Cara Memindai Kode QR di Ponsel Samsung Galaxy

Cara untuk memindai QR code / kode QR, buka aplikasi Kamera di ponsel Samsung Galaxy milikmu. Pastikan Kamera pada mode Foto dan kamu telah mengaktifkan fitur "Pindai Kode QR" atau "Scan QR Codes" di Pengaturan Kamera. Kamu juga bisa memindai kode QR dari file gambar atau foto yang ada.

Ingin memindai kode QR? Jika benar begitu, yang kamu butuhkan hanyalah ponsel Samsung dan tidak ada yang lainnya. Dengannya kamu bisa menggunakan fitur bawaan ponsel untuk memindai kode QR. Mari kita pelajari dua metode pemindaian berbeda yang akan Fajrinfo bagikan dalam panduan singkat ini.{alertInfo}


Pindai Kode QR Menggunakan Aplikasi Kamera Samsung

Untuk memindai kode QR yang tercetak di suatu tempat atau pada layar, gunakan aplikasi Kamera HP Samsung milikmu. Fitur ini berfungsi sebagaimana kamu sedang mengambil foto biasa.

Untuk melakukannya, buka aplikasi Kamera pada ponsel Samsung. Di bagian bawah aplikasi, ketuk "Photo" untuk memastikan bahwa kamu berada dalam mode foto.

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Sekarang kamu akan mengaktifkan fitur QR code pada aplikasi Kamera. Untuk melakukannya, di pojok kiri atas layar, ketuk ikon roda gerigi.

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Pada layar "Camera Settings", aktifkan pilihan "Scan QR Codes". Lalu kembali ke layar jendela bidikan kamera dengan cara mengetuk ikon panah kembali di pojok kiri atas.

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Nah, kini ponsel kamu sudah siap memindai QR code. Caranya, cukup dengan mengarahkan kamera ponsel ke kode QR tersebut lalu ponsel akan memindainya secara otomatis.

Kamu akan melihat isi konten dalam QR code pada layar ponselmu setelah pemindaian selesai. Untuk melihat pilihan yang relevan dengan kode pemindaian, ketuk "Show Options".

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Jika kamu memindai QR code sebuah link/tautan situs web, misalnya, kamu menemukan pilihan untuk mengunjungi tautan tersebut pada menu.

Pindai QR Code yang Disimpan pada Aplikasi Galeri

Jika kamu ingin memindai QR code yang disimpan di Galeri ponsel, mari lakukan langkah-langkah berikut.

Pertama, tarik ke bawah dua kali dari atas layar ponsel. Pada menu Pengaturan Cepat, ketuk ubin "Scan QR Code".

Jika kamu tidak melihat ubin ini, geser ke sebelah kiri pada ubin yang ada untuk melihat opsi lainnya.

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Pada halaman "Find a QR Code", ketuk ikon galeri.

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Tampilan galeri ponselmu akan terbuka. Di sini, temukan dan ketuk gambar QR code yang ingin kamu pindai.

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Gambarmu akan muncul pada fitur pemindaian kode QR. Ketuk "Selesai" untuk mulai memindainya.

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Maka kamu akan melihat konten QR code pada layar ponselmu.

cara memindai qr code hp samsung galaxy

Dan sekarang ponselmu sudah siap melakukan pemindaian QR code dimana saja dan kapan saja.

Kamu juga dapat menggunakan Google Assistant dan Google Lens untuk memindai QR code pada ponsel Android yang kamu miliki. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa fitur-fitur yang sudah kami bahas mengenai scanning QR code menggunakan HP Android ini juga sebenarnya berfungsi pada ponsel Samsung dan non-Samsung.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama