Download Android SDK Platform Tools (Windows, Mac & Linux)

Download Android SDK Platform Tools (Windows, Mac & Linux)

Unduhan Android SDK Platform Tools kini telah tersedia dalam bentuk file zip langsung dari Google. Cukup download Android SDK platform tools zip atau ADB and Fastboot zip untuk komputer Windows, Mac, dan Linux dari bawah lalu lakukan unzip (ekstrak).

Kemudian kamu dapat menjalankan perintah ADB dan Fastboot untuk menginstal APK, reboot Android kamu ke mode bootloader dan flash stock ROM dan recovery image menggunakan komputer Windows, Mac atau Linux atau Ubuntu yang kamu miliki.

Gambaran Umum

Android SDK dan Android Studio adalah alat untuk para pengembang dan digunakan sebagai tujuan pengembangan aplikasi Android.

Akan tetapi, jika kamu hanya seorang kutu buku yang suka mengotak-atik ponsel untuk melakukan modifikasi ringan seperti unlock bootloader, mem-flash booting atau recovery image atau sesekali format factory reset, mengunduh Android SDK atau Studio lengkap tidak lagi diperlukan.

Sekarang kamu dapat mengunduh ADB dan Fastboot tool terbaru atau file zip Android SDK Platform-Tools tergantung pada OS komputer yang kamu gunakan.

Platform-Tools adalah komponen Android SDK dan mencakup berbagai alat, seperti ADB, fastboot, dan systray. Jika kamu pernah merasa ingin mengunduh ADB dan Fastboot tanpa harus mengunduh seluruh Android Studio atau SDK, akhirnya Google membuat binary-binary itu tersedia secara resmi untuk Windows, Mac, dan Linux. Dengan demikian sekarang kamu dapat mengunduh file ADB dan Fastboot terbaru dari situs Pengembang Google.

Tidak Perlu Download Paket Android SDK Atau Android Studio

Sebelum versi pengembangan baru aplikasi ini, pengguna harus mengunduh Android SDK atau Studio terlebih dahulu, yang merupakan unduhan 400MB hingga 1.6GB, dan mengandalkan sumber pihak ketiga untuk mengambil driver ADB dan Fastboot. Kamu harus terbiasa dengan Minimal ADB dan Fastboot yang dapat dieksekusi yang perlu kami instal untuk mendapatkan Android SDK Platform Tools.

Dalam banyak kasus, unduhan yang berasal dari pihak ketiga berisi sesuatu yang jahat seperti Trojan. Kemudian, untuk memperoleh SDK platform tools terbaru, kamu harus memeriksa rilis baru.

Sebab terkadang versi terbaru dari alat yang dapat dieksekusi tersebut menginstal binary ADB dan Fastboot yang lawas / usang. Sekarang sudah waktunya sekarang menyingkirkan para makelar link dan mendapatkan alat-alat terbaru langsung dari Google.

Baca juga: Cara Ampuh Memperbaiki Masalah HP Android Yang Bootloop

Mengapa mengunduh paket sampah raksasa jika kamu hanya perlu sebagian kecil saja? Ukuran Platform Tools official kurang dari 4MB.

Download SDK Platform Tools Untuk Windows, Mac, & Linux

SDK Platform Tools untuk Windows

platform-tools-latest-windows.zip

ADB Platform Tools untuk MacOS

platform-tools-latest-darwin.zip

SDK or ADB Platform Tools untuk Linux dan Ubuntu

platform-tools-latest-linux.zip

Kamu juga dapat mengunjungi halaman resmi dan melihat catatan rilisan. Jika ingin menggunakan ponsel Android seperti komputer untuk menjalankan perintah ADB dan Fastboot, bacalah panduan tentang topik ini.

Langkah Menjalankan Perintah ADB

Setelah mengunduh file SDK Platform-Tools.zip terbaru, lakukan ekstrak pada komputer desktop kamu. Lalu buka folder yang diekstrak, dan luncurkan jendela perintah Command prompt / PowerShell di dalam folder "platform-tools" lalu jalankan perintah ADB dan Fastboot yang diinginkan.

Ada dua cara untuk membuka jendela perintah dari jendela folder. Cara termudah dan tercepat untuk meluncurkan jendela Command prompt atau cmd dari jendela folder platform-tools adalah dengan mengetikkan “cmd” di bilah alamat lalu tekan tombol Enter.

Download Android SDK Platform Tools (Windows, Mac & Linux)

Kamu juga dapat membuka Command prompt pada Windows sebagai berikut. Arahkan penunjuk mouse di ruang kosong dimanapun di dalam folder, lalu tekan tombol Shift + Klik kanan pada mouse dan pilih opsi "Open Command prompt windows here" atau "Open PowerShel windows here" (pada Windows 10).

Download Android SDK Platform Tools (Windows, Mac & Linux)

Setelah meluncurkan jendela CMD, maka kamu bisa menjalankan perintah ADB atau Fastboot.

Jangan lupa untuk mengotorisasi ADB dan mengizinkan USB debugging pada perangkat Android kamu saat dimintai ijin. Selain itu, untuk dapat menggunakan perintah ADB dan Fastboot, kamu juga harus mengaktifkan USB debugging pada perangkat Android.

Download Android SDK Platform Tools (Windows, Mac & Linux)

Misalnya, jika kamu ingin memeriksa koneksi antara perangkat Android dan komputer, kamu dapat mencoba perintah berikut ini:adb devices

Download Android SDK Platform Tools (Windows, Mac & Linux)

Demikian pula, kamu dapat me-reboot perangkat Android ke mode Bootloader menggunakan perintah "adb reboot bootloader" dan bahkan menginstal aplikasi APK. Jangan lupa untuk meninggalkan pesan komentar jika kamu mengalami masalah saat download Android SDK platforms tools.
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama