Cara Memperbaiki Koneksi Wi-Fi Laptop Windows 10 yang Bermasalah

Koneksi internet yang stabil dan handal sangat penting untuk berbagai aktivitas termasuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah, pekerjaan dan produktivitas, hiburan, keperluan di bidang pendidikan, komunikasi, kegiatan sosial, dan banyak lainnya.

Namun, terkadang mungkin kamu mengalami masalah konektivitas Wi-Fi pada laptop Windows 10. Pengguna Windows 10 terkadang dihantui masalah koneksi WiFi sering terputus, dan tidak ada akses internet setelah melakukan update windows. Tidak hanya itu, ada kalanya koneksi internet tiba-tiba terputus dengan tanda seru berwarna kuning di atas ikon Wi-Fi atau Ethernet.

Masalah konektivitas Wi-Fi pada laptop Windows 10 bisa muncul disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kompatibilitas hardware dan software hingga masalah konfigurasi jaringan.

Di sini, Fajrinfo mempunyai beberapa solusi efektif untuk dapat menyelesaikan masalah umum terkait Konektivitas Wi-Fi pada laptop Windows 10 dan untuk memastikan pengalaman internet kamu agar tetap stabil dan lancar.

WiFi tidak Berfungsi di Windows 10

cara perbaiki masalah koneksi wifi laptop windows 10

Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa Wi-Fi tidak berfungsi di laptop Windows 10. Bisa jadi karena driver Wi-Fi yang tidak cocok atau ketinggalan jaman, pengaturan pada adapter jaringan, masalah pada router atau modem internet, gangguan sinyal provider, atau masalah pada keamanan software.

  • Driver Wi-Fi yang kedaluwarsa atau tidak kompatibel untuk Windows 10 bisa menyebabkan masalah konektivitas.
  • Masalah pada hardware atau pengaturan adapter jaringan bisa mengakibatkan Wi-Fi tidak berfungsi. Sekali lagi, router atau modem yang rusak atau salah dikonfigurasi dapat menyebabkan masalah konektivitas Wi-Fi.
  • Pengaturan jaringan yang salah, seperti konflik alamat IP atau masalah DNS, dapat menghalangi komunikasi pada router atau modem dan mengakibatkan Tidak ada akses internet di Windows 10.
  • Aplikasi pihak ketiga, terutama perangkat lunak antivirus atau firewall, dapat mengganggu pengoperasian adapter jaringan internet.

Restart Router dan Modem

Seiring waktu, router dan modem mungkin mengalami gangguan kecil atau masalah yang menyebabkan error pada Konektivitas Wi-Fi atau Tidak Ada akses internet di Laptop Windows 10. Dengan merestart router dan modem biasanya akan dapat menyelesaikan masalah dengan membangun kembali koneksi jaringan. Hal ini tidak hanya menyelesaikan masalah konektivitas kecil namun juga meningkatkan kinerja jaringan secara keseluruhan.

  • Cabut kabel adapter dari router dan modem.
  • Tunggu setidaknya 30 detik.
  • Colokkan kembali kabel daya adapter jaringan lalu hidupkan perangkat.
  • Restart juga Laptop Windows 10 milikmu.

Periksa Pengaturan Jaringan WiFi

Pengaturan jaringan yang salah dapat menghambat konektivitas internet WiFi. Pastikan pengaturan jaringan pada perangkatmu diatur dengan benar.

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik ncpa.cpl dan tekan tombol Enter.
  • Klik kanan pada jaringan Wi-Fi kamu, lalu pilih "Properties".
  • Pastikan pengaturan seperti alamat IP dan DNS diatur untuk diperoleh secara otomatis.

cara perbaiki masalah koneksi wifi laptop windows 10

Kemudian buka Command prompt as administrator, lalu ketik netsh wlan show WLAN report, tekan tombol Enter untuk menghasilkan laporan jaringan wireless/nirkabel yang akan membantu mendiagnosis masalah atau setidaknya memberi kamu informasi secara terperinci.

Bagi sebagian pengguna, menonaktifkan dan mengaktifkan kembali Adapter Wi-Fi dapat membantu mereka membangun kembali koneksi dan membantu memperbaiki Masalah Konektivitas Wi-Fi di Laptop Windows 10.

  • Tekan tombol Windows + X, lalu pilih "Device Manager".
  • Perluas bagian "Network Adapters".
  • Klik kanan pada adapter Wi-Fi perangkatmu lalu pilih "Disable device".
  • Setelah beberapa detik, klik kanan lagi dan pilih "Enable device".
  • Selain itu, periksa sinyal WiFi di Laptop kamu, atau dekatkan laptop ke router Wi-Fi untuk memperbaiki masalah konektivitas dan meningkatkan kecepatan internet.

Jalankan Network Adapter Troubleshooter

Windows memiliki pemecah masalah jaringan bawaan yang dapat secara otomatis mendeteksi dan memperbaiki masalah konektivitas secara umum. Untuk menggunakan fitur pemecah masalah Adapter Jaringan ini, berikut adalah langkahnya:

  • Tekan tombol pintasan keyboard Windows + I untuk membuka jendela Settings.
  • Klik Update & Security, lalu pilih Troubleshoot. Pilih Additional troubleshooters, lalu klik pada Netword Adapters, dan klik Run the troubleshooter.

cara perbaiki masalah koneksi wifi laptop windows 10

  • Langkah ini akan menampilkan jendela pop-up Network Adapter Troubleshooter.
  • Pilih adapter jaringan yang ingin kamu perbaiki, dalam hal ini, pilih tombol radio Wi-Fi lalu klik Next untuk melanjutkan pemecahan masalah.

cara perbaiki masalah koneksi wifi laptop windows 10

Demikian yang dapat Fajrinfo sampaikan mengenai panduan dan cara mengatasi masalah konektivitas Wi-Fi pada laptop Windows 10 ini. Bagi kamu yang mengalami kendala atau masalah saat menerapkan langkah demi langkah pada tutorial yang kami bagikan, atau koneksi Wi-Fi masih bermasalah, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar yang kami sediakan di bawah. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama