Cara Instal Youtube Vanced Setelah Developer Menghentikan Project-nya

Youtube Vanced adalah aplikasi YouTube versi khusus yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Belum lama ini, tim pengembang Youtube Vanced mengatakan bahwa aplikasi Vanced akan berhenti merilis versi baru, serta menghapus link unduhan dari situs web resminya.

"Vanced telah dihentikan. Dalam beberapa hari ke depan, link unduhan pada situs web akan dihapus. Kami tahu ini bukan yang ingin Anda dengar, tetapi ini adalah sesuatu yang harus kami lakukan. Terima kasih. Terima kasih telah mendukung kami beberapa tahun ini," tulis Twitter Youtube Vanced.

Tahukah Kamu — Youtube Vanced sangat keren, sehingga Samsung juga pernah "tertangkap" menggunakannya?

cara instal download youtube vanced

Alasan mengapa Youtube Vanced berhenti bekerja adalah karena adanya tekanan hukum dari Google. Berbagi dengan The Verge, anggota tim Vanced mengatakan bahwa Google meminta Vanced untuk menghapus link ke "Youtube", mengubah logo dan menghapus semua link ke produk Youtube.

Pada laman Discord-nya, tim Vanced mengkonfirmasi bahwa alasan mengapa proyek ini terpaksa dihentikan adalah karena masalah hukum. "Bagi mereka yang bertanya mengapa itu terkait dengan masalah hukum di luar kendali kami."

Dengan kemampuan memblokir iklan dan mengunduh video, Youtube Vanced memberi pengguna fitur gratis yang selama ini hanya tersedia bagi pelanggan Youtube Premium berbayar. Jadi, orang-orang yang berlangganan paket Youtube Premium mungkin akan merasa tidak senang jika mengetahui informasi ini.

Namun, Youtube Vanced tidak hanya disukai oleh orang-orang dengan dompet terbatas. Karena, pernah diketahui bahwa Samsung juga menggunakannya. Secara khusus, dalam video internal Samsung tentang Galaxy Watch4 pada Agustus 2021, ditemukan bahwa smartphone yang digunakan untuk demonstrasi produknya nampak terpasang aplikasi Youtube Vanced.

cara instal download youtube vanced

Yang lebih mengherankan lagi, menurut program kerjasama antara Google dan Samsung, sebagian besar smartphone Samsung di tahun 2021 seperti Galaxy S series, Z series, atau bahkan produk mid-range dan low-cost line seperti A atau M series dapat menikmati penggunaan paket Youtube Premium gratis untuk jangka waktu 2-4 bulan.

cara instal download youtube vanced

Akan tetapi, Youtube Vanced lebih dari sekadar memblokir iklan dan mengunduh video. Sebab aplikasi ini juga menghadirkan banyak fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi Youtube asli Google, sehingga dapat banyak membantu bagi pengguna.

Misalnya, dapat melewati iklan yang berasal dari Youtuber tepat di konten video, mengembalikan jumlah dislikes, antarmuka komentar lama, serta memaksa video diputar pada resolusi video 4K tertinggi. Bahkan, banyak pengguna yang mengaku masih menggunakan Youtube Vanced meskipun sudah berlangganan paket Youtube Premium.

Tim Youtube Vanced mengatakan bahwa pengguna yang telah menggunakan aplikasi ini akan dapat terus menggunakannya selama 2 tahun ke depan hingga menjadi usang. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Google akan mengambil tindakan tegas untuk mencegah aplikasi Youtube pihak ketiga bekerja.

Cara Instal Youtube Vanced Setelah Penghentian Project

Dalam Twitter resmi Vanced, aplikasi modifikasi Youtube ini mengumumkan bahwa project tersebut akan dihentikan dan semua link unduhan telah dihapus. Alasan yang diberikan karena ia lelah dengan tekanan dari Google, pemilik resmi aplikasi Youtube.

cara instal download youtube vanced

Meskipun link unduhan telah dihapus, aplikasi akan tetap bisa berfungsi secara normal selama sekitar 2 tahun hingga aplikasi menjadi usang.

Pada saluran Telegram Vanced, mereka mengumumkan bahwa backend Vanced Manager telah ditutup. Itu artinya kita "mungkin" tidak bisa lagi menginstal Vanced menggunakan aplikasi Vanced Manager.

cara instal download youtube vanced

Namun, masih ada cara untuk menginstal Vanced selain dengan menginstal melalui Vanced Manager.
  • Pertama, kita pergi ke vanced.me
  • Setelah menggulir ke bawah ke bagian unduhan, kamu akan melihat file apk tepat di bawah jalur unduhan Vanced Manager
  • Lalu lanjutkan mengunduh dan menginstal microG (jika perlu masuk ke akun Google untuk aplikasi Vanced)
  • Unduh dan instal APK Vanced. Versi APK ini untuk arm64-v8a dan API level 23+ (Android 6.0 keatas)
  • Kamu juga bisa menginstal Vanced Music jika menginginkannya

cara instal download youtube vanced

Setelah mencobanya pada perangkat baru, kami menemukan semua fiturnya berfungsi dengan normal dan stabil seperti semula. Fungsi-fungsinya bekerja dengan baik. Kami tidak yakin apakah file APK ini akan berfungsi juga di perangkat ponsel lain dan apakah Google akan mengambil tindakan apapun untuk memblokir aplikasi di masa mendatang.

cara instal download youtube vanced

Kita juga bisa melihat riwayat versi untuk model yang lebih lama. Fajrinfo.com akan coba mengulasnya ketika kami bisa dan mengumumkannya di postingan yang akan datang.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama