Mau Migrasi Dari Apple Ke Android? Inilah Hal Yang Perlu Kamu Ketahui!

Beralih dari Apple ke Android bisa menjadi sesuatu yang menakutkan, namun kamu tidak perlu merasa seperti itu. Dengan sedikit persiapan dan beberapa pengetahuan, kamu dapat melakukan migrasi dengan mudah. Inilah yang perlu kamu ketahui semua tentang migrasi dari Apple ke Android.

Android vs iOS

cara migrasi pindah dari iphone ke android

Saat ini, ada dua jenis sistem operasi seluler utama, yaitu Android dan iOS. Dua-duanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing, jadi mestinya kamu memilih salah satu yang tepat di antara keduanya.

Android adalah pilihan tepat bagi orang-orang yang menginginkan kontrol lebih besar pada ponsel mereka. Kamu dapat menyesuaikan layar beranda, menginstal aplikasi apapun yang diinginkan, atau bahkan me-root ponsel untuk memberi kamu lebih banyak kontrol terhadap sistem.

Namun demikian, hal tersebut juga bisa menjadi kelemahan tersendiri, karena perangkat yang di-root dapat dengan mudah menghapus sesuatu secara tidak sengaja atau merusak ponsel milikmu karena suatu kesalahan jika tidak berhati-hati.

Sedangkan iOS adalah sistem operasi yang lebih sederhana, tapi meskipun demikian bukan berarti iOS kalah kuat dari Android. Sistem operasi ini muncul dengan semua fitur dasar yang banyak kamu butuhkan, dilengkapi dengan beberapa tambahan praktis seperti iMessage dan Apple Pay.

Selain itu, iOS juga jauh lebih kuat dalam hal sekuritas ponsel agar tetap aman, karena kecil kemungkinannya untuk secara tidak sengaja menghapus sesuatu yang penting. Namun, kamu tidak bisa menyesuaikan layar beranda sesuka hati layaknya pada Android, dan kamu juga lebih dibatasi dalam hal aplikasi apa yang dapat diinstal pada perangkat iOS.

Jadi, kira-kira mana yang tepat untuk kamu miliki? Nyatanya tergantung pada apa yang kamu butuhkan pada ponsel tersebut, tapi bagaimana jika kamu sudah memiliki perangkat Apple dan ingin beralih ke Android?

Keuntungan Migrasi Dari iOS Ke Android

Ada beberapa hal yang perlu diingat jika kamu berencana untuk beralih dari Apple ke Android. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan:

  • Kompatibilitas perangkat keras: Salah satu hal hebat tentang Android adalah kompatibel dengan berbagai perangkat keras. Ini berarti kamu bisa menemukan ponsel Android yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah kamu menginginkan ponsel kelas flagship high-end atau pilihan yang lebih terjangkau, maka ponsel Android ada untukmu.

  • Pembaruan perangkat lunak: Keuntungan lain dari Android adalah kamu bisa memperoleh pembaruan perangkat lunak tepat waktu. Hal ini sangat penting karena untuk keamanan dan mendapatkan fitur serta peningkatan terbaru. Pada Apple, biasanya kamu harus menunggu rilis iOS baru sebelum mendapatkan pembaruan perangkat lunak utama.

  • Kustomisasi: Android memungkinkan penyesuaian tingkat tinggi. Kamu bisa mengubah tampilan dan nuansa ponsel dengan berbagai launcher dan ikon. Selain itu, kamu juga dapat menambah atau menghapus fitur dengan aplikasi dan sedikit mod (modifikasi). Tingkat penyesuaian ini tidak bisa dilakukan pada iPhone iOS.

  • Harga: Salah satu alasan utama orang beralih ke Android adalah karena harganya lebih terjangkau dari pada Apple. Entah kamu sedang mencari ponsel kelas menengah atau murah, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan penawaran yang lebih baik di Android.

  • Aplikasi: Ada jutaan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Hal ini mencakup berbagai macam aplikasi gratis dan berbayar. Sedangkan Apple, aplikasi yang tersedia lebih sedikit, akan tetapi kualitasnya biasanya lebih tinggi.

8 Langkah Sukses Migrasi Apple Ke Android

1. Cadangkan data

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencadangkan data kamu. Ini termasuk kontak, kalender, foto, musik, dan data lain yang ingin tetap kamu simpan. Kamu bisa menggunakan iCloud atau layanan penyimpanan cloud lainnya untuk mencadangkan data, atau kamu juga dapat menggunakan cadangan fisik seperti hard drive eksternal. Setelah data dicadangkan, kamu akan dapat memulihkannya di perangkat Android baru milikmu.

2. Pilih perangkat Android yang tepat

Selanjutnya, kamu harus memilih perangkat (ponsel) Android. Ada berbagai macam perangkat Android untuk dipilih, jadi kamu harus memutuskan fitur dan spesifikasi apa yang paling kamu butuhkan sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Setelah memilih perangkat, kamu bisa mulai mentransfer data dari perangkat lama (iOS) ke perangkat baru (Android).

3. Mentransfer Data

Jika kamu menggunakan iTunes untuk mengelola musik, maka bisa menggunakan aplikasi iTunes Music Transfer untuk mentransfer perpustakaan musik ke perangkat Android baru milikmu. Untuk kontak, kalender, dan data lainnya, kamu dapat menggunakan aplikasi Cadangan Saya Google Play Store untuk mencadangkan dan memulihkan semua data kamu.

4. Download aplikasi yang tepat

Ada jutaan aplikasi yang tersedia untuk Android, jadi tentunya kamu ingin sekali mengunduh beberapa aplikasi yang menjadi favorit banyak orang. Beberapa aplikasi populer itu adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan Snapchat. Kamu dapat menemukannya beserta aplikasi populer lain di Google Play Store.

5. Kenali Android

Android sedikit berbeda dari iOS, jadi penting bagi kamu untuk meluangkan waktu agar dapat membiasakan diri dengannya. Salah satu perbedaan terbesar adalah cara kerja notifikasi. Di iPhone, pemberitahuan ditampilkan di layar kunci. Di Android, mereka ditampilkan di baki notifikasi.

6. Sesuaikan perangkat milikmu

Salah satu hal terbaik tentang Android adalah kamu dapat menyesuaikan sepenuhnya. Kamu bisa mengubah tampilan layar beranda, menambahkan widget, dan bahkan menginstal ROM khusus (jika perangkat Androidmu di-root). Ini adalah salah satu area di mana Android benar-benar luar biasa.

7. Jauhi malware

Ada banyak malware di luar sana yang dapat menargetkan perangkat Android. Itulah mengapa penting untuk berhati-hati saat mengunduh aplikasi dan hanya mengunduhnya dari sumber tepercaya seperti Google Play Store. Selain itu, pastikan untuk terus memperbarui perangkat ponsel Android milikmu dengan patch keamanan terbaru.

8. Nikmati perangkat baru milikmu

Sekarang setelah kamu beralih/migrasi, saatnya untuk duduk santai dan menikmati perangkat Android baru tersebut. Mungkin kamu menemukan bahwa kamu lebih menyukainya dari pada iPhone lama milikmu. Selamat datang di dunia Android!

Demikian ulasan singkat yang dapat Fajrinfo.com bagikan mengenai hal-hal penting yang perlu diketahui bagi kamu yang baru pindah ke lain hati (migrasi sistem operasi) dari iOS ke Android. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa bermanfaat, setidaknya dapat memberi kamu pengetahuan tentang apa yang perlu dilakukan saat berpindah dari iPhone ke Android.

Pilih metode donasi Anda

Scan kode QRIS
BRI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (4132-01-011052-53-6)
BSI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (7152-49-7533)
Jika artikel ini bermanfaat, Traktir Penulis Secangkir Kopi dengan Memberikan Donasi. (Tekan tombol oranye!)
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama