan privasi Facebook.

Cara Memperbaiki Masalah Pesan Tidak Terkirim Pada Ponsel Android

Saat menggunakan aplikasi SMS default, hidupkan "Laporan pengiriman pesan" pada pengaturan SMS. Setidaknya hal itu bisa membantu kamu dalam memahami penyebab kesalahan yang terjadi.

Baca juga: Inilah Cara Membuat Iklan Yang Menarik Di Instagram

Pesan tidak bisa dikirim karena konten tidak didukung


Ketika kamu mencoba untuk mengirim gambar atau file media melalui SMS standar, maka akan muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa konten pesan tidak didukung. File-file ini hanya bisa dikirim melalui pesan MMS saat menggunakan layanan SMS biasa. Pastikan untuk mengaktifkan MMS untuk nomor yang kamu gunakan.

Semoga semua tips ini dapat membantu kamu dalam memperbaiki masalah pesan tidak terkirim pada ponsel Android, dan kamu dapat menggunakan teks kembali untuk berkirim pesan. Jika masih menerima pemberitahuan pesan tidak terkirim di Android, sebaiknya hubungi layanan pelanggan operator yang kamu gunakan.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK