Tahukah Anda Tentang Apa Itu Internet Marketing? Yuk Kita Pelajari Disini!

Era revolusi industri 4.0 ditengarai dengan maraknya pemanfaatan teknologi informasi di seluruh aspek kehidupan, terlebih pada bidang bisnis dan marketing (pemasaran). Jika dahulu pemasaran dilakukan dengan cara konvensional dan promosi melalui sarana elektronik maupun media cetak, kini sudah mulai menjelajah ke dunia internet. Inilah yang akhirnya dikenal dengan sebutan Internet Marketing.

Internet marketing merupakan seluruh jenis marketing (pemasaran) multi-platform dalam bentuk apapun yang bisa diakses secara online. Pemasaran secara online ini dapat digolongkan semua yang memakai media website / blog, sosial media, email, vlog, iklan online, dan lain sebagainya.

Istilah internet marketing mungkin masih jadi momok yang mencemaskan bagi sebagian pengusaha di Indonesia. Sebab masih banyak bisnis, baik ukuran kecil maupun menengah yang masih mengalami kendala untuk beradaptasi dengan cara marketing model baru ini.

Tahukah Anda Tentang Apa Itu Internet Marketing? Yuk Kita Pelajari Disini!

Kesulitan utama yang terlihat pada bisnis lokal biasanya adalah kurangnya SDM perusahaan yang ahli di bidang ini. Kebanyakan UKM akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa internet marketing, baik dari perusahaan agensi maupun freelance perseorangan.

Nah, agar Anda berhasil dalam menerapkan internet marketing ini, ada kiat-kiat khusuus yang sebaiknya Anda ketahui. Berikut ulasannya.

Konten Yang Menarik

Konten merupakan komponen utama dan banyak dibuat dalam menjalankan internet marketing. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membuat konten yang menarik secara berkala pada saat-saat yang tepat. Konten tersebut dapat berupa video, foto, ataupun tulisan-tulisan menarik tentang bisnis atau produk Anda di website / blog.

Meskipun demikian, ada hal yang perlu diperhatikan ketika membuat konten. Misalnya untuk artikel, Anda harus memperhatikan keyword (kata kunci) yang tepat. Demikian pula dengan postingan foto, perhatikan hastag atau caption yang biasa Anda gunakan. Sedangkan untuk video, agar semakin menarik lagi Anda dapat memakai jasa influencer guna menaikkan "daya jual" bisnis.

Gunakan Email Marketing

Sering orang bilang bahwa teknik email marketing merupakan cara yang konvensional dalam melakukan internet marketing. Namun jangan salah, strategi seperti ini dirasakan masih efektif hingga saat ini. Calon konsumen baru ataupun konsumen lama yang mau mendapatkan informasi tentang bisnis melalui email merupakan pangsa pasar yang memberi harapan.

Email marketing dapat menaikkan awareness ataupun engagement konsumen itu untuk memakai produk Anda. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan teknik email blast yang teratur dan terjadwal. Lakukan pengiriman email tentang promo dan tawaran menarik secara teratur.

Ramah Perangkat Mobile

Saat ini internet merupakan salah satu kebutuhan utama bagi setiap orang. Nyaris setiap waktu kita menggunakannya. Bahkan akhir-akhir ini muncul perubahan dalam mencari informasi di dunia maya. Jika dulu, sebagaian besar orang memnggunakan komputer atau laptop, tapi sekarang mulai beralih ke ponsel pintar (smartphone).

Hal ini memang dipengaruhi oleh bertambahnya pengguna ponsel pintar sesuai dengan data dari survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang menyebutkan bahwa pengguna ponsel pintar di Indonesia mencapai kira-kira 70,96 persen. Tentunya hal ini menjadi peluang besar bagi para praktisi internet marketing guna mendukung keberhasilan bisnisnya.

Anda bisa membuat aplikasi, marketing / pemasaran, atau website / situs yang dapat diakses melalui smartphone dengan mudah untuk menjaring calon pelanggan baru yang berkemampuan.

Gunakan Strategi Lintas Channel

Strategi omnichannel merupakan salah satu tren dalam ranah internet marketing yang diduga akan menjadi tren pada tahun ini. Sebetulnya, teknik ini dapat dibilang sebagai jenis bisnis lintas channel yang digunakan perusahaan guna menambah kenyamanan konsumen. Dalam menjalankan kiat ini Anda butuh memasarkan produk di sebuah situs / website sampai media sosial bisnis.

Di samping itu, tawarkan juga kemudahan dalam bertransaksi dan pengiriman. Disini Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan ekspedisi untuk memperkecil biaya pengeluaran.

Teknik omnichannel mempunyai kelebihan di bidang internet marketing. Salah satu diantaranya ialah dari sisi marketing / pemasaran ataupun penjualan bisa terintegrasi secara baik dan terus menerus. Jadi tidak heran jika teknik ini dapat menaikkan engagement kepada konsumen sekira 89% dalam penelitian yang dilakukan oleh Invesp.

Bangun Branding Yang Kuat

Di bidang internet marketing dibutuhkan adanya branding. Branding merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan bisnis Anda ke dunia luar. Apalagi dalam internet marketing, rivalitas bisnis juga amat ketat.

Baca juga: Tips Jitu Agar Usaha Kecil Anda Sukses Di Masa Pandemi Covid-19

Anda harus menciptakan branding yang menarik melalui sosial media atau situs / website. Satu hal yang penting dilakukan dalam menjalankan branding adalah menonjolkan kelebihan bisnis Anda.

Namun demikian, hendaknya Anda tidak boleh menjatuhkan saingan dengan tuduhan negatif lantaran sekali saja hal tersebut dilakukan, maka nama baik bisnis Anda akan dipandang remeh malahan justru meruntuhkan bisnis Anda sendiri.

Ingat, di samping kiat-kiat yang Fajrinfo bagikan di atas dalam mendukung keberhasilan internet marketing bisnis Anda, dibutuhkan juga penyedia hosting dan layanan internet terbaik. Hal ini supaya bisnis tetap berjalan lancar dan hambatan-hambatan yang berhubungan dengan masalah internet Anda dapat terlewati. Selamat mencoba dan bersaing dengan sehat di era internet marketing, semoga bermanfaat.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama