Cara Mengatasi HP Asus Zenfone 5 Tidak Mau Nyala & Matot Cara Mengatasi HP Asus Zenfone 5 Tidak Mau Nyala & Matot - Fajrinfo
Punya HP Asus Zenfone 5 yang gagal booting, matot, tidak mau nyala, hanya getar saja, dan tidak bisa di charger? Jika HP Asus Zenfone 5 kamu mengalami beberapa hal tersebut, perbaiki dengan melakukan langkah-langkah ini.

Asus Zenfone 5 mengusung spesifikasi lumayan bagus dan harga yang sesuai dengan kantong kita, sehingga membuat Asus Zenfone 5 banyak dimiliki oleh sebagian besar masyarakat kita.

Tidak heran pula, bahwa masalah yang dialami oleh sebagian besar pengguna Zenfone 5 itu hampir sama. Asus Zenfone 5 sendiri memiliki beberapa versi antara lain ze620kl, 5 t00f, dan a500kl.

Selain beda versi, HP Asus ini memiliki beberapa varian RAM antara lain RAM 2GB dan RAM 4GB.

Penyebab Asus Zenfone 5 Susah Hidup


Cara Mengatasi HP Asus Zenfone 5 Tidak Mau Nyala & Matot

Adapun penyebab hp asus sulit untuk dihidupkan dan beberapa masalah lainnya juga termasuk ke dalam penyebab ini:

- Baterai sudah drop
- Charger hp asus rusak
- Modifikasi hp asus
- HP sudah overheat
- Penggunaan untuk game berlebihan

Cara Mengatasi Asus Zenfone 5 Mati Total


Jika kamu memakai Asus Zenfone 5 yang mati total tidak bisa hidup, sebaiknya lakukan metode berikut ini.

1. Periksa Kondisi Baterai


Sebelum melakukan penanganan lebih lanjut, sebaiknya lakukan pengecekan sendiri dengan menganalisa pada komponen baterai dan koneksi baterainya.

HP asus susah hidup bisa disebabkan karena hal itu, dan pastikan bahwa baterai Asus kamu tidak kosong dan tidak bermasalah apalagi jika melembung.

Ketika baterai hp asus melembung, maka ponsel Zenfone 5 kamu tidak dapat menyala. Kemungkinan kecilnya bisa hidup tapi hanya saat dicharger saja atau hidup cuman sebentar saja.

Apabila saat dicas cuma getar, sebaiknya cas baterai hp menggunakan desktop charger yang bisa kamu dapatkan di toko-toko asesoris ponsel.

Baca juga: Cara Hemat Daya Tahan Baterai Agar HP Android Tidak Boros

2. Lakukan Flash


Ketimbang kerusahakan pada komponen perangkat keras (Hardware), kerusakan dibagian software jauh lebih mudah mengatasinya. Oleh karenanya, cara mengatasi asus zenfone 5 mati total tapi bisa dicharger coba lakukan flashing ulang.

Namun dengan syarat HP Asus harus terdeteksi di komputer / laptop dengan menggunakan USB original.

Apabila dapat tersambung dan terdeteksi di komputer PC atau laptop, kemudian lanjutkan ke proses flashing agar hp asus bisa hidup normal.

Bilamana kamu tidak memiliki PC untuk melakukan flashing, sebaiknya jangan coba-coba flash ulang melalui Mode Recovery, sebaiknya bawa ke tukang servis.

3. Cek Kerusakan Hardware


Dilansir dari Thelastsurvivors, bilamana solusi asus zenfone 5 tersebut tidak mau nyala itu gagal alias hp asus tidak dapat terdeteksi, kamu harus melakukan pemeriksaan pada bagian hardware-nya.

Untuk pengecekan hardware sendiri tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena kita harus mengetahui besar arus listrik yang masuk ke ponsel asus zenfone 5.

Dengan mengetahui besarnya arus listrik yang masuk, kamu bisa mengetahui cara seperti apa yang harus dilakukan dan komponen mana yang sudah rusak dapat ketahuan.

Untuk pengecekan hardware sendiri harus melakukan bongkar casing hp, dan memerlukan kemampuan teknisi. Jika kalian tidak bisa membongkar hp, jangan coba - coba lakukan. Bawa ke tukang servis hp asus saja.

4. Cek Suhu Asus Zenfone 5


Vendor ini terkenal dengan suhu smartphone yang sering panas, tapi itu masih dalam batas yang wajar.

Bilamana hp asus kamu mengalami mati mendadak terus mati total dengan sebab hp terlalu panas (Overheat), sebaiknya diamkan dulu beberapa jam. Setelah itu coba nyalakan kembali hp asus kamu.

Suhu hp sangat panas disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penggunaan yang berlebihan.

Penggunaan disini bisa saja untuk main game ataupun nonton youtube tanpa berhenti selama beberapa jam.

Cara Mengatasi Asus Zenfone 5 Di Cas Cuma Getar


Ketika sudah melakukan langkah-langkah di atas tapi tidak berhasil, sebaiknya gunakan cara mengatasi hp asus hanya loading di bawah ini:

- Tekan & tahan tombol Power dan Volume Atas sampai bergetar

- Apabila setelah itu tidak terjadi apapun, tunggu beberapa menit dan ulangi metode pertama

- Sebelum mengulangi metode pertama, kamu juga bisa menekan dan menahan tombol Power saja sampai terasa getar

- Apabila mengulanginya, seharusnya sampai disini sudah muncul menu Droidboot

- Bila sudah muncul pilih Menu Recovery

- Selesai

Untuk memindahkan pilihan, kamu dapat menekan tombol Volume Atas dan Bawah untuk Naik dan Turun pilihannya dan pilih menu Enter dengan tombol Power.

Cara Mengatasi Asus Tidak Bisa Dicharge


Ada dua kondisi yang mengakibatkan hp asus tidak bisa dicas, admin akan memberikan kondisinya pada uraian berikut:

- Baterai asus tidak mengisi saat dicas
- Charging hanya dapat dilakukan saat kondisi hp OFF

Untuk solusinya, admin akan berikan sesuai dengan kondisi masing-masing:

1. Kondisi Pertama


Pada solusi pertama, Kamu harus memastikan bahwa adaptor cas di hp asus kamu masih berfungsi dengan baik. Pengecekannya dapat dilakukan dengan cara cek sepanjang kabel apakah ada pembungkus yang terbuka atau tidak.

Biasanya, kerusakan charger terjadi pada pangkal USB dan adaptornya. Terbukanya pembungkus kabel ini mengakibatkan ponsel terisi namun dengan waktu lama.

Solusinya ialah kamu dapat menggangi kabel cas dan adaptornya dengan adaptor dan kabel yang baru (usahakan yang original).

Pada solusi kedua ini kamu harus memperbaiki konektor atau Port USB. Karena kerusakan terjadi pada Port USB smartphone asus.

Port USB rusak karena beberapa faktor kesengajaan seperti smartphone asus jatuh sehingga membuat port USB menjadi rusak.

Untuk memperbaiki Port USB, admin tidak menyarankan untuk mengganti Port USB sendiri apabila tidak mempunyai kemampuan teknisi, sebaiknya bawa ke servis center.

Baca juga: Cara Praktis Mengaktifkan Mode USB Debugging Untuk Ponsel Android

2. Kondisi Kedua


Pada kondisi kerusakan yang kedua, kamu hanya perlu mengecasnya dalam kondisi mati / OFF saja.

Tapi, saat mengecas dalam kondisi HP OFF, perhatikan layar hp asus akan menampilan notif bahwa baterai sudah di charge dengan gambar petir selanjutnya baterai terdapat tanda merah dan hijau.

Setelah menampilkan itu, layar hp akan mati dan menjadi gelap (hanya sleep kok). Solusinya ialah tunggu beberapa menit, kemudian nyalakan ponsel asus untuk melihat daya baterai sudah masuk apa belum.

Apabila cara ini belum berhasil, admin sarankan untuk ganti port USB saja.

Solusi kedua yaitu melakukan restart ponsel yaitu dengan cara tekan Tombol Power lalu pilih Restart.

Namun disini kamu harus perhatikan bahwa ada tanda petir. Sesampainya disini, hp asus akan kembali ke halaman utama dan sekarang hp asus zenfone 5 kamu sudah bisa dicharge.

Akhir Kata


Jadi itulah cara mengatasi hp asus zenfone 5 tidak bisa nyala, mati total, hanya getar, dan hanya loading saja, semoga bermanfaat.

)* Artikel tentang cara mengatasi HP Asus Zenfone 5 tidak mau menyala & matot ini kiriman dari Mas Rama Angriawan.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama