Cara Cepat Viral Melalui Channel Podcast!

Cara Membuat Konten Podcast yang Menarik

Konten podcast saat ini kian ramai menghiasi beberapa kanal Youtube. Bagi pemilik hosting murah dan toko online, Anda bisa mencoba konten tersebut untuk membantu mempopulerkan website yang Anda miliki. Bahkan, jenis konten ini merupakan yang paling laku dan banyak disukai oleh penonton.

Nah, bagi Anda yang penasaran ingin membuat kanal podcast, kami akan coba jelaskan tipsnya. Semua akan dibahas di sini secara lengkap dan mendetail.

Apa Itu Podcast?

Sebelum membahas lebih dalam, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu penjelasannya. Podcast merupakan sebuah konten hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh banyak orang di internet.

Podcast hampir mirip dengan acara di radio. Akan tetapi, berbeda dengan radio yang tayang secara langsung, podcast justru bisa diimplementasikan kapan saja. Bahkan, konten tersebut bisa didengarkan melalui beberapa media.

Baca juga: Cara Mudah Memblokir Komentar Spam Secara Otomatis Di Youtube

Saat ini, podcast tidak hanya sebuah rekaman audio saja. Bahkan, sudah ada yang berbentuk sebuah konten video. Sebut saja yang sedang booming yaitu konten podcast di Youtube.

Kapan Podcast Diperkenalkan?

Podcast pertama kali dikenalkan pada tahun 2004 oleh seorang jurnalis The Guardian bernama Ben Hammersley. Istilah “podcast” sendiri merupakan kependekan dari “play-on-demand” dan “broadcast”.

Kemudian, istilah tersebut diadopsi oleh perusahaan gadget ternama, yaitu Apple. Perusahaan tersebut mengadopsi istilah tersebut untuk produk iPod dan Apple Podcasts.

cara cepat viral melalui channel podcast

Pada tahun 2005, Apple mulai memperkenalkan fitur podcast ke khalayak. Kemudian, siaran audio tersebut mulai bermunculan di berbagai jaringan radio ternama di dunia.

Beberapa radio seperti BBC, CBC, NPR, Radio One, dan sebagainya mulai mengenalkan konten tersebut pada saat itu.

Jenis-Jenis Konten Podcast

Bagi Anda yang sudah memanfaatkan hosting murah yang ingin mencoba membuatnya, kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya. Pasalnya, podcast sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa Anda coba buat sendiri. Nah, berikut jenis-jenis:

1. Solo Podcast

Kategori solo podcast adalah konten monolog. Di sini Anda menjadi host sendiri dan bercerita tentang berbagai hal yang ingin disampaikan. Bisa juga dibuat oleh para pemilik toko online yang ingin mengulas suatu produk tertentu, atau membagikan tips tertentu.

Baca juga: Cara Tingkatkan Buffering Youtube Agar Agar Video Dimuat Lebih Cepat

Solo podcast juga bisa dibuat dengan konsep sesi tanya jawab. Nantinya, konten tanya jawab ini dilakukan oleh host dan pendengarnya.

2. Interview Podcast

Kategori ini merupakan yang paling populer di Youtube. Konsepnya adalah, seorang host akan melakukan sesi wawancara dengan narasumber atau bintang tamu. Contohnya seperti, host yang mewawancarai kesuksesan seorang pemilik toko online di Indonesia.

Salah satu contohnya seperti podcast milik Deddy Corbuzier, yaitu Close the Door. Pemirsa dari jenis podcast ini selalu ramai.

3. Multi Host Podcast

Kategori podcast yang ketiga ini hadir dengan jumlah host lebih dari satu orang. Konten ini biasanya menawarkan sebuah diskusi dan memiliki pendapat dan perspektif yang berbeda-beda. Tujuannya yaitu untuk mengembangkan diskusi agar lebih menarik.

Tidak sedikit jenis konten ini memberikan hiburan kepada penonton dan pendengarnya. Pembahasannya pun semakin dalam karena jumlah host yang terbilang banyak.

Cara Membuat Podcast yang Berkualitas

Untuk membuat podcast sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, seseorang yang ingin membuatnya, harus memiliki kemampuan menjadi seorang host yang baik. Selain itu, harus menyiapkan berbagai kebutuhan untuk pembuatannya. Nah, berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih Tema dan Jenis Podcast

Agar konten Anda unik dan berbeda, pastikan Anda menentukan temanya terlebih dahulu. Tentukan juga topik apa yang ingin dibahas dan dikembangkan. Kemudian, silahkan Anda pilih juga jenisnya.

Untuk kategori atau tema, saat ini ada cukup banyak pilihan. Kategorinya mulai dari komedi, olahraga, musik, film, hingga politik. Agar tidak bingung, pilih tema sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

2. Membuat Konten Sesuai Tema

Setelah menentukan tema channel podcast Anda, selanjutnya buatlah kontennya. Pastikan konten tidak keluar dari tema podcast. Contohnya, jika Anda memilih jenis podcast komedi, maka kontennya juga harus berisi konten-konten podcast komedi.

Baca juga: Begini Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Blog Selain Google Adsense

Setelah menentukan jenis kontennya seperti apa, kemudian buatlah script. Tentukan juga durasi tayangnya. Umumnya durasi podcast tayang mulai dari 20 menit hingga 60 menit. Durasinya disesuaikan saja dengan topik yang akan dibahas.

Konten yang dibuat juga harus informatif, padat, interaktif, dan jelas. Alangkah baiknya Anda mengundang narasumber juga agar konten lebih menarik dan informatif.

3. Persiapkan Peralatan dan Bahan

Konten podcast memerlukan sebuah peralatan dan bahan-bahan dalam pembuatannya. Peralatan-peralatannya mulai dari mikrofon, laptop, software editing, kamera, dan lain sebagainya.

Perhatikan juga beberapa peralatan secara detail. Contohnya seperti peredam suara yang baik agar tidak ada gangguan suara dari luar.

4. Cek Kualitas Sebelum Upload

Sebelum Anda mengunggah konten Anda di kanal yang sudah dibuat, sebaiknya cek kualitasnya terlebih dahulu. Siapa tahu ada yang masih cacat editing. Jika masih ada beberapa kesalahan, sebaiknya edit ulang agar konten Anda berkualitas ketika di-upload.

Tips Sukses Membuat Podcast yang Menarik

Ingin podcast yang Anda buat populer dan banyak ditonton? Kami punya beberapa tips yang bisa Anda coba implementasikan. Berikut tipsnya:

1. Buat Intro yang Unik

Jangan anggap enteng sebuah intro atau pembuka. Coba Anda perhatikan podcast milik Deddy Corbuzier yang populer dengan intronya “five, four, three, two, one, close the door”.

Pembuka pada sebuah podcast sangat penting. Anda juga bisa menambahkan ‘bumbu’ iringan musik yang catchy agar semakin menarik. Buatlah jargon yang unik yang bisa membuat kanal Anda dikenal hanya lewat intro saja.

2. Buat Menjadi Serial

Anda bisa membuat satu tema podcast ke dalam dua, atau beberapa chapter. Cara ini cukup bagus untuk membuat penonton terus mengikuti atau menonton kembali podcast Anda.

Baca juga: Cara Mudah Dan Cepat Hapus Konten Video Dari Channel Youtube

Serial podcast merupakan satu tema yang dibagi ke dalam beberapa bagian. Tujuannya agar konten lebih kaya informasi, dan membuat orang penasaran dan menunggu kelanjutannya.

3. Menggunakan Peralatan yang Layak

Kualitas podcast juga ditentukan oleh seberapa baik peralatan yang digunakan. Perhatikanlah beberapa peralatan seperti mikrofon dan kamera. Mikrofon yang digunakan harus jelas dan jernih.

Kamera juga harus baik agar kualitas visual konten menjadi lebih menarik. Jangan hanya mengandalkan rekaman HP karena kualitasnya kurang bagus untuk konten ini.

4. Perhatikan Format Video Profesional

Seperti yang Anda lihat sendiri, saat ini, podcast dibuat dengan kualitas video yang bagus. Mulai dari set up studio, lighting yang baik, hingga mendatangkan bintang tamu.

Jika Anda ingin serius menggarap sebuah podcast, perhatikanlah aspek-aspek format tersebut. Tujuannya agar konten yang dihasilkan tampak menjadi lebih profesional.

5. Terjun dalam Proses Editing

Sebaiknya Anda turut terjun langsung saat proses editing. Tujuannya agar tahu mana saja bagian-bagian yang harus diedit, atau bahkan dibuang. Atau, jika kamu ahli dalam bidang editor, sebaiknya gunakanlah kemampuan sendiri.

Perhatikan juga durasi podcast agar tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Karena, rekaman yang bertele-tele kurang bagus dalam penyampaian informasi.

Baca juga: 6 Cara Ini Bisa Memasarkan Produk Anda Secara Online, Mudah Dan Murah!

Nah, itulah beberapa cara cepat viral melalui kanal podcast. Bagi pemilik hosting murah yang dibuat website, Anda juga bisa mencobanya. Bagaimana, tertarik untuk membangun kanal podcast?

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama