Apa Arti "Link di Bio" di Media Sosial?

Jika kamu pengguna Instagram, mungkin kamu pernah melihat seseorang di sebuah platform merujuk informasi ke sebuah "link di bio" mereka dalam posting video ataupun gambar. Begitulah dunia media sosial (medsos) saat ini yang mana kamu akan sering menemukannya.

"Link di Bio?"

apa arti link di bio

Link di bio adalah link/tautan tunggal di bagian atas profil pengguna akun Instagram, yang letaknya tepat di bagian bawah nama pengguna dan deskripsi profil.

Untuk menemukan link pengguna Instagram di bio, arahkan ke halaman profil mereka. Maka link di bio akan langsung terlihat karena letaknya di atas tombol "Ikuti" atau "Mengikuti". Mengklik link di bio akan mengarahkan kamu ke browser yang biasa kamu gunakan di perangkat atau membuka browser dalam aplikasi di Instagram.

Mengapa Link ada di Bio?

Populernya "link di bio" sebagai bagian penting dari penggunaan media sosial muncul karena antarmuka pengguna Instagram. Banyak brand/merek, selebritis, dan content creator (pembuat konten) memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan produk, kreasi, atau iklan terbarunya.

Namun, Instagram melarang link/tautan yang bisa diklik ditempatkan pada keterangan kiriman/postingan, dan hanya mengizinkan satu link/tautan, yaitu pada profil pengguna.

Dengan demikian, link tunggal pada profil akun pengguna tersebut menjadi pusat aspek bisnis Instagram. Ini adalah cara paling menonjol bagi pengguna untuk mengalihkan pengikut mereka dari Instagram menuju situs web lain.

Oleh sebab itu, kamu sering mendengar atau membaca ungkapan "link di bio" diucapkan dengan lantang pada video Instagram dan ditempatkan pada caption postingan gambar. Misalnya, sebuah situs berita menulis, "Samsung telah merilis ponsel flagship terbarunya sekarang! Klik link di bio untuk info lengkapnya," dengan link yang mengarahkan pengguna ke halaman berita tersebut.

Aplikasi lain yang menggunakan jargon "link di bio" adalah TikTok. Seperti Instagram, aplikasi TikTok juga hanya membolehkan satu link utama pada profil dan tidak mengizinkan pengguna menempatkan link di keterangan video.

Oleh karena itu, pengguna harus mendorong pemirsa atau pembacanya untuk melihat "link di bio". Sebenarnya link ada juga pada profil Twitter. Namun, ungkapan link di bio kurang populer di sana, karena platform mengizinkan link di tweet.

Jenis Link Apa?

Ada beberapa jenis link/tautan yang muncul di bio Instagram influencer atau pribadi. Berikut ini beberapa yang paling umum:

- Barang Dagangan/Promosi Mandiri: Ini adalah link yang dibuat oleh orang-orang yang bertujuan untuk mempromosikan barang dagangan mereka, seperti buku atau kaos bermerek.

- Situs Web Perusahaan: Ini adalah saat merek atau perusahaan tertaut langsung ke situs web atau toko online mereka.

- Link Media Sosial Lainnya: Ini adalah jenis link/tautan yang dimaksudkan untuk melakukan promosi silang ke platform media sosial lainnya, seperti akun Twitter atau channel Youtube mereka.

- Link Afiliasi: Ini adalah link yang memungkinkan pengguna mendapatkan komisi dari pembelian yang dilakukan di toko online, seperti Shopee, Involve Asia, Amazon, dll.

- Sponsor dan Kemitraan: Ini adalah link/tautan iklan dari sponsor yang akan membayar sejumlah uang untuk sebuah tempat di bio akun pengguna.

- Link Bio: Memiliki link yang mengarah ke halaman dengan beberapa tautan lainnya, dan metode ini jadi semakin banyak digunakan. Ini adalah solusi atas kurangnya cara untuk menempatkan banyak link di profil media sosial seseorang.

Karena kamu bisa menggunakan link di bio untuk mempromosikan apapun yang sesuai dengan pedoman komunitas Instagram, maka banyak jenis link lain yang ditambahkan ke bio. Contoh lainnya termasuk halaman artis pada layanan streaming musik, portofolio online, demo reel, atau situs web pribadi. Beberapa orang bahkan memasukkan akun Venmo atau PayPal mereka ke bio mereka.

Industri "Link di Bio"

Shorby

Karena maraknya penempatan "link di bio", akhirnya semakin banyak pula penyedia layanan terkait bermunculan yang memungkinkan pengguna menggunakan "link universal" untuk menaruh berbagai link. Layanan link di bio yang populer beberapa diantaranya adalah Linktree, Shorby, dan Feedlink.

Intinya, yang dilakukan link ini adalah mengarahkan kamu ke laman dasar yang berisi berbagai tautan link penting. Hal ini memungkinkan orang untuk menempatkan berbagai link profil media sosial, penempatan sponsor, dan tautan afiliasi dalam satu halaman.

Hal ini sangat umum terjadi pada akun perusahaan dan selebriti papan atas, karena mereka perlu mengarahkan pemirsanya ke tautan berbeda di setiap postingan.

Story Keren

Satu hal lagi, si Instagram, pembatasan link tidak berlaku untuk Instagram Stories. Oleh sebab itu, sponsorship dan promosi merek semakin banyak bermunculan di Stories, yang bisa memungkinkan pengguna "menggesek ke atas" untuk membuka tautan.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama