Mengatasi Masalah Write Protected Pada Flashdisk Dan MicroSD

Mengatasi Masalah Write Protected Pada Flashdisk Dan MicroSD

Pernahkah kamu mengalami kesalahan pada flashdisk atau memori eksternal MicroSD? Pada masalah ini biasanya akan muncul peringatan the disk is write protected, Remove the write protection, Disk is write protected error dan lain sebagainya. Dampaknya adalah kita tidak bisa menyalin atau menaruh data pada perangkat tersebut.

Bagi sobat yang mengalami kesalahan ini, harap jangan mengizinkan untuk menyalin / menempelkan data ke atau memformat flashdisk / MicroSD terlebih dahulu. Karena pada artikel ini Fajrinfo akan berbagi cara untuk menghapus write protected dari USB flashdisk dan kartu memori MicroSD dengan 3 solusi yang mudah.

The disk is write protected remove the write protection or use another disk While Copy data on USB Flash Drive
Ketika mencoba mentransfer file dari laptop Windows 10 ke USB flash drive (flashdisk) 16GB, saya tidak dapat menyelesaikan transfer data tapi malah muncul peringatan kesalahan The Disk is write-protected. Remove the write-protection or use another disk. Akhirnya saya tidak dapat menyalin file ke drive USB atau membuat file baru pada drive USB tersebut.

The disk is write protected While formatting the USB Drive
Ketika saya memformat drive USB, muncul pesan kesalahan - The disk is write protected. Saya telah mencoba berbagai cara untuk menyelesaikan ini, tapi semuanya tidak dapat berfungsi. Saya menggunakan Windows 10. Tolong beri saya solusi untuk memperbaikinya.

Mengatasi Masalah Write Protected Pada Flashdisk Dan MicroSD

Remove Write Protection From USB


Kesalahan ini sebagian besar disebabkan oleh entri registry windows error, dibatasi oleh sistem administrator atau bahkan perangkat itu sendiri yang rusak. Perangkat USB kamu mungkin terganggu karena adanya serangan virus. Atau USB mungkin dicabut dengan cara tidak benar saat sedang digunakan.

Pokoknya apa pun alasannya, pada artikel ini Fajrinfo mencoba untuk memberi solusi alternatif untuk Remove Write Protection From USB kartu MicroSD, Flashdisk, Drive Eksternal dll.

Coba ganti port USB yang berbeda : Pertama, periksa perangkat dengan port USB yang berbeda atau pada perangkat komputer yang berbeda. Sama juga jika masalah terjadi pada kartu MicroSD, koneksikan kartu MicroSD pada laptop yang berbeda.

Periksa kunci pelindung perangkat : Beberapa perangkat eksternal seperti adapter MicroSD terkadang disertai dengan kunci pada body perangkat dalam bentuk sakelar. Kamu perlu melihat apakah perangkat memiliki saklar yang berfungsi untuk melindungi perangkat dari copy paste yang tidak disengaja.

Periksa infeksi malware virus : Pindai perangkat dari infeksi virus / malware. Untuk memastikan virus apa pun itu, tapi kalau spyware biasanya tidak menyebabkan masalah.
Diskpart command to remove write protection from USB

Ini termasuk solusi paling efektif untuk mengatasi remove write protection from USB flash drive. Untuk melakukannya, pertama buka Command prompt dengan Run as administrator. Kemudian pada program Command prompt, ketik perintah di bawah ini lalu tekan Enter pada setiap perintah :

Catatan: saat melakukan langkah-langkah di bawah ini mungkin kamu akan kehilangan semua data yang ada dalam drive USB. Jika kamu memiliki data penting pada drive USB tersebut, Fajrinfo sarankan untuk mem-backup terlebih dahulu menggunakan utilitas pencadangan pihak ketiga.

diskpart

listdisk

select disk x

(x adalah jumlah drive yang tidak bekerja - gunakan kapasitas untuk menentukan yang mana)

attributes disk clear readonly

clean

create partition primary

format fs=fat32

(Kamu dapat mengubah kode FAT32 dengan NTFS jika hanya menggunakan drive pada perangkat komputer Windows)

exit 

Mengatasi Masalah Write Protected Pada Flashdisk Dan MicroSD

Setelah itu, lepaskan drive dan restart windows. Setelah restart selesai, masukkan drive yang sudah diperbaiki tadi. Kalau berhasil, harusnya flashdisk atau MicroSD kamu sudah dapat digunakan seperti biasa pada File Explorer.

Tweak Registry Editor To Remove Write Protection


Ini adalah cara lain yang efektif untuk mengatasi Remove write protection from USB flash drive, MicroSD dll. Tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik regedit dan tekan tombol OK untuk membuka jendela Registry Editor. Kemudian backup database registry terlebih dahulu lalu arahkan ke folder berikut ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > StorageDevicePolicies

Catatan: Jika kamu tidak menemukan registry StorageDevicePolicies, silahkan klik kanan pada control and select new > key. Beri nama kunci registry tersebut dengan nama StorageDevicePolicies.

Mengatasi Masalah Write Protected Pada Flashdisk Dan MicroSD

Setelah itu klik pada kunci registry StorageDevicePolicies dan klik kanan pada panel sebelah kanan, lalu pilih New > DWORD kemudian beri nama WriteProtect. Lalu klik dua kali pada kunci registry WriteProtect yang terletak pada panel samping kanan dan atur nilainya menjadi 0.

Perhatikan baik-baik langkah-langkah yang ditunjukkan di atas, jangan sampai ada kesalahan. Jika sudah yakin, tutup kembali Registry Editor lalu restart perangkat komputer kamu untuk menerapkan perubahan. Setelah itu coba masukkan USB flash drive atau MicroSD dan periksa apakah berfungsi dengan benar pada File Explorer.

Baca juga : USB Type-C Standar Koneksi USB Masa Kini Yang Lebih Handal

Memeriksa Security Permissions


Periksa dan pastikan current user disk drive kamu saat ini memiliki izin untuk membaca dan menulis. Untuk memeriksa dan memberikan izin buka This PC / My Computer, lalu klik kanan drive USB dan pilih Properties.

Pada jendela Properties, pilih tab Security. Kemudian pilih user di bawah nama pengguna lalu klik Edit. Periksa apakah kamu memiliki izin untuk Write atau tidak. Periksa opsi Full untuk mengizinkan semuanya atau Write saja untuk izin menulis data pada flashdisk atau MicroSD.

Mengatasi Masalah Write Protected Pada Flashdisk Dan MicroSD

Fajrinfo berharap semua metode ini akan membantu kamu dalam mengatasi remove write protection from USB drive, kartu MicroSD, dll. Jika semua metode ini gagal dalam memperbaiki flashdisk atau MicroSD milikmu, kemungkinan telah rusak secara mekanis dan saatnya untuk membeli perangkat baru lagi. Selain tutorial di atas, tahukah kamu sobat bahwa ada Cara Mengamankan Flashdisk Menggunakan Password?

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Mengatasi Masalah Write Protected Pada Flashdisk Dan MicroSD"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel