Penting! 6 Cara Ini Bisa Mempercepat Koneksi Internet Wi-Fi Anda

Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) pastinya memerlukan banyak...Jika demikian, Anda bisa mencoba memindahkan router WiFi tersebut ke tempat.
Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) pastinya memerlukan banyak penyesuaian. Anda harus memilih ruangan yang kondusif serta terdapat koneksi internet yang nyaman dipakai untuk bekerja setiap saat.

Tidak dipungkiri, seringkali koneksi Wi-Fi yang lambat menjadi kendala. Tapi sebenarnya ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi Wi-Fi selama WFH. Untuk mengetahuinya, mari simak artikel ini hingga tuntas ya!

Cari Tahu Penyebab Wi-Fi Lambat

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika Internet Wi-Fi di rumah berjalan lambat adalah dengan memeriksa penyebabnya. Misalnya, periksa lokasi Anda meletakkan router Wi-Fi, apakah terhalang benda seperti dinding atau lemari yang mungkin dapat mempengaruhi lalu lintas sinyal atau tidak. Bahkan, jika Anda meletakkan router Wi-Fi di lantai, hal ini pun bisa mempengaruhi terhadap sinyal.

Jika demikian, Anda bisa mencoba memindahkan router WiFi tersebut ke tempat yang sekiranya tanpa penghalang dan lebih tinggi dari tempat sebelumnya. Jika masih belum bisa, maka Anda bisa mencoba langkah selanjutnya.

Coba Restart Router

Jika memindahkan router tidak memberikan dampak apapun, selanjutnya Anda bisa mencoba dengan me-restart perangkat router. Matikan router selama beberapa menit, lalu hidupkan kembali.

Hal ini bisa membuat router mengulang kembali siklusnya dan biasanya akan mampu mengatasi masalah koneksi internet Wi-Fi yang lambat. Anda bisa melakukan cara ini setiap satu bulan sekali agar perangkat router juga bisa melakukan penyegaran sendiri.

cara mempercepat koneksi internet wifi

Jika masih belum berhasil, cobalah restart kembali router Wi-Fi tersebut, lalu buat pengaturan ulang untuk lebar saluran jaringan yang bisa diterima oleh router. Anda dapat memilih saluran mulai dari 20.40, hingga 160 MHz. Hal ini akan membantu memperluas cakupan jaringan WiFi, sehingga bisa mempercepat koneksi Wi-Fi di rumah.

Jauhkan Router Dari Alat Elektronik Lain

Jangan meletakkan router di dekat alat elektronik seperti microwave atau pun telepon tanpa kabel, sebab beberapa alat elektronik tersebut menggunakan sinyal elektromagnetik untuk mengaktifkan fungsinya sehingga dapat mengakibatkan interferensi atau gangguan sinyal Wi-Fi.

Anda juga perlu meletakkan router jauh dari alat elektronik bermaterial logam, seperti lemari es atau televisi. Material logam dapat menyerap atau memantulkan sinyal, sehingga akan menghalangi jangkauan sinyal Wi-Fi.

Pastikan Router Selalu Update Dan Bebas Virus

Sebagaimana perangkat digital, router pun memiliki software atau perangkat lunak yang harus selalu di-update. Update atau pembaruan tersebut diberikan oleh produsen untuk memperbaiki pengaturan yang dapat mempercepat koneksi Wi-Fi. Jika tidak diperbarui, maka setelan yang sudah ada akan jadi kurang kompatibel, sehingga bisa memperlambat jaringan internet.

Selain itu, perangkat lunak dalam router juga rentan terhadap serangan virus. Virus ini bisa menyerang jaringan yang menyebabkan koneksi Wi-Fi menjadi lambat. Oleh sebab itu, scan virus pada router dan laptop secara berkala karena virus ini bisa juga telah menyerang laptop yang Anda miliki.

Batasi Perangkat

Mungkin Anda tidak menyadarinya namun jaringan internet Wi-Fi akan semakin lambat jika banyak perangkat yang menggunakannya. Hal ini karena bandwidth internet yang dimiliki oleh setiap router berbeda-beda. Maka dari itu, jika perlu Anda dapat membatasi perangkat yang bisa mengakses jaringan Wi-Fi.

Anda juga bisa mengatur kebutuhan sinyal yang menjadi prioritas. Misalnya, memprioritaskan download dan upload file dibandingkan panggilan video. Jadi, ketika sedang melakukan upload atau download data penting saat melakukan panggilan video, Anda tetap dapat download atau upload dengan lancar karena aktivitas panggilan video yang akan dibatasi koneksinya.

Namun hal ini tentu saja bergantung juga kepada router yang Anda gunakan. Beberapa router tidak memiliki opsi pengaturan seperti ini.

Pilih Router Dan Laptop Yang Didukung Wi-Fi 6

Jika semua cara di atas tidak berhasil, berarti Anda masih menggunakan perangkat yang belum mendukung internet cepat. Router dengan teknologi terbaru Wi-Fi 6 memungkinkan penggunanya mendapatkan koneksi yang lebih cepat karena bandwidth yang lebih lebar.

PROMO SPESIAL
Temukan Router yang telah didukung dengan teknologi WiFi 6 pilihan kamu dengan membelinya secara mudah di toko online terpercaya di bawah ini:

- Blibli
- Bukalapak
- Lazada
- Shopee

Namun demikian, tidak cukup hanya router saja yang mendukung teknologi ini. Laptop Anda pun harus memiliki teknologi yang sama agar mampu memperoleh koneksi internet yang maksimal.

Yuk, mulai sekarang Anda coba 6 cara mempercepat koneksi Wi-Fi di atas agar koneksi Wi-Fi di rumah jadi lebih cepat. Bagikan juga pengalaman Anda disini terkait masalah internet WiFi yang ada di rumah dalam mengatasi permasalahannya.