Mengatasi Windows 10 Layar Hitam Setelah Update

Mengatasi Windows 10 Layar Hitam Setelah Pasang Update KB4103721

Banyak pengguna Windows 10 April Update yang mengeluh tentang masalah yang disebabkan oleh pembaruan cumulative update KB4103721. Yaitu setelah memasang pembaruan, layar menjadi hitam setelah melakukan restart.

Pembaruan Windows 10 KB4103721 menyebabkan layar hitam dan sistem gagal untuk melakukan booting. Sementara ini satu-satunya solusi yang berfungsi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mengembalikan sistem ke versi Windows 10 sebelumnya.

Harusnya pada pembaruan pertama untuk Windows 10 April Update 2018 (versi 1803) ini menyertakan perbaikan bug untuk masalah yang telah dilaporkan. Namun tampaknya pada KB4103721 terdapat bug yang membuat PC menjadi macet dan seolah terhalangi saat melakukan booting.

Sebenarnya tidak semua sistem perangkat yang terkena dampak. Karena banyak pula perangkat yang masih aman saja setelah melakukan pemasangan update KB4103721. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pemasangat pembaruan Fajrinfo sangat menyarankan Anda untuk melakan penyimpanan pada system restore.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Masalah Shutdown Pada Windows 8

Hingga kini belum ada pernyataan resmi yang disampaikan oleh pihak Microsoft mengenai masalah yang terjadi ini. Padahal pada beberapa komunitas Windows yang ada, mereka sedang ramai-ramainya membicarakan tentang bug yang dibawa oleh KB4103721.

Cara Mengatasi Perangkat Windows 10 Layar Hitam Saat Booting Setelah Menginstal KB4103721

Meskipun sampai sekarang solusi resmi belum tersedia, sebagian besar pengguna telah berhasil memperbaiki masalah yang terjadi dengan cara mengembalikan sistem ke titik sebelumnya (dengan system restore) atau menurunkan versi ke Windows 10 Fall Creators Update (versi 1709) yang lebih stabil.

Proses pemulihan pada dasarnya mengembalikan sistem perangkat Windows Anda ke titik waktu sebelumnya. Pihak Microsoft pernah mengatakan bahwa sistem pemulihan ini dibuat setiap kali Anda menginstal pembaruan atau driver Windows terbaru.

Meskipun pemulihan ini tidak akan mempengaruhi file pribadi Anda, namun prosesnya akan menghapus aplikasi, program, dan pembaruan yang Anda pasang setelah titik pemulihan itu dibuat.

Berikut ini adalah cara untuk memulihkan sistem Anda dan memperbaiki masalah instalasi, lakukan langkah-langkah berikut ini :

- Ketika perangkat mulai dihidupkan, tekan F11 pada keyboard. Hal ini akan membawa Anda ke menu Advanced Startup Options, namun tergantung pada produk perangkat yang Anda gunakan.

- Jika dengan menekan tombol F11 belum juga boot ke Advanced Startup, silahkan coba dengan cara lain sesuai dengan produk perangkat yang Anda gunakan.

- Dalam pilihan More options, klik pilihan "Back to previous version". (Anda dapat mengembalikan System Restore jika cara ini tidak berfungsi).

Cara di atas hanya berfungsi jika titik pemulihan (system restore) tersedia. Jika titik pemulihan tidak tersedia, maka Anda harus masuk ke Safe Mode dan secara manual menghapus pembaruan dari sistem.

Baca juga : Cara Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Perangkat Komputer

Berikut ini cara untuk masuk ke Safe Mode Windows 10 dan menghapus pembaruan yang gagal atau mengalami cacat :

- Masuk ke menu Advanced Startup (Choose an option screen).

- Pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart.

- Pilih 5 atau F5 pada tombol keyboard untuk masuk ke Safe Mode with Networking.

- Masuk ke Safe Mode.

- Lalu pilih Settings > Update & Security > Windows Update > View update history > Uninstall updates.

- Setelah itu pilih KB4103721 dan remove pembaruan.

- Jika telah selesai, restart perangkat Anda (jika tidak restart otomatis) agar pembaruan segera dihapus oleh sistem.

Jika pada beberapa tombol sudah dicoba dan masih belum bisa masuk ke menu Advanced Startup, berarti Anda membutuhkan USB bootable agar dapat masuk ke menu tersebut melalui Windows repair.

Demikian saja yang dapat Fajrinfo sampaikan dalam artikel Mengatasi Windows 10 Layar Hitam Setelah Pasang Update KB4103721 ini. Semoga Anda berhasil dalam mengatasinya.

Fajrinfo akan berusaha selalu update dan menyampaikannya mengenai masalah yang terjadi pada Windows 10 April yang mengalami layar hitam setelah Pasang Update KB4103721 ini.

Berlangganan artikel tentang teknologi informasi terbaru via email :

0 Response to "Mengatasi Windows 10 Layar Hitam Setelah Update"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel