Awas, Jangan Tidur Dekat Ponsel! Inilah Efek Mengerikan Yang Timbul

Di zaman modern seperti sekarang ini, sebagian besar orang tidak...Sinar biru (blue light) yang dipancarkan dari layar ponsel...
Di zaman modern seperti sekarang ini, sebagian besar orang tidak dapat lepas dari gadget atau ponsel dalam kehidupan sehari. Mulai bangun tidur, beraktivitas sehari-hari, kemudian ketika hendak tidur pun seringkali orang tidak bisa lepas dari aktivitas menggunakan ponsel.

Namun demikian, perlu Anda ketahui bahwa tidur di dekat ponsel memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan dan bisa sangat membahayakan. Apa sajakah pengaruhnya?

Awas, Jangan Tidur Dekat Ponsel! Inilah Efek Mengerikan Yang Timbul

1. Tidak Bisa Lepas Memikirkan Ponsel

Ponsel didesain untuk membuat kehidupan seseorang menjadi lebih produktif dan memudahkan dalam melakukan kehidupan sehari-hari. Selain itu, ponsel dibuat untuk dapat menghibur dan memberikan informasi bagi banyak orang.

Akan tetapi, kita tidak membutuhkan ponsel ketika sedang tidur. Di saat benda tersebut dibawa tidur dan berada di sebelah Anda, maka secara otomatis pikiran kita akan terbersit untuk memikirkan ponsel tersebut.

2. Bahaya Sinar Biru Layar Ponsel

Sinar biru (blue light) yang dipancarkan dari layar ponsel tidak hanya memiliki dampak buruk bagi pengelihatan, tapi juga berbahaya bagi otak.

Sebuah penelitian telah menemukan korelasinya antara penurunan level melatonin dan paparan sinar biru. Melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai pengontrol siklus bangun dan tidur seseorang.

Jadi, jika tubuh seseorang kekurangan hormon melatonin, maka orang tersebut akan lebih berisiko mengalami insomnia, kelelahan sepanjang hari, serta mudah terganggu.

3. Penundaan Fase Tidur REM

Mungkin Anda tahu rasanya ketika melihat-lihat lini masa media sosial, lantas kemudian tiba-tiba kesal karena melihat sesuatu yang tidak Anda inginkan.

Atau, bahkan Anda merasa bahagia karena dipicu oleh unggahan seseorang di media sosial, karena saking serunya sampai membuat Anda tidur semakin larut malam.

Nah, kondisi ini dapat menunda fase Rapid Eye Movement (REM) atau tahap dimana otak maksimal dalam mengolah data dan ingatan, yang kadang akan muncul sebagai mimpi.

Begitu banyak pengaruh buruk terhadap kesehatan dari hal-hal yang kita anggap sepele dan bahkan nyaris dianggap tidak akan memiliki pengaruh apapun. Semoga postingan tentang bahaya kesehatan jika tidur dekat ponsel ini dapat mendorong kita untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh.