10 Fitur Samsung Galaxy Yang Harus Kamu Gunakan

10 Fitur Samsung Galaxy Yang Harus Kamu Gunakan

fitur tersembunyi samsung galaxy

Ponsel Samsung Galaxy dikenal memiliki banyak fitur — suka atau tidak suka nyatanya memang demikian. Itu berarti besar kemungkinan terdapat beberapa hal bagus dan bermanfaat yang tidak kamu ketahui. Mari kita ulas tentang fitur yang mungkin tidak diketahui banyak orang tersebut.

Batalkan (Undo) Pengetikan Dengan Gerakan

fitur tersembunyi samsung galaxy

Mungkin kamu sering membatalkan / undo pengetikan dengan pintasan keyboard Ctrl + Z pada komputer PC atau laptop. Nah, pada iPhone juga memiliki gerakan (gesture) undo yang bagus. Tahukah kamu bahwa ponsel Samsung Galaxy juga memiliki cara untuk melakukannya?

Keyboard Samsung bawaan memiliki gerakan undo jika kamu mematikan swipe typing. Dalam konteks ini, "Undo" akan menghapus beberapa kata terakhir yang kamu ketik, bukan karakter individual. Cukup dengan gesek dua jari melintasi keyboard ke kedua arah untuk membatalkan (undo) atau mengulang (redo).


Supercharge Dengan Good Lock

fitur tersembunyi samsung galaxy

Mungkin cara terbesar kamu dapat menyesuaikan ponsel Galaxy adalah dengan menggunakan aplikasi "Good Lock" Samsung. Jangan biarkan namanya mengelabuimu, sebab aplikasi ini lebih dari sekadar pengunci layar.

Good Lock adalah serangkaian modul yang menambahkan fungsionalitas dan penyesuaian ekstra ke berbagai bagian ponsel milikmu. Kamu dapat menyesuaikan tampilan notifikasi, membuat jam, mengubah layar multitasking, bilah navigasi, suara, layar kunci, dan banyak lagi lainnya.

Samsung cukup luar biasa dengan menawarkan Good Lock ini. Hingga kini, belum ada produsen smartphone lain yang menawarkan tingkat penyesuaian seperti ini. Fitur tersebut ada pada ponselmu jika kamu membutuhkannya.

Tonton Video dengan Kualitas Lebih Baik

Mungkin kamu mendapatkan ponsel Samsung karena model dan tampilannya keren. Jadi mengapa tidak membuat video terlihat sebagus yang mereka bisa buat? Karena disitulah fitur "Video Enhancer" hadir.

Dengan mengaktifkan Video Enhancer, ponsel Samsung Galaxy kamu akan meningkatkan kecerahan layar dan membuat warna lebih hidup setiap kali menonton video. Kamu tidak perlu menaikkan kecerahan secara manual dan kamu juga dapat menentukan aplikasi mana saja yang akan diterapkan bersama fitur ini.

Sesuaikan Tema Dengan Wallpaper

fitur tersembunyi samsung galaxy

Sejak dulu, perangkat Samsung Galaxy sudah sangat familiar dengan berbagai tampilan tema unik dan menarik yang bisa diterapkan, tapi untuk fitur palet warna baru hadir pada Android 12. Warna dipilih dari wallpaper dan diterapkan ke berbagai area ponsel.

Warna muncul pada Quick Settings (Pengaturan Cepat), warna latar belakang bayangan notifikasi, dan warna pada aplikasi sistem. Sebuah tema dapat secara dramatis mengubah tampilan ponsel Samsung dalam genggamanmu, tapi palet warna adalah pendekatan yang lebih halus, ditambah lagi dengan wallpaper apik yang kamu terapkan.

Akses Cepat ke Pintasan Aplikasi

fitur tersembunyi samsung galaxy

Menyelesaikan sesuatu dengan cepat pada ponsel adalah masalah besar, jadi mengapa tidak meletakkan barang favoritmu dalam jangkauan dengan cepat? "Edge Panels" adalah bilah sisi yang meluncur keluar dari sisi layar. Biasanya digunakan untuk pintasan aplikasi, tapi sebenarnya dapat melakukan jauh lebih banyak dari itu.

Panel Edge dapat mencakup kontak, cuaca, pengingat, tool, dan bahkan clipboard ponselmu. Ada lebih banyak Edge Panel yang tersedia dari Galaxy Store juga. Ini adalah fitur yang berguna untuk memiliki semua barang yang sering kamu gunakan cukup dengan menggeseknya.

Penyesuaian Pintasan Layar Kunci

fitur tersembunyi samsung galaxy

Biasanya layar kunci merupakan suatu hal yang pertama kamu lihat saat menggunakan ponsel Samsung Galaxy milikmu. Secara bawaan, umumnya terdapat beberapa pintasan — telepon dan kamera. Kamu dapat mengubahnya menjadi pintasan aplikasi apapun yang kamu inginkan.

Pintasan aplikasi muncul pada sudut kiri bawah dan kanan. Kamu dapat menyeret ikon ke tengah layar untuk membuka aplikasi meskipun ponsel dalam kondisi terkunci. Namun, kamu — atau orang lain —tidak akan bisa melakukan hal lain.

Aplikasi Musik Di Quick Settings

fitur tersembunyi samsung galaxy

Mungkin dengan mendengarkan musik dan podcast adalah bagian terbesar dari cara kamu menggunakan ponsel Samsung Galaxy. Seharusnya kamu tahu bahwa dapat menempatkannya dengan mudah pada panel Quick Settings (Pengaturan Cepat).

Ponsel Galaxy memiliki menu "Media Output" untuk beralih dari mana audio seharusnya diputar. Namun, menu ini juga dapat digunakan sebagai pintasan aplikasi. Kamu bisa memilih aplikasi media favorit dan memiliki semuanya pada satu tempat.

Jadikan Tombol Rana (Shutter) Lebih Mudah Dijangkau

fitur tersembunyi samsung galaxy

Bukan rahasia lagi bahwa Samsung kadang membuat beberapa ponsel yang berukuran besar. Mungkin kamu merasa sulit untuk menjangkau hal-hal tertentu pada layar. Hal tersebut bisa dibuktikan ketika mencoba memegang ponsel milikmu dan mengambil foto.

Aplikasi kamera Samsung memiliki opsi untuk menggunakan tombol rana "mengambang". Dengan begitu, berarti kamu bisa memindahkan tombol shutter ke mana saja pada layar. Tidak peduli bagaimana memegang ponsel untuk selfie, kamu dapat menjangkaunya di posisi mana saja.

Kloning Aplikasi Dengan Folder Aman

fitur tersembunyi samsung galaxy

Secure Folder atau "Folder Aman", mungkin merupakan fitur Samsung Galaxy yang paling banyak digunakan. Sebagian besar orang berasumsi bahwa itu hanya untuk hal-hal pekerjaan atau menyembunyikan foto yang sensitif, tapi faktanya lebih dari itu. Kamu dapat menggunakannya untuk memiliki beberapa contoh aplikasi yang sama pada satu ponsel.

Pada dasarnya Folder Aman adalah lingkungan sandbox yang terpisah dari ponsel lainnya. Aplikasi apa pun yang kamu masukkan ke dalam folder tersebut adalah duplikat yang tidak berbagi apapun dengan aplikasi di luar folder. Ponsel non-Samsung memiliki cara yang lebih rumit untuk melakukan hal ini.

Balikan Telepon Untuk Menutup Panggilan

fitur tersembunyi samsung galaxy

Meskipun tidak bisa — dan tidak seharusnya — membanting ponsel Samsung Galaxy milikimu untuk menutup panggilan masuk, ternyata kamu dapat melakukan sesuatu yang ebih mudah, tapi tetap memuaskan.

Ini adalah fitur yang terdapat di banyak ponsel Android dan Samsung juga menyertakannya pada produk ponsel mereka. Setelah mengaktifkan opsi ini di pengaturan, maka kamu cukup dengan membalik layar ponsel untuk membungkam panggilan yang masuk. Ini juga berfungsi untuk alarm.

Kelemahan ponsel Android yang memiliki banyak fitur tersembunyi adalah biasanya tidak mudah ditemukan. Semoga dengan daftar fitur Samsung Galaxy yang Fajrinfo.com bagikan ini, kamu dapat menemukan beberapa tips dan trik baru untuk mendapatkan hasil maksimal dari ponsel Samsung Galaxy yang kamu miliki.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama