Cara Mencegah AC Bocor Air Paling Tepat Dan Mudah

Cara mencegah AC bocor air tentu saja merupakan hal yang sangat penting. Sebab setiap penggunaan AC bisa kapan saja mengalaminya, dan itu termasuk hal yang cukup mengganggu kenyamanan Anda.

Bahkan mungkin Anda sudah pernah punya pengalaman terkait penyejuk udara ini mengalami bocor air. Tanpa mengetahui cara mencegah AC bocor air, maka hal tersebut bisa saja sering berulang terjadi.

Meskipun unit indoor AC bisa berair, sebenarnya unit tersebut didesain sedemikian rupa oleh para produsennya. Diantaranya adalah dengan memberikan instalasi pembuangan air (talang pembuangan) yang berkualitas.

cara cegah ac bocor air

Talang inilah yang berfungsi sebagai penampung tetesan air yang keluar dari evaporator. Yang selanjutnya dialirkan melalui instalasi pembuangan air tersebut.

Dari fakta ini, mungkin akan memunculkan pertanyaan. Jika memang AC sudah dilengkapi dengan talang penampung air lengkap dengan instalasi pembuangannya. Lantas kenapa AC tetap mengalami kebocoran?

Penyebab AC Bocor Air

Kasus pada AC indoor yang mengalami bocor air sebagian besar disebabkan oleh talang penampungan air serta selang instalasinya tersumbat. Hal ini dapat terjadi oleh kotoran maupun lumut (lendir) karena perangkat AC sering digunakan.

AC yang selalu dalam keadaan dingin, maka lambat laun akan menyebabkan terjadinya lumut (lendir). Sehingga bisa menyumbat, kelancaran instalasi selang pembuangan.

Setelah mengetahui penyebab AC bocor air, lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal tersebut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah dijelaskan di bawah ini.

Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, lalu langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menghindari perangkat AC kita tidak mengalami masalah bocor air? Tentu saja ada beberapa tips untuk mencegahnya agar hal ini terjadi, diantaranya silakan simak beberapa tips berikut ini.

Cara Mencegah AC bocor Air

Guna mencegah hal-hal terjadi yang tidak diinginkan, sangat disarankan untuk menggunakan merk AC terbaik. Selain itu, pastikan juga membelinya di toko AC terpercaya.

AC bocor air, air menetes ke lantai banyak atau masalah lainnya, yang terbaik adalah melakukan servis perawatan rutin, setidaknya setiap dua bulan sekali.

Jangan lupa pula untuk rutin membersihkan filter udara unit indoor AC secara rutin, minimal seminggu sekali.

Saat menyuruh teknisi melakukan perawatan terhadap AC milik Anda. Sebaiknya ingat-ingatlah agar setiap melakukan servis, anda selalu menyemprot selang pembuangan, serta membersihkan talang penamping air unit indoor AC.

Demikian pemahasan kita mengenai cara mencegah AC bocor air. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat. Jika bermanfaat, jangan lupa pula untuk share ke akun media sosial yang Anda miliki!
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama