Upgrade LineageOS 13 Untuk Galaxy Ace 3 Marsmallow

Upgrade LineageOS 13 Untuk Galaxy Ace 3 Marsmallow

Hai sahabat FajrInfo semuanya. Sudah lama tidak posting, jadinya terasa kikuk banget nih. Sebelumnya mohon maaf ya sahabat, kalau komentar-komentar yang sudah masuk tidak bisa FajrInfo balas satu per satu. Kali ini FajrInfo akan membagikan Custom ROM LineageOS 13 untuk Galaxy Ace 3 Marsmallow.

Sebelumnya tahukah kamu sahabat, apa itu LineageOS? Bagi kamu yang sudah tahu CyanogenMod, jangan heran apabila Custom ROM tersebut sudah tidak memberikan update terbarunya lagi.

Sebab, sebenarnya CyanogenMod telah dihentikan pengembangannya pada akhir tahun lalu. Dan atas keputusan tersebut, beberapa pengembang perusahaan di balik proyek CyanogenMod membuat sistem operasi open source baru sebagai penggantinya CyanogenMod dengan nama LineageOS.

LineageOS ini dapat dijadikan alternatif bagi kamu pengguna ponsel cerdas yang tidak memperoleh update sistem secara resmi pada perangkatnya. Sebagaimana Samsung Galaxy Ace 3 S7270 yang sudah tidak mendapatkan update lagi dan harus puas dengan hanya sampai pada sistem operasi Android JellyBean saja.

Baca juga: Fitur Mantap Google Chrome Android Yang Jarang Diketahui

Namun meskipun demikian tenang saja, Samsung Galaxy Ace 3 kamu masih bisa diupgrade ke versi Android yang lebih tinggi dari JellyBean dengan menggunakan Custom ROM LineageOS ini. Sebagaimana yang akan FajrInfo bagikan, yaitu cara memasang sistem LineageOS 13 pada Samsung Galaxy Ace 3 yang nantinya ponsel cerdas kamu tersebut akan meningkat versinya menjadi Android 6 Marsmallow.

Prinsip pemasangannya sama dengan pemasangan pada CyanogenMod. Jika kamu pernah melakukannya sudah bukan masalah lagi kan sahabat. Dan apabila kamu masih mengalami kesulitan untuk pemasangannya, silahkan ikuti langkah-langkahnya secara seksama dan perlahan agar tidak ada tahapan yang terlewat yang bisa menyebabkan terjadinya masalah pada ponsel Galaxy Ace 3 kamu.

Cara Memasang Android Marsmallows Pada Galaxy Ace 3 S7270


Baiklah, mari kita semua memulai step by stepnya dengan perlahan dan kosentrasi. File-file yang dibutuhkan dalam pemasangannya adalah sebagai berikut:

1. CWM Recovery 6051 7270 Final.zip

2. LineageOS 13 UNOFFICIAL logan.zip

3. Open gapps arm 6.0 pico.zip

Silahkan ambil ketiga file di atas lalu letakkan pada penyimpanan eksternal atau MicroSD. Ingat, jangan diletakkan pada penyimpanan telepon!

Sebelum melanjutkan, pastikan untuk memindahkan file-file penting (aplikasi, foto/gambar, lagu, video dll) yang berada pada penyimpanan telepon ke penyimpanan eksternal. Karena dalam pemasangan akan memformat memori telepon yang menyebabkan semua isinya akan terhapus.

Berikut adalah langkah-langkahnya yang harus dilakukan dalam pemasangan Custom ROM LineageOS 13 pada Samsung Galaxy Ace 3:

- Jika sudah dipindahkan, matikan ponsel Galaxy Ace 3 kamu.

- Setelah itu masuk ke mode CWM versi 6.0.3.1. Caranya, tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume atas pada perangkat Galaxy Ace 3 kamu.

- Bilamana Galaxy Ace 3 kamu belum terpasang CWM versi 6.0.3.1, maka kamu harus memasangnya dulu. Silahkan ikuti Tutorial Cara Memasang CWM Galaxy Ace 3 S7270.

Baiklah, jika sudah masuk mode CWM recovery 6.0.3.1, lalu pilih wipe data/factory reset dan wipe chace partition.

- Kemudian pilih menu advanced, lalu pilih wipe dalvik cache.

Selanjutnya pilih menu mounts and storage, kemudian lakukan format /cache - format /system - format /data satu per satu.

- Setelah semuanya terlaksana, kembali ke menu utama CWM recovery 6.0.3.1. Lalu pilih install zip from sdcard, lalu pilih choose zip from sdcard lalu cari dan pilih dimana kamu menyimpan file “CWM Recovery 6051 7270 Final.zip” yang telah diambil dari internet tadi kemudian pilih Yes – install CWM Recovery 6051 7270 Final.zip.

- Setelah itu kembali ke menu utama lagi lalu pilih menu advanced – lalu pilih reboot recovery. Maka perangkat akan melakukan restart.

- Setelah masuk ke menu CWM lagi, maka CWM akan berubah versi dan tampilan menjadi CWM versi 6051. Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memilih menu dan tombol power untuk yes/ok pada CWM versi ini.

Kemudian pilih install zip from sdcard, lalu pilih choose zip from /storage/sdcard1 dan pilih cari dan pilih dimana kamu meletakkan file LineageOS-13.0-UNOFFICIAL-logan.zip kemudian pilih Yes – install LineageOS-13.0-UNOFFICIAL-logan.

- Setelah itu tunggu beberapa saat sampai pengekstrakkan selesai.

- Setelah selesai, lakukan cara yang sama dengan langkah di atas untuk memasang file Open_gapps-arm-6.0-pico.zip.

Jika sudah selesai, masuklah ke menu mounts and storage, lalu lakukan format /data and /data/media (/sdcard) (cara ini tidak akan menyebabkan file yang ada di dalam memori eksternal terhapus).

- Setelah selesai semuanya, kembali ke menu utama lagi dan pilih reboot system now – lalu pilih No jika ada konfirmasi akses r00t.

Baca juga: Mengapa Baterai Android Tidak Cepat Terisi Penuh?

- Perangkat Galaxy Ace 3 kamu akan restart dan tunggu beberapa saat sampai proses update system selesai (biasanya memakan waktu agak lama, maka bersabarlah)

Setelah selesai, lakukan konfigurasi dan selamat menikmati Galaxy Ace 3 kamu dengan interface Android Marsmallow yang tentunya sangat berbeda dengan Galaxy Ace 3 JellyBean bawaan.

Untuk tampilan, sama halnya seperti tampilan pada postingan CyanogenMod CM 13 Marsmallow

Begitulah langkah-langkah untuk memasang Custom ROM LineageOS 13 pada Samsung Galaxy Ace 3 S7270 Marsmallow. Apabila kamu mengalami masalah dalam pemasangan, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang telah disediakan. Dan jika berhasil dalam pemasangan, sempatkan waktu kamu untuk memberi feedback/timbal balik di blog sederhana FajrInfo ini

TUTORIAL DI ATAS AMAN. Apabila kamu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, pasti tidak akan terjadi kerusakan pada perangkat smartphonemu!!!

Catatan :

Harap jadi perhatian. Bahwa Custom ROM LineageOS 13 untuk Samsung Galaxy Ace 3 ini masih dalam tahap pengembangan para developer, jadi Custom ROM LineageOS 13 Samsung Galaxy Ace 3 Marsmallow ini belum terjamin kestabilannya.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Upgrade LineageOS 13 Untuk Galaxy Ace 3 Marsmallow"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel