Cara Aktivasi Windows 11 GRATIS (Tanpa Product Key)

Windows 11 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft saat ini, yang menawarkan berbagai fitur dan peningkatan menarik. Pengguna Windows 10 dapat meningkatkan sistemnya ke Windows 11 secara gratis, akan tetapi jika menginstal Windows 11 di komputer baru dengan cara clean install, kamu harus mengaktifkan Windows 11 terlebih dahulu untuk menikmati fungsinya secara penuh.

Dengan aktivasi Windows 11, kita dapat memanfaatkan semua fitur dan fungsi yang disertakan dalam sistem operasi ini. Aktivasi Windows 11 juga membuktikan bahwa salinan OS Windows yang terpasang pada perangkat adalah asli, bukan salinan bajakan atau illegal.

Jika kamu ingin Mengaktivasi Windows 11 di laptop atau komputer PC tanpa perlu membeli product key dan digital license, pada artikel yang Fajrinfo.com bagikan ini akan membahas beberapa metode dan cara Aktivasi Windows 11 secara gratis.

Pentingkah Mengaktivasi Windows 11?

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Aktivasi Windows adalah proses yang digunakan oleh Microsoft untuk mengonfirmasi bahwa salinan Windows yang kamu gunakan asli. Hal ini membantu mencegah pembajakan software dan memastikan bahwa setiap salinan windows hanya digunakan pada satu perangkat. Ada dua cara untuk aktivasi Windows menggunakan 25 karakter product key atau digital license.

"Aktivasi membantu memverifikasi bahwa salinan Windows yang kamu gunakan asli dan tidak digunakan di banyak perangkat komputer dan laptop dari yang diizinkan oleh Microsoft Software License Terms."{alertSuccess}


Windows 11 yang telah diaktivasi mempunyai akses ke update system, patch keamanan, dan fitur tambahan lain untuk menjaga sistem agar tetap optimal dan terlindung dari ancaman yang membahayakan.

Selain itu, dapat memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan sistem mereka sepenuhnya, meningkatkan produktivitas dan pengalaman penggunaan secara menyeluruh.

Cara Memeriksa Windows Sudah Aktivasi atau Belum

Berikut adalah cara memeriksa apakah sistem Windows pada laptop atau komputer PC kamu sudah diaktifkan, dan apakah salinan Windows asli atau tidak.

Untuk memeriksa status aktivasi Windows 11:

  • Tekan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Settings.
  • Buka System lalu klik Activation "Activation state, Change product key".
  • Pada jendela berikutnya, kamu akan melihat status Aktivasi Windows 11.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Selain itu, kamu juga dapat membuka Command prompt as administrator lalu jalankan perintah slmgr /xpr untuk memeriksa status aktivasi Windows 11.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Cara Aktivasi Windows 11 GRATIS

Jika mempunyai product key atau Digital license asli, kamu bisa mengaktivasi ulang atau mengaktifkan kembali Windows 11 dengan beberapa langkah. Bahkan jika kamu memiliki product key Windows 10 pun, nanti bisa digunakan untuk mengaktifkan Windows 11 juga.

Aktivasi Windows 11 setelah perubahan hardware

Jika laptop komputer Windows 11 milikmu belum diaktifkan setelah mengubah hardware atau misalnya kamu telah memutakhirkan sistem dari Windows 10 ke Windows 11 lalu status aktivasi menunjukkan informasi "Not Active".

Maka klik Change product key untuk mengubah product key lalu masukkan lisensi secara manual untuk mengaktivasi Windows 11 secara gratis.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Jika kamu mempunyai digital license, klik opsi Troubleshoot untuk memperbaiki masalah secara otomatis dan mengaktifkan kembali Windows 11 secara gratis.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Jika troubleshooter tidak dapat menyelesaikan masalah, kamu akan melihat link tautan untuk aktivasi ulang Windows setelah adanya perubahan hardware pada perangkat.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

  • Klik tautan I changed hardware on this device recently, lalu Sign in/Masuk dengan akun Microsoft milikmu.
  • Selanjutnya, Pilih nama komputer dari daftar yang muncul untuk melakukan aktivasi ulang Windows 11 lalu Klik tombol Activate.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Aktivasi Windows 11 setelah Upgrade dari Windows 10

Pada umumnya, windows 11 merupakan upgrade gratis dari windows 10, dan kamu tidak perlu melakukan apapun untuk mengaktivasi salinan Windows 11. Kamu hanya perlu memastikan bahwa komputer PC terhubung ke Internet, sehingga dapat terhubung ke server Microsoft dan mengaktivasi sistem secara otomatis.{alertInfo}

Jika karena alasan tertentu windows 11 belum aktif, kamu bisa menggunakan product key Windows 10 untuk melakukan Aktivasi Windows 11 secara gratis atau menggunakan digital license (sudah dijelaskan pada langkah sebelumnya).

  • Tekan tombol Windows + X lalu pilih Settings.
  • Buka System lalu klik Activate now (di sebelah Windows isn’t activated)

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

  • Klik tombol Change di sebelah pilihan Change Product Key

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

  • Kemudian Masukkan activation code (kode aktivasi) Windows (gunakan product key Windows 10)

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

  • Klik Next, lalu ikuti petunjuk selanjutnya pada layar untuk aktivasi Windows 11 gratis menggunakan product key Windows 10.

Aktivasi Windows 11 dengan KMS secara Gratis

Jika tidak memiliki product key Windows 11 Asli atau digital license, kamu masih bisa melakukan aktivasi Windows 11 gratis dengan activation key KMS client. Ini adalah cara legal untuk mengaktivasi Windows 11 secara gratis, karena Microsoft menawarkan activation key KMS client secara gratis.

  • Tekan tombol Windows + S lalu ketik cmd, klik kanan pada Command prompt pilih run as administrator,
  • Kemudian jalankan perintah slmgr /ipk kmsclientkey
  • Catatan - Pada langkah ini, ganti "kmsclientkey" dengan product key di bawah ini. Misalnya, jika kamu menggunakan kode aktivasi untuk Windows Pro, maka isi perintahnya menjadi : "slmgr /ipk W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX"

Windows Home : TX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99
Windows Home N : 3KHY7-WNT83-DGQKR-F7HPR-844BM
Windows Pro : W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX
Windows Pro N : MH37W-N47XK-V7XM9-C7227-GCQG9
Windows Education : NW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2
Windows Education N : 2WH4N-8QGBV-H22JP-CT43Q-MDWWJ

  • Selanjutnya, jalankan perintah slmgr /skms KMS.msguides.com untuk menyiapkan server KMS

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Kemudian jalankan perintah slmgr /ato untuk mengaktifkan Windows 11.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Terakhir, jalankan perintah slmgr -xpr pada Command prompt untuk memverifikasi status aktivasi Windows 11.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Buat Activator Windows 11 Txt

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivasi Windows 11 gratis dengan bantuan file batch. Meskipun Microsoft membuat sebuah Disclaimer untuk tidak menyarankan penggunaan script batch untuk melakukan aktivasi Windows 11, namun langkah ini terbilang efektif untuk dapat mengaktivasi windows 11.

  • Kemudian, masuk ke tautan ini dan copy & paste kode tersebut ke Notepad.
  • Pada Notepad, Klik File -> Save As lalu beri nama Windows 11 activator.bat lalu klik Save.

cara aktivasi windows 11 tanpa lisensi product key digital

Selanjutnya, cari file Windows 11 activator.bat tersebut, klik kanan pada filenya lalu pilih Run as administrator untuk melakukan aktivasi salinan Windows 11 secara gratis.

Selain itu, kamu bisa mendownload dan menginstal Windows Toolkit dari sumber yang terpercaya. Jalankan Windows Toolkit lalu klik tab "Activation", Pilih "EZ-Activator" lalu tunggu prosesnya hingga selesai. Kemudian restart laptop/komputer kamu, dan Windows 11 sekarang akan teraktivasi.

Bagaimana jika Windows 11 masih belum teraktivasi?

Kamu bisa mengikuti Cara Remove Watermark mengganggu yang mengatakan "Activate Windows. Go to Settings to activate Windows". Sebab, jika muncul watermark bertuliskan kalimat tersebut, biasanya kamu tidak akan bisa mengubah personalization settings windows, kamu tidak bisa mengatur background desktop, tidak dapat menyesuaikan lock screen dan sebagainya.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama