Cara Membuat Entri AutoText Untuk Digunakan Dengan Microsoft Word

Teks Otomatis (Auto Text) dapat memungkinkan pengguna untuk memasukkan kata, frasa, dan seluruh paragraf ke dalam suatu dokumen tanpa harus mengetiknya lagi dan lagi. Ini adalah fitur penting dari Micorosoft Office Word untuk pengguna yang melakukan banyak pengetikan. Misalnya, jika Anda sering menggunakan tanda tangan di dokumen, Anda bisa membuat pintasan teks (pada Micorosoft Word disebut 'Autotext').

Setiap kali Anda mengetik pintasan, misalnya, 'tanda', maka seluruh tanda tangan dimasukkan secara otomatis ke dalam dokumen yang sedang Anda kerjakan. Dalam posting Fajrinfo ini, kita akan melihat cara membuat dan menggunakan entri Autotext di Microsoft Word.

Cara Membuat Entri AutoText Untuk Digunakan Dengan Microsoft Word

Cara Membuat Teks Otomatis Di Office Word


Anda dapat menggunakan dua metode untuk membuat dan menggunakan kata atau frasa berulang. Salah satu metodenya adalah metode Autotext dan yang satunya lagi adalah metode AutoCorrect. Saya akan menjelaskan metode AutoCorrect terlebih dahulu dan kemudian metode Autotext.

Baca juga: Cara Singkat Membuat Rolling Credit Dalam Presentasi Microsoft PowerPoint

Buat Entri AutoCorrect Untuk Dipakai Sebagai AutoText


Cara Membuat Entri AutoText Untuk Digunakan Dengan Microsoft Word

Untuk membuat entri AutoCorrect yang akan digunakan sebagai AutoText, mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Dalam dokumen Microsoft Word, pilih beberapa teks (maks. sampai 255 karakter) yang ingin Anda gunakan lagi secara berulang

2. Klik File

3. Di menu File, klik atau ketuk Options

4. Klik Proofing di panel kiri jendela

5. Di panel kanan jendela, pilih tab yang bertuliskan AutoCorrect Options

6. Anda akan melihat dua kotak teks

7. Kotak teks kedua berlabel 'With' berisi frasa yang Anda pilih dalam dokumen

8. Di kotak pertama berlabel 'Replace', masukkan pintasan teks (kata kunci) yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan teks yang terlihat di kotak teks 'With'.

9. Klik Add dan kemudian pilih OK

Sekarang Anda memiliki entri AutoText yang dapat dipilih. Setiap kali ingin menyisipkan pilihan tersebut, cukup mengetikkan teks yang Anda gunakan untuk membuat entri AutoCorrect tadi. Maka Microsoft Word akan menampilkan kotak gelembung kecil yang berisi seluruh kalimat AutoText yang sudah Anda buat tadi.

Apabila ingin teks muncul pada posisi dimana kursor diletakkan, cukup tekan tombol Enter saja. Atau, Anda juga bisa menggunakan pintasan teks yang telah Anda buat di langkah ke-8. Cukup ketik pintasan teks (kata kuncinya) lalu tekan bilah spasi untuk mengisi frasa yang disimpan secara otomatis.

Kendala yang biasanya terasa pada metode AutoCorrect ini adalah Anda tidak bisa menggunakan potongan teks panjang. Ada batas 255 karakter, termasuk juga spasi kosong. Sisi baiknya adalah bahwa Microsoft Office Word akan menunjukkan kepadamu teks target lengkap, sehingga Anda dapat langsung menggunakan tombol Enter untuk mengisinya.

Dalam hal ini Anda tidak bisa menggunakan tombol Enter untuk membuat beberapa baris, jadi frasa yang diperluas hanya bisa satu baris atau beberapa kata saja.

Pastikan bahwa kotak ceklis yang bertuliskan Replace as you type sudah diceklis. Untuk opsinya ada di kotak dialog yang sama, tepat di atas daftar entri AutoCorrect.

Buat Entri AutoText Untuk Digunakan Di Microsoft Word


Cara Membuat Entri AutoText Untuk Digunakan Dengan Microsoft Word

Tidak seperti entri AutoCorrect yang tidak boleh lebih banyak dari 255 karakter, AutoText bisa menambahkan potongan teks yang sangat banyak. Misalnya, Anda bisa membuat dua hingga tiga paragraf yang digunakan setiap hari pada email sebagai pengecualian. Setelah membuat AutoCorrect pada Microsoft Word, Anda dapat menggunakannya di aplikasi Microsoft Office.

Metode untuk membuat entri AutoText sangat mudah. Mari kita ikuti beberapa langkah yang akan Fajrinfo jelaskan berikut ini.

1. Ketikkan seluruh teks yang ingin Anda simpan sebagai AutoText

2. Pilih teks yang Anda ketik untuk AutoText (Teks Otomatis)

3. Tekan tombol ALT + F3 pada keyboard

4. Maka Anda akan mendapatkan kotak dialog yang menanyakan apakah ingin menyimpan teks tersebut sebagai entri AutoText.

5. Anda akan memiliki kotak teks di bagian atas yang berlabel Nama tempat Anda bisa memasukkan pintasan teks.

6. Simpan Gallery ke AutoText lalu Category ke General sehingga Anda bisa melihat semua entri AutoText

7. Setelah itu klik OK

Ini juga berfungsi sebagai AutoCorrect (Koreksi Otomatis Word). Anda bisa mulai mengetik pintasan teks dan ketika AutoText muncul dalam gelembung, tekan tombol Enter untuk memasukkan teks tersebut. Atau, Anda bisa mengetik pintasan teks dan menekan tombol spasi untuk mengisi AutoText terkait.

Baca juga: Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Office Ke Folder Yang Kita Inginkan

Saat menyimpan AutoText (Teks Otomatis Word) menggunakan tombol ALT + F3, pastikan Anda menyimpannya ke template normal.dot. Maka nantinya AutoText disimpan dalam template normal.dot. Biasanya opsi ini dipilih secara default di menu drop-down berlabel Save in.

Demikian pembahasan yang dapat Fajrinfo bagikan tentang cara membuat entri teks otomatis dan koreksi otomatis untuk digunakan ketika mengetik di Microsoft Word. Semoga panduan sederhana ini bisa bermanfaat, terimakasih.

Kirim Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama