Cara Memperbaiki ADB Android Error “adb not recognized”

Pernahkah kamu mengalami masalah pada ABD berupa peringatan "adb not recognized" ketika melakukan modifikasi / oprek ponsel Andorid? Jika demikian, maka kamu berada di laman yang tepat karena kamu akan mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ADB error "adb not recognized" tersebut.

ADB atau Android Debug Bridge adalah sebuah tool berupa barisan perintah (command-line), ADB merupakan bagian dari SDK Android dan Platform-Tools. Pada dasarnya, prinsip kerja ADB ini menciptakan jembatan yang memungkinkan komunikasi antara perangkat Android dan komputer.

Beberapa penyesuaian / custom Android yang dapat dilakukan berkat adanya perintah ADB. Hal ini termasuk juga melakukan unlock bootloader, menginstal custom recovery, mem-boot perangkat ke recovery mode atau fastboot, menginstal APK, dll. Namun demikian, terkadang terjadi error. Contoh yang paling umum adalah masalah adb not recognized. Nah sobat Fajrinfo.com, kali ini kita akan mengetahui berbagai langkah untuk memperbaiki masalah error "adb not recognized" ini.

Perbaiki Masalah Error "adb not recognized"

cara fix error adb not recognized android phone

Masalah error pada ADB yang disebutkan di atas biasanya disebabkan ketika Command prompt atau PowerShell tidak bisa mengidentifikasi perintah ADB. Ini karena Environment variables pada sistem komputer yang terkait dengan Android SDK tidak ada. Untuk memperbaiki masalah "adb not recognized" ini, pastikan untuk terlebih dahulu membiasakan diri kamu dengan persyaratan di bawah ini.

  • Kamu harus memiliki Android SDK dan Platform Tools versi terbaru.
  • Pastikan USB Debugging telah diaktifkan pada ponsel: Buka Pengaturan > Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak > Ketuk Nomor versi sebanyak 7 kali > Kembali ke Pengaturan > Opsi pengembang > Alihkan pada sakelar USB Debugging. Untuk penjelasan yang lebih mendetail, buka panduan kami tentang cara mengaktifkan opsi Pengembang dan USB Debugging di Android.

Perhatikan bahwa dua poin di atas merupakan langkah awal untuk bisa memperbaiki masalah "adb not recognized". Begitu juga kamu tidak akan bisa memperbaiki masalah ADB ini sampai kamu melakukan beberapa panduan yang Fajrinfo berikan di bawah ini.

Tambahkan Environment variables yang Hilang

  • Klik pada ikon Windows (menu Start) lalu cari Advanced System Settings.

cara fix error adb not recognized android phone

  • Selanjutnya, klik Environmental Variables. Letak opsi ini biasanya berada di pilihan terakhir, tepat di bawah Settings.

cara fix error adb not recognized android phone

  • Setelah itu, kamu akan melihat dua bagian: User Variables dan System Variables. Kita akan berurusan dengan yang kedua untuk memperbaiki masalah ADB error "adb not recognized".
  • Pada System Variables, klik dua kali pada kata kunci Path.

cara fix error adb not recognized android phone

  • Kemudian akan muncul tampilan Edit environment variable. Klik pada pilihan Browse.

cara fix error adb not recognized android phone

  • Arahkan ke tempat kamu menginstal ADB dan Fastboot lalu pilih folder platform-tools. Kemudian klik OK.

cara fix error adb not recognized android phone

  • Maka Variable yang dipilih sekarang akan berhasil ditambahkan ke environment variable. Klik OK untuk menutup kotak dialog.

cara fix error adb not recognized android phone

  • Lihat System variables di bawah Environment Variables. Bagian Path juga akan memiliki variable path yang baru saja ditambahkan. Sekarang kamu boleh menutup kotak dialog dengan cara mengklik OK. Terakhir, klik OK sekali lagi untuk menutup dialog System Properties.

cara fix error adb not recognized android phone

Nah, Environmental system variables yang hilang telah berhasil ditambahkan. Kamu juga telah berhasil memperbaiki masalah Android "adb not recognozed". Sekarang kamu dapat melanjutkan dan memeriksa perbaikan seperti yang disebutkan di bagian selanjutnya.

Jangan Lewatkan: Cara Memperbaiki Masalah USB Device Not Recognized Pada Windows 10

Periksa Perbaikan Error ADB

Terdapat dua metode untuk memeriksa apakah kamu telah berhasil menerapkan perbaikan untuk masalah "adb not recognized error" atau tidak. Yang pertama melibatkan penggunaan Command Prompt sedangkan yang kedua dilakukan melalui PowerShell. Untuk kedua metode ini, pertama kamu harus mengarahkan ke dalam folder ADB and Fastboot platform-tools.

Setelah itu, kamu bisa mencoba salah satu dari dua metode di bawah ini:

  • Menggunakan Command Prompt: Cara ini jauh lebih simple dan lebih mudah dari metode kedua. Dalam folder platform-tools, buka bilah alamat lalu ketik cmd. Tekan Enter pada keyboard, lalu jendela Command Prompt pun akan muncul. Ketik adb, maka kamu akan mendapatkan daftar panjang perintah ADB dan penggunaannya (seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah). Jika itu masalahnya, maka perbaikan untuk masalah "adb not recognized" telah berhasil diterapkan.

cara fix error adb not recognized android phone

  • Menggunakan PowerShell: Dalam folder platform-tools, klik kanan pada area kosong sambil menekan tombol Shift pada keyboard. Kemudian pilih opsi Open PowerShell window here. Nah, kemudian masukkan adb dan saat melihat daftar panjang kode ADB (lihat gambar di bawah untuk referensi), kamu akan diyakinkan bahwa tidak lagi terdapat masalah error pada ADB.

cara fix error adb not recognized android phone

Itulah tutorial terperinci yang Fajrinfo bagikan tentang cara memperbaiki masalah error "adb not recognized". Jangan ragu untuk memberitahu kami jika kamu menghadapi masalah atau kesulitan ketika menjalankan langkah-langkah yang kami jelaskan di atas.

Pilih metode donasi Anda

Scan kode QRIS
BRI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (4132-01-011052-53-6)
BSI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (7152-49-7533)
Jika artikel ini bermanfaat, Traktir Penulis Secangkir Kopi dengan Memberikan Donasi. (Tekan tombol oranye!)
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama