Tips Menentukan Aplikasi Kasir Terbaik untuk Usaha Retail

Apakah Anda berencana membuka usaha retail? Sudahkah memilih aplikasi kasir yang...Modern ini aplikasi kasir tak hanya berfungsi sebagai kalkulator...
Apakah Anda berencana membuka usaha retail? Sudahkah memilih aplikasi kasir yang terbaik? Bisnis retail sangat menguntungkan, pengelolaan akan menjadi lebih mudah jika Anda melihat aplikasi kasir android terbaik di kelasnya.

Aplikasi kasir yang digunakan untuk usaha retail berbeda dengan bisnis lain seperti restoran atau jasa. Produk yang terdapat dalam usaha retail lebih banyak macamnya dan kemudahan penggunaan menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan.

cara menentukan aplikasi kasir terbaik untuk usaha

Nah, supaya Anda tidak salah pilih aplikasi, sebaiknya cari tahu seperti apakah aplikasi yang tepat untuk dipilih.

6 Tips Mudah Memilih Aplikasi Kasir Usaha Retail

Modern ini aplikasi kasir tak hanya berfungsi sebagai kalkulator untuk transaksi penjualan saja. Ada banyak fungsinya mulai dari menyimpan nama produk sampai soal pengelolaan inventarisnya. Tanpa aplikasi ini, pekerjaan dalam toko retail menjadi berlipat ganda.

Sebagai pemilik usaha retail Anda harus tahu aplikasi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan. Baik itu memudahkan penjualan sampai manajemen internal toko. Sebagai gambaran, beberapa tips berikut ini akan membantu Anda dalam menentukannya.

1. Tampilannya Ringkas dan Mudah Digunakan

Pertama adalah memastikan bahwa aplikasi tersebut mudah digunakan. Anda tidak akan menggunakannya sendiri, jadi sebaiknya mintalah karyawan untuk mengetes penggunaannya.

Semakin aplikasi mudah digunakan juga akan mempercepat pekerjaan. Misalnya saja untuk memasukan nama produk hingga barcode Anda tidak perlu melakukan secara manual. Biasanya pihak penyedia aplikasi akan memberikan pelatihan penggunaannya di awal.

cara menentukan aplikasi kasir terbaik untuk usaha

Anda bisa mengecek seberapa jauh aplikasi tersebut mudah digunakan. Jika terlalu rumit bahkan banyak bahasa yang sulit dipahami sebaiknya cari aplikasi yang lain.

2. Mampu Disinkronisasi walaupun Offline

Cek juga apakah aplikasi tersebut memiliki kemampuan sinkronisasi pada saat offline. Anda mungkin menggunakan kuota atau wifi untuk mengakses aplikasi. Namun tidak pernah ada yang tahu bagaimana koneksi jaringan yang kapan saja bisa down.

Mengatasi masalah down jaringan ini sebaiknya aplikasi yang dipilih bisa disinkronisasi pada saat offline. Dengan begitu transaksi tetap bisa dilakukan dan data yang tercatat nantinya akan masuk ke dalam laporan.

Anda tidak perlu lagi membuat catatn transaksi secara manual kemudian harus memasukkannya ke dalam sistem secara ulang.

3. Menyediakan Banyak Metode Pembayaran

Anda juga perlu mengecek apakah metode pembayaran yang disediakan lengkap. Mulai dari pembayaran cash hingga cashless. Apalagi jika toko Anda bekerja sama dengan pihak bank tertentu dan sering mengadakan promo.

Tipe pembayaran sangat penting untuk mempercepat proses transaksi. Tanpa harus menghitung manual total biaya yang harus dibayarkan. Sebaiknya aplikasi juga memiliki menu pembayaran cashless dari dompet digital hingga kartu kredit dan debit lengkap.

4. Mengecek Ulasan Pengguna Lainnya

Sebagai pengguna yang cerdas, sebelum membeli aplikasi Anda perlu mengecek bagaimana reviewnya. Berdasarkan review dari pengguna sebelumnya dan apakah rating dari aplikasi tersebut bagus atau tidak.

Dengan begitu Anda tidak akan tahu apa kelebihan dan kekurangannya. Lebih baik lagi jika salah satu kerabat ada juga yang pernah menggunakan aplikasi sama. Anda bisa menanyakan secara detail dari fitur sampai kemudahan penggunaannya.

5. Harga Aplikasi

Masalah biaya aplikasi tentu tidak boleh dilewatkan. Anda harus menyesuaikan budget operasional dengan harga yang ditawarkan. Jangan terkecoh dengan harga aplikasi yang terlalu murah apalagi gratisan.

Biasanya aplikasi murah atau bahkan gratis selalu memiliki fitur tidak lengkap atau terbatas. Misalnya Anda tidak bisa mengakses laporan real time padahal itu sangat vital. Oleh karena itu saat mengecek harga sesuaikan dengan fitur apa saja yang ditawarkan.

6. Bagaimana Layanan Pelanggannya

Berhubung Anda akan membeli jasa aplikasi, maka layanan pelanggan juga harus dicek. Nilai dari pelayanan ini seharusnya tinggi yang menandakan customer service cepat tanggap dalam mengatasi masalah yang muncul.

Misalnya saja aplikasi terkena bug sehingga sering ngehang atau beberapa fitur yang mendadak tidak dapat digunakan. Hal tersebut sudah masuk ke after sales yang penting untuk ditindaklanjuti karena berhubungan dengan operasional toko.

Berhati-hatilah dalam memilih aplikasi kasir untuk toko retail. Semua fitur harus dicek kemampuannya dan efektifitasnya. Pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi yang terbaik yaitu dari aplikasi Majoo.