Cara Buka Kunci Bootloader HP Xiaomi

Hai sobat Fajrinfo.com, apakah kamu sedang mencari...Jika kamu mempunyai HP Xiaomi yang sudah tidak mendapatkan...
Hai sobat Fajrinfo.com, apakah kamu sedang mencari cara untuk Unlock bootloader HP Xiaomi? Jika ya, maka saat ini kamu berada di tempat yang tepat.

Mendapatkan hak akses Rooting dan fitur custom ROM menjadi penting ketika smartphone yang kamu miliki tidak lagi mendukung pembaruan OEM secara resmi. Biasanya proses pembaruan perangkat lunak akan diberhentikan produsen setelah ponsel tersebut telah berusia dua tahun.

Dalam kondisi ini kamu tidak punya pilihan lain dan mau tidak mau harus menggunakan versi Android lama dan bergelut dengan fitur bawaan pabrik. Tapi tenang saja, kali ini Fajrinfo.com akan membagikan informasi bahwa kamu tidak perlu khawatir ketika perangkat lunak smartphone Android kamu sudah tidak didukung lagi oleh produsen. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengikuti artikel secara menyeluruh.

cara buka kunci bootloader hp xiaomi

Jika kamu mempunyai HP Xiaomi yang sudah tidak mendapatkan pembaruan perangkat lunak terbaru dan ingin memperluas batas keamanan HP Xiaomi. Artikel ini akan membawa kamu untuk bisa membuka kunci fitur-fitur canggih ponsel milikmu.

Apakah kamu siap untuk mengikuti cara membuka kunci bootloader pada ponsel Xiaomi yang kamu miliki? Sebelum itu, mari kita pahami dulu tentang apa itu bootloader dan apa fungsinya pada perangkat Android kita. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Apa itu Bootloader?

Bootloader adalah command prompt yang menginisialisasi ponsel dengan menjalankan beberapa perintah dan memeriksa apakah ada masalah pada partisi sistem. Jika menemukan masalah, maka tidak akan menyelesaikan proses booting.

Sederhananya, ini adalah hal pertama yang berjalan setelah menekan tombol Power pada ponsel. Meskipun proses booting mungkin terlihat biasa dari depan, banyak aktivitas perangkat lunak berjalan di latar belakang setiap saat.

Semua animasi sistem muncul di layar dan memberikan gambaran sekilas tentang antarmuka ponsel yang kamu gunakan. Ini juga berfungsi sebagai pos pemeriksaan keamanan untuk melihat apakah file sistem hilang atau tidak jika beberapa file sistem hilang dari direktori.

Bagaimana pun juga, tugas utama bootloader adalah mem-boot smartphone dan mengizinkannya menjalankan file sistem. Tetapi untuk mendapatkan fitur-fitur canggih dan keren, kamu harus membuka kunci bootloader pada ponsel Xiaomi yang kamu miliki.

Mengapa Buka Kunci Bootloader?

Setiap bootloader ponsel terkunci karena pertimbangan keamanan dan privasi pengguna dari produsen untuk mengurangi kerentanan terhadap malware. Setelah membuka kunci, kamu akan dianggap membahayakan keamanan ponsel.

Tapi selalu ada dua sisi mata uang. Sisi baiknya, kamu bisa melakukan root ponsel Xiaomi setelah menginstal sistem recovery khusus. Setelah itu, tambahkan custom ROM dan aplikasi khusus untuk menyempurnakan berbagai bagian ponsel tersebut.

Kamu akan dapat meningkatkan kecepatan CPU dan berimprovisasi melalui citra sistem baru, atau memperlambat proses penggunaan baterai untuk mendapatkan masa pakai baterai yang tahan lama.

Sekarang, mari kita lihat sekilas tentang hal-hal yang akan kamu capai setelah membuka kunci bootloader pada ponsel Xiaomi dan kekurangannya.

Kelebihan Dari Unlock Bootloader

Tambahkan Recovery Khusus dan Root

Bootloader yang tidak terkunci (unlock bootloader) adalah satu-satunya cara yang tepat untuk dapat masuk ke pengaturan internal ponsel. Dengannya kamu dapat memasang recovery khusus untuk mem-flash berbagai jenis fitur khusus dan bahkan melakukan root pada ponsel.

Ada beberapa hal yang bisa kamu tambahkan setelah membuka kunci bootloader di hp Xiaomi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tweak dan modifikasi overclocking dan bahkan dapat menghapus bloatware pra-instal (aplikasi bawaan pabrik) yang tidak berguna.

Tingkatkan Kompatibilitas

Hal terpenting selanjutnya yang bisa dilakukan dengan ponsel yang kamu miliki adalah menjalankan aplikasi dan perangkat lunak yang tidak kompatibel pada ponsel tanpa masalah. Tentu saja performanya bisa makin meningkat drastis dengan cara overclocking.

Hilangkan Iklan Dan Notifikasi Mengganggu

Jika kamu menghadapi pemberitahuan iklan setiap hari, tentu saja rooting akan menjadi keputusan yang tepat untuk me-root ponsel karena kamu bisa menyingkirkan semua iklan dalam beberapa klik. Untuk itu, kamu hanya perlu membuka kunci bootloader HP Xiaomi tersebut.

Kekurangan Dari Unlock Bootloader

Rentan Terhadap Malware dan Virus

Secara umum, menghadapi malware dan virus sangat rendah setelah membuka kunci bootloader pada ponsel Xiaomi. Namun jika kamu mengunduh beberapa file secara acak tanpa pertimbangan dan kehati-hatian, atau menghapus file sistem penting, maka kamu akan menghadapi masalah yang rumit.

Langkah Buka Kunci Bootloader HP Xiaomi

Hal yang harus diperhatikan ketika mencoba untuk membuka kunci bootloader pada ponsel Xiaomi, kamu perlu membuat cadangan data terlebih dahulu karena jika terhapus kamu tidak dapat memulihkannya kembali (buat cadangan di memori eksternal atau laptop.

Sekarang kami anggap kamu telah membuat cadangan. Tambahkan akun Mi pada ponsel.

- Pertama, pergi ke pengaturan lalu masuk ke pilihan Akun Mi, lalu Xiaomi Cloud – Aktifkan "Cari Device" pada Pengaturan.

- Kembali ke menu pengaturan awal >> Pengaturan Developer >> aktifkan fitur "OEM unlocking".

- Masukkan PIN, pola keamanan atau sidik jari (tergantung fitur mana yang kamu gunakan), lalu tunggu sampai tampilan perizinan muncul dan berikan izin untuknya.

- Kemudian tekan tombol "Tambah akun dan perangkat".

- Opsi ini tidak akan berfungsi sampai kamu mematikan Wi-Fi dan menggunakan data seluler, jadi pastikan agar kamu mempunyai beberapa kuota data internet.

- Baca peringatan dengan hati-hati dan tekan tombol "Mengerti" untuk melanjutkan langkah ini.

- Kamu harus mengunduh dan menginstal Mi Unlock Tool pada laptop atau komputer.

- Tambahkan semua detail akun Mi pada aplikasi lalu buka.

- Boot ke mode fastboot dengan cara menekan tombol Volume bawah dan tombol Power secara bersamaan. Jangan lepaskan tombol sampai mode fastboot terbuka.

- Hubungkan ponsel Xiaomi kamu ke laptop menggunakan kabel data USB.

- Perangkat akan muncul di aplikasi jika tidak menampilkan driver unduhan dari pengaturan aplikasi.

- Ketika mengklik tombol "Buka Kunci", maka akan meminta kamu untuk menghapus data ponsel.

- Mi Unlock Tool akan meminta kamu untuk menekan opsi Unlock beberapa kali kemudian memulai proses.

- Ponsel kamu secara otomatis akan melakukan booting dan memasukkan detail akun Mi sekali lagi.

Kesimpulan

Itu saja yang bisa kami bagikan melalui blog sederhana Fajrinfo.com ini. Sekarang setelah bootloader HP Xiaomi kamu tidak terkunci, maka kamu bisa menginstal TWRP recovery khusus dan pengaturan Magisk menuju Root ponsel Android untuk mendapatkan pengaturan luar biasa ke ponsel Xiaomi dengan pasti.

Kami harap kamu bisa membuka kunci bootloader (unlock bootloader) di ponsel Xiaomi yang kamu miliki dan mendapatkan akses luar biasa untuknya. Namun, jika kamu terjebak pada suatu masalah dalam menerapkan langkah-langkah tentang cara buka kunci bootloader yang kami bagikan ini, beritahu kami di bagian kolom komentar.