9 Tips Sukses Usaha Di Bidang Fashion Agar Mendapatkan Untung Besar

Bisnis fashion adalah salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya setiap orang tentunya akan mengenakan pakaian dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi fashion saat ini banyak sekali modelnya sesuai dengan kebutuhan. Lantaran usaha di bidang fashion ini sangat menjanjikan, maka banyak orang yang tergiur dengan bisnis fashion ini.

Teknologi di bidang fashion pun dari waktu ke waktu semakin canggih dan memudahkan orang yang berkecimpung di dunia bisnis ini. Justru untuk menjual pakaian sekarang ini Anda makin dipermudah. Salah satu caranya adalah dengan berjualan online melalui website atau sosial media Instagram, Facebook, WhatsApp sebagaimana transaksi bisnis yang sedang ngetren saat ini.

Melakukan bisnis secara online memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang yang sedang menjalankan bisnis, terlebih di era serba digital seperti saat ini. Namun demikian, melakukan bisnis online masih belum bisa dilakukan oleh seluruh konsumen sebab tidak semua orang mampu dan mengerti cara melakukannya.

Tips Sukses Usaha Di Bidang Fashion Agar Mendapatkan Untung Besar

Bagi Anda yang baru berencana terjun ke dunia bisnis online dan belum benar-benar memahami tentang bagaimana cara melakukan bisnis online tersebut. Anda dapat mempelajarinya melalui beberapa tips sukses menjalankan bisnis fashion yang akan Fajrinfo bagikan ini.

Dalam bisnis online, Anda bisa menjajakan baju dengan cara mengambil barang dari toko lain lalu menjualnya kembali di toko online milik Anda. Tetapi Anda juga dapat memproduksi baju sendiri kemudian menjualnya di toko online milik Anda atau bekerjasama dengan toko-toko online lainnya.

Jika Anda ingin melakukan bisnis fashion dengan menggunakan brand / merek sendiri, ada beberapa tips sukses melakukan bisnis fashion yang harus Anda ketahui agar dagangan Anda bisa dikenal dan banyak konsumen yang membelinya. Simak beberapa tips sukses menjalankan bisnis fashion secara online berikut ini.

1. Mulailah Dari Hal Kecil

Biasanya orang yang baru ingin membangun bisnis harus memiliki modal yang relatif besar, sedangkan pada kenyataannya sebagian dari kita hanya bermodalkan uang pas-pasan. Jadi langkah yang paling bagus adalah mengawalinya dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

2. Ikutilah Tren Saat Ini

Tidak berbeda dengan bisnis lainnya, baik Anda seorang pemula maupun orang yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis fashion, mau tidak mau Anda harus selalu mengikuti tren masa kini.

Caranya yakni dengan memperhatikan beragam produk best seller yang terdapat di berbagai lapak toko online besar dan ternama seperti Shopee, MatahariMall, Lazada, BliBli dan toko lainnya. Hal ini akan membantu Anda untuk dapat tumbuh dan mengenali apa saja yang dibutuhkan oleh pasar saat ini.

3. Buatlah Konsep Yang Baik

Sebelum serius menjalani bisnis fashion, tindakan terpenting yang harus dijalankan adalah dengan menyusun konsep bisnis yang akan dijalankan dengan sematang-matangnya. Pastikan untuk tidak tergesa-gesa dalam merancang desain, membuat dan menjualnya.

Gali informasi terlebih dahulu tentang apa saja yang paling mencolok dan banyak digandrungi dari barang yang akan dijual tersebut dan apakah memiliki peminat ataukah tidak.

4. Buatlah Desain Fashion

Buat desain fashion yang benar-benar menarik, unik dan enak dipakai untuk membedakan dengan produk sejenis yang sudah lebih dulu ada di pasaran. Pastikan untuk tidak asal-asalan dalam merancang desain karena tidak semua orang akan suka dengan desain yang Anda buat.

Pikirkan pula tentang biaya produksi karena jika membuat desain yang rumit akan cenderung menjadikan biaya produksi lebih mahal dan harga jualnya pun menjadi mahal.

5. Membuat Logo Perusahaan

Buatlah logo untuk perusahaan / usaha bisnis milik Anda sebaik mungkin. Logo ini merupakan tanda pengenal dan mencerminkan usaha yang Anda jalankan. Cobalah minta pendapat dari orang-orang yang Anda kenal mengenai logo tersebut.

6. Persiapan Proses Produksi

Coba tentukan apakah Anda akan membuat baju-baju itu sendiri atau memakai jasa orang lain (outsourching). Jangan lupa, perhatikan terkait kualitas produknya karena kualitas barang pada umumnya banyak dicari dan disukai para konsumen.

Tentukan juga harga jual dari setiap produk yang telah dibuat dengan target profit margin-nya sekitar 30-50% agar Anda dapat memperoleh keuntungan dari setiap barangnya.

7. Menjual Dan Mempromosikan Via Internet

Sekarang mendirikan bisnis sendiri tidak lagi sulit dan memerlukan modal besar seperti dulu. Dengan dukungan internet dan komputer, Anda sudah bisa mendirikan sebuah toko online dan menjual produk dagangan Anda ke seluruh pelosok Indonesia atau bahkan internasional. Sosial media pun bisa dijadikan sebagai alat pemasaran yang efektif dalam melakukan penjualan.

8. Jalin Kerjasama Dengan Influencer

Anda dapat meminta bantuan para influencer untuk memperkenalkan berbagai produk milik Anda kepada sebanyak mungkin orang melalui sosial media yang mereka miliki. Cara ini sudah terbukti dapat mengenalkan suatu produk kepada orang-orang dalam waktu yang sangat singkat.

9. Berjualan Di Marketplace Besar

Berjualan di marketplace atau brand-brand besar yang sudah ada saat ini bisa membantu Anda cepat dikenal dan dilihat oleh banyak orang. Anda tidak perlu susah payah lagi mencari para konsumen karena umumnya pengunjung website telah mengetahui dan berkumpul di marketplace tersebut.

Jadi itulah beberapa tips sukses menjalankan bisnis fashion yang bisa Fajrinfo bagikan. Dengan mengaplikasikan beberapa cara di atas setidaknya akan dapat memberi gambaran dan panduan untuk mulai menjalankan bisnis fashion. Semoga bermanfaat dan sukses menyertai kita semua.
Shisi Indaryanti

Hai Muslimah, jadilah wanita yang memiliki dua kecantikan! Cantik dari luar yang dilindungi hijab syar’i. Dan cantik dari dalam yang dihiasi akhlak mulia dan terpuji.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama