Apa Itu Jaringan Komputer? Dan Apa Saja Jenis Jaringan Komputer?

Apa itu jaringan komputer? Mungkin itu bukanlah pertanyaan yang sering Anda dengar, tetapi tetap sajaitu penting. Tanpa jaringan komputer, internet tidak akan seefisien seperti sekarang ini. Jadi dengan mengingat hal itu, kami memutuskan untuk menjelaskan apa itu jaringan, untuk pemula, bersama dengan berbagai jenis jaringan. Bukan hanya itu, tapi artikel ini akan membahas juga tentang kelebihan jaringan.

Apa Itu Jaringan Komputer?


Apa Itu Jaringan Komputer? Dan Apa Saja Jenis Jaringan Komputer?

Ya, jaringan adalah sekelompok sistem komputer yang terhubung untuk berbagi sumber daya dan berkomunikasi. Selain itu, jaringan juga merupakan kumpulan perangkat dan komputer yang dihubungkan bersama melalui media transmisi dan perangkat komunikasi.

Baca juga: Cara Melaporkan Situs Web Dewasa Di Laptop Windows 10 Ke Google

Kita akan berbicara lebih banyak tentang media transmisi di artikel lain, jadi pantau terus blog Fajrinfo untuk hal itu.

Utilitas Jaringan


1. Mempercepat komunikasi
2. Bagikan perangkat keras yang terhubung
3. Mendistribusikan data dan informasi

1] Mempercepat komunikasi


Karena jaringan, orang dapat dengan mudah berkomunikasi satu sama lain melalui email, alat messenger, ruang obrolan (chatting room), media sosial, situs web seperti Fajrinfo ini, panggilan video online, dan banyak lagi. Jika jaringan mati, maka semua alat yang terhubung dengannya tidak akan lagi beroperasi.

2] Bagikan perangkat keras yang terhubung


Jika ada perangkat keras tertentu yang terhubung ke jaringan, maka menjadi sangat mudah bagi perangkat tersebut untuk dibagikan dengan semua orang yang memiliki akses ke jaringan. Misalnya, file database atau printer sangat umum berada di jaringan, dan keduanya dikenal sebagai salah satu sumber daya jaringan.

3] Bagikan data dan informasi


Mungkin inilah masalahnya; jika Anda termasuk pengguna yang diotorisasi, maka seharusnya tidak memiliki masalah untuk mendapatkan akses ke data dan informasi yang disimpan di jaringan. Perusahaan seperti Microsoft akan memiliki basis data informasi pelanggan yang sangat besar, dan semua ini terbuka bagi karyawan dengan otoritas tertentu.

Jenis Jaringan Komputer


1. Local Area Network (LAN)
2. Wireless LAN (WLAN)
3. Wide Area Network (WAN)
4. Metropolitan Area Network (MAN)
5. Personal Area Network (PAN)
6. Campus Area Network (CAN)
7. Storage Area Network (SAN)

1] Local Area Network (LAN)


Apa Itu Jaringan Komputer? Dan Apa Saja Jenis Jaringan Komputer?

Apa yang kami miliki disini adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis kecil. Misalnya, LAN biasanya terletak di sebuah gedung. Bahkan, sebuah bangunan dapat memiliki beberapa Local Area Networks (Jaringan Area Lokal) yang terhubung satu sama lain.

2] Wireless LAN (WLAN)


Seperti namanya, jenis jaringan ini adalah 100 persen nirkabel (wireless). Ini bergantung pada router yang terhubung ke internet, yang pada gilirannya, menyediakan konektivitas nirkabel ke perangkat yang didukung. Jaringan inilah yang mungkin saat ini tersedia di rumah Anda.

3] Metropolitan Area Network (MAN)


Apa Itu Jaringan Komputer? Dan Apa Saja Jenis Jaringan Komputer?

Baiklah, jadi MAN adalah semua tentang menghubungkan Local Area Networks (Jaringan Area Lokal) di area metropolitan. Karena jaraknya, menghubungkan jaringan ini untuk membuat MAN dilakukan melalui teknologi transmisi, yang ada beberapa macam. Coaxial dan serat mungkin yang paling banyak digunakan dari pada lainnya karena faktor biaya.

4] Wide Area Network (WAN)


Apa Itu Jaringan Komputer? Dan Apa Saja Jenis Jaringan Komputer?

Dari apa yang bisa kita katakan, WAN mirip dengan MAN, perbedaannya dari segi jarak. Dalam Wide Area Network, secara geografis memisahkan LAN atau WAN atau terhubung bersama melalui teknologi nirkabel, dalam banyak kasus satelit.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Password WiFi Menggunakan Ponsel Android

5] Personal Area Network (PAN)


Dari namanya saja, mungkin Anda sudah berpikir tentang apa yang dibutuhkan oleh jaringan ini. Ini adalah jaringan yang menggunakan teknologi kabel dan nirkabel untuk menghubungkan komputer dan perangkat di ruang kerja seseorang.

6] Campus Area Network (CAN)


Jaringan ini biasanya ditemukan di universitas atau perusahaan apapun dengan kantor pusat seperti kampus. Jaringan ini dimungkinkan oleh serangkaian LAN dari gedung-gedung terdekat. Jaringan ini lebih besar dari LAN biasa, tetapi pada saat yang sama, lebih kecil dari MAN.

7] Storage Area Network (SAN)


Yang ini sangat sederhana. Perangkat penyimpanan dihubungkan bersama menggunakan koneksi berkecepatan tinggi.

Kami harap pembahasan dasar tentang apa itu jaringan dan apa saja jaringan komputer dala posting ini dapat membantu Anda mendapatkan ide atau referensi yang baik. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada orang terdekatmu melalui tombol media sosial yang tersedia di bawah.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama