Cara Aman Reset Windows 10 Versi 1803 Tanpa Menghapus File Pribadi

Cara Aman Reset Windows 10 Versi 1803 Tanpa Menghapus File Pribadi

Jika Anda perhatikan setelah menginstal pembaruan pada Windows 10 April Update 2018, pembaruan tersebut menyebabkan masalah atau kinerja menjadi lebih buruk bahkan semakin buruk.

Hal itu menyebabkan Anda dapat menggunakan opsi Reset PC ini untuk me-refresh Windows 10 pada komputer tanpa kehilangan file pribadi Anda. Ini juga bisa menjadi metode pemecahan masalah terbaik - jika masalah driver atau bug perangkat lunak lain berakibat pada masalah komputer Anda.

Reset pabrik terkadang dapat memecahkan masalah, memungkinkan Anda untuk memperbaikinya tanpa harus mengeluarkan biaya.

Baca juga : Cara Langsung Sign-in Otomatis Pada Perangkat Windows 10

Berikut cara menggunakan fitur "Refresh / Reset Windows 10 versi 1803 tanpa menghapus file pribadi milik Anda.

Catatan: Menggunakan fitur refresh akan menghapus semua aplikasi yang tidak memenuhi standar sistem operasi. Ini berarti bahwa aplikasi yang disertakan oleh pabrikan Anda, seperti driver, aplikasi pendukung, dan aplikasi lain juga akan terhapus.

Serta jangan lupa cadangkan semua hal berkaitan dengan berkas yang ada pada disk c:\, lisensi digital, konten yang diunduh secara digital, dan berbagai software lainnya sebagai penunjang kinerja komputer Anda.

Refresh Windows 10 versi 1803 dari menu Settings

Buka Settings Windows (windows + I) lalu klik pilihan "Update & Security". Kemudian klik pada tab "Recovery". Pada bagian "Reset this PC", klik pada pilihan Get started seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Cara Aman Reset Windows 10 Versi 1803 Tanpa Menghapus File Pribadi

Setelah itu, Anda diberikan dua pilihan sebagai opsi dalam refresh sistem ini. Microsoft menjelaskan maksud dari kedua opsi tersebut :

Jika komputer Anda tidak dapat berfungsi dengan baik, dengan langkah reset sistem akan sangat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Anda dapat memilih apakah akan menyimpan atau menghapus file pribadi dan kemudian mereset ulang Windows 10.

Keep my files : Akan menghapus aplikasi dan pengaturan, tapi tetap menyimpan file pribadi.

Cara Aman Reset Windows 10 Versi 1803 Tanpa Menghapus File Pribadi

Baca juga : Cara Alternatif Mengamankan Windows 10 Dari Serangan Malware

Untuk sekedar merefresh sistem saja, silahkan Anda memilih opsi pertama yang disebut "Keep my files". Klik pada opsi tersebut kemudian pada layar berikutnya akan menampilkan daftar aplikasi pihak ketiga yang telah Anda instal dan akan dihapus selama proses reset. Lebih baik catat semua aplikasi yang diinstal, agar Anda dapat menginstalnya lagi nanti.

Cara Aman Reset Windows 10 Versi 1803 Tanpa Menghapus File Pribadi

Ketika Anda mengklik pada jendela berikutnya akan muncul Ready to reset this PC.

Baca catatan dengan saksama, bahwa reset akan : menghapus semua aplikasi dan program (yang Anda instal secara manual setelah instalasi windows 10 atau upgrade). Sedangkan aplikasi default bawaan Windows 10 akan tetap ada.

Hal ini juga akan mengubah semua pengaturan sistem Windows kembali ke pengaturan default pabrikan. Seolah ini akan menginstal ulang Windows tanpa menghapus file pribadi Anda.

Cara Aman Reset Windows 10 Versi 1803 Tanpa Menghapus File Pribadi

Ketika Anda mantap untuk mengklik Reset ini maka Windows akan melakukan restart. Pada proses reset tersebut akan memakan waktu cukup lama, sehingga Anda dapat duduk dan rileks.

Biarkan Windows melakukan berbagai hal untuk mereset sistemnya. Setelah selesai Anda akan disajikan dengan tampilan pemasangan yang bersih dan bagus seperti Windows 10 yang baru selesai instal uang.

Demikian pembahasan Fajrinfo tentang cara aman reset Windows 10 versi 1803 tanpa menghapus file pribadi Anda. Mudah bukan?

Berlangganan update artikel terbaru via email :

0 Response to "Cara Aman Reset Windows 10 Versi 1803 Tanpa Menghapus File Pribadi"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel