Bos BRI Beri Bocoran Nasabah Agar Tidak Kena Biaya Saat Pakai ATM Link

Mulai 1 Juni 2021 nanti, jika Anda melakukan pengecekan saldo dan penarikan uang tunai di ATM Link maka akan dikenakan biaya administrasi sebagai transaksi antar bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Namun jangan khawatir, Direktur Utama Bank BRI Sunarso, memberikan tips kepada para nasabah bank-bank Himbara (Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN) agar tidak dikenakan biaya ketika melakukan berbagai transaksi perbankan.

cara gratis transaksi atm link gratis

"Apabila nasabah ingin mengecek saldo dan tidak dikenakan biaya, ada dua caranya. Kalau kartu ATM-nya debit BRI, ya dicek saja di ATM BRI," kata Sunarso dalam telekonferensi.

Cara Transaksi ATM Link Gratis Tanpa Kena Biaya

Kalau pun para nasabah bank Himbara, misalnya nasabah Bank BRI ingin menggunakan ATM Link tanpa dikenakan biaya untuk melakukan pengecekan saldo dan tarik tunai, maka Sunarso menyarankan kepada para nasabah agar mengecek terlebih dahulu logo pada mesin ATM Link tersebut.

Apabila logo bank Himbara pada mesin ATM Link itu berlogo BRI, maka pemakaian ATM BRI di mesin tersebut akan membebaskan nasabah dari biaya administrasi untuk pengecekan saldo maupun tarik uang tunai.

"Bisa enggak cek di ATM Link? Ya bisa, karena ATM link itu kan masih tetap ada. Namun apakah ATM Link itu punya BRI atau punya bank yang lain, jadi diintip dulu gitu loh," tuturnya.

Untuk mengakomodir hal tersebut, Sunarso mengklaim telah menggelar rapat dengan para anggota Bank Himbara lainnya. Salah satu keputusannya adalah terkait menampilkan logo bank pemilik mesin ATM di setiap layar mesin ATM Link yang beroperasi.

"Sehingga orang tahu bahwa sebenarnya ini ATM milik BRI, yang bisa dipakai bersama oleh Himbara. Itu supaya orang tidak kecele dan tidak kena biaya 2.500 itu. Jadi kalau screen-nya BRI, kartu debit-nya kartu BRI, maka ketika dicolok di situ untuk mengecek saldo ya tetap gratis," ujar Sunarso.

Lalu kebijakan kedua dari rapat tersebut adalah mendorong kepada para nasabah agar tidak perlu lagi pergi ke ATM. Cukup menggunakan layanan mobile banking saja untuk segala jenis layanan transaksi perbankan yang gratis.

Oleh sebab itu, Sunarso pun menekankan bahwa sebenarnya semua mekanisme ini masih memanjakan para nasabah, jika dibandingkan dengan ATM-ATM yang lain. Sebab, biaya yang dikenakan di ATM Link untuk melakukan transaksi beda bank itu pun masih jauh lebih murah, bahkan masih tetap gratis apabila mengetahui caranya.

"Colok lah kartu ATM itu di mesin yang sama (dengan logo di layar mesin ATM tersebut). Kalau kartu ATM-nya BRI, ya colok lah di ATM BRI. Begitu pun jika kartu ATM-nya adalah kartu dari bank Himbara lain," ungkapnya.
Shisi Indaryanti

Hai Muslimah, jadilah wanita yang memiliki dua kecantikan! Cantik dari luar yang dilindungi hijab syar’i. Dan cantik dari dalam yang dihiasi akhlak mulia dan terpuji.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama