Inilah Daftar Perangkat Yang Dapat Dipasang Android 9.0 Pie ROM Port

Berikut ini adalah daftar perangkat yang sangat banyak yang dapat dipasang ROM Port Android 9.0 Pie. Sebagian besar ROM yang tercantum di bawah ini adalah hasil porting tidak resmi dari LineageOS, AOSP dan Carbon ROM.

Jika kamu memiliki ponsel Android yang telah di-root dan menginstal TWRP di dalamnya, maka kamu dapat merasakan Android Pie sekarang juga.

Inilah Daftar Perangkat Yang Dapat Dipasang Android 9.0 Pie ROM Port

Setiap bulan Google merilis nomor adopsi untuk berbagai versi Android. Angka-angka tersebut memberi kita gambaran tentang seberapa cepat versi terbaru Android dapat menjangkau pengguna atau versi Android mana yang masih menjadi topik paling populer dan menarik lainnya.

Akan tetapi, jika kamu memperhatikan, setelah beberapa saat jumlah untuk versi Android terbaru meningkat lebih cepat daripada sebelumnya. Hipotesis saya adalah, itu terjadi karena Custom ROM mulai membuat komunitas mereka pada perangkat yang lebih lama dan hampir terlupakan.

Android 9.0 Pie dirilis sekitar sebulan yang lalu dan kita sudah melihat porting-nya untuk banyak perangkat yang benar-benar tidak mendapat pembaruan secara resmi.

Karena secara resmi, hingga saat ini Android 9.0 Pie hanya tersedia untuk perangkat Google Pixel / Pixel XL, Google Pixel 2 / Pixel 2 XL, dan Essential Phone.

Meskipun ada perangkat lain yang menjalankan versi beta Android Pie resmi seperti OnePlus 6. Perangkat ini, serta beberapa perangkat lainnya, akan segera menerima pembaruan Android Pie resmi dari perusahaan mereka masing-masing.

Beberapa perusahaan OEM seperti Sony telah mengumumkan rencana pembaruan Android 9.0 mereka. Beberapa perangkat yang akan menerima pembuatan Android Pie resmi dalam waktu dekat adalah :

- Nokia 7 Plus

- OnePlus 6

- OPPO R15 Pro

- Sony Xperia XZ2

- Vivo X21UD

- Vivo X21

- Xiaomi Mi Mix 2S

Fitur Unggulan Android Pie


Jika kamu lupa atau entah bagaimana bisa kamu tidak mengetahuinya, sedangkan Fajrinfo telah mengulas pembahasan ini sebelumnya, berikut adalah sekilas beberapa fitur baru dan keren yang ada pada Android 9.0 Pie.

Adaptive Battery


Android Pie menggunakan teknologi pembelajaran mesin AI (Artificial Inteligence) untuk menentukan pola pemakaian kamu sebagai pengguna.

Teknologi ini membantu sistem dalam memprioritaskan daya baterai untuk aplikasi dan layanan yang paling sering kamu gunakan. Google mengatakan, fitur ini akan menghasilkan penghematan daya hingga 30% saat membuka aplikasi.

Adaptive Brightness


Mungkin kamu berpikir bahwa fitur ini sudah tersedia pada smartphone Android sejak lama, akan tetapi fitur Adaptive Brightness yang ada pada Android Pie tentu berbeda.

Adaptive Brightness memperkenalkan AI pada pengaturan kecerahan. Ia akan mempelajari preferensi pengguna dan kondisi lingkungan untuk memberikan tingkat kecerahan yang lebih optimal secara otomatis.

Navigation Gestures




Android Pie mengubah tab navigasi Android menggantikan tiga tombol ikonik dengan satu tombol pill di bagian tengah. Tombol kembali masih muncul saat dibutuhkan meskipun terlihat sedikit berbeda. Segala sesuatu yang lain dapat ditangani oleh tombol pill saja.

Geser ke atas untuk sampai ke layar ikhtisar yang agak mirip dengan layar terbaru kecuali memiliki dock dan tab pencarian Google. Jentikkan tombol pill ke kanan dan kamu dapat beralih antar aplikasi dengan cepat.

Menggeseknya ke arah kanan akan menampilkan layar terbaru dan tombol pill menjadi bar gulir yang dapat membuatmu meluncur cepat melalui aplikasi terbaru.

App actions and slices


App actions and slices adalah tindakan mendalam yang biasanya kamu temukan di dalam aplikasi, terlihat di sekitar antarmuka sistem kamu, di berbagai bagian seperti Launcher, Smart Text Selection, Play Store, aplikasi Google Penelusuran, dan Assistant.

Digital Wellbeing


Fitur ini masih dalam pengujian beta dan saat ini hanya tersedia untuk pengguna Google Pixel, tapi mungkin akan menjadi bagian dari pembaruan Android 9.1. Pada dasarnya ini adalah dasbor baru di setelan Android dimana kamu dapat melihat seberapa sering, kapan, dan untuk berapa lama menggunakan aplikasi di ponsel.

Dasbor juga dapat membuat kamu untuk mengatur jumlah menit yang diizinkan untuk menggunakan setiap aplikasi untuk membatasi diri kamu sendiri.

Fajrinfo telah membahas fitur-fitur baru pada Android Pie saat merilis pertama kalinya. Banyak hal yang berubah dalam Android 9.0 Pie ini. Kamu dapat melihat daftar fitur Android Pie tersebut untuk informasi yang lebih terperinci.

Daftar Perangkat Yang Mendapatkan ROM Port Android 9.0 Pie


Google

- Google Nexus 4 (Unlegacy Android Project)

- Google Nexus 5 (Unlegacy Android Project)

- Google Nexus 5X (PieX)

- Google Nexus 6 (CarbonROM)

- Google Nexus 6P (StatiXOS)

- Google Nexus 10 (AOSP)

Huawei

- Huawei Mate 10 (AOSP)

- Huawei Mate 10 Lite (AOSP)

- Huawei Mate 10 Pro (AOSP)

- Huawei Nova 2i (AOSP)

- Huawei P20 Lite (AOSP)

- Huawei P20 Pro (AOSP)

- Huawei P8 Lite 2017 (AOSPCypherOS)

- Huawei P10 Lite (CypherOS)

- Honor 6X (AOSP)

- Honor 7X (AOSP)

- Honor 8 Lite (CypherOS)

- Honor 8 Pro (AOSP)

- Honor View 10 (AOSPCypherOS)

Lenovo

- Lenovo A6000/Plus (Team Legacy AOSP)

- Lenovo Zuk Z1 (Pixel ExperienceCosmicOS)

- Lenovo Zuk Z2 (Plus) (Pixel ExperienceNitrogenOSAOSPExtended)

- Lenovo Zuk Z2 (Pro) (AOSPExtended)

Motorola

- Motorola Moto E 2015 (LineageOS)

- Motorola Moto G (XPerience)

- Motorola Moto G 2014 (LineageOS 16XPerience 13.0)

- Motorola Moto G 2015 (AOSPPixel ExperiencePixysOSUltraAOST)

- Motorola Moto G5 Plus (ArrowOS)

- Motorola Moto Z Play (AOSP)

OnePlus

- OnePlus One (POSPArrowOS)

- OnePlus X (AOSP)

- OnePlus 2 (AOSPPixel Experience)

- OnePlus 3 (AOSPPixel ExperienceNitrogenOSHavocOSLineageOS 16)

- OnePlus 3T (AOSPPixel ExperienceNitrogenOSHavocOSLineageOS 16)

- OnePlus 5 (AOSPPixel ExperiencecrDroid)

- OnePlus 5T (AOSPcrDroid)

Samsung

- Samsung Galaxy Note 3 (POSP)

- Samsung Galaxy Note 10.1″ (2014) (LineageOS 16)

- Samsung Galaxy S4 Mini (AOSP)

- Samsung Galaxy Tab S2 (LineageOS 16 for T713 dan LineageOS 16 for T813)

Xiaomi

- Xiaomi Mi 3 (AOSP)

- Xiaomi Mi 4 (AOSP)

- Xiaomi Mi 5 (Syberia ProjectLineageOS 16)

- Xiaomi Mi 5s (LineageOS 16)

- Xiaomi Mi 5s Plus (LineageOS 16)

- Xiaomi Mi 6 (NitrogenOS)

- Xiaomi Mi A1 (AOSPLineageOS 16)

- Xiaomi Redmi 3s (LineageOS 16)

- Xiaomi Redmi 4A (LineageOS 16Syberia Project)

- Xiaomi Redmi 4X (AOSPLineageOS 16)

- Xiaomi Redmi 5A (CarbonROMPixelExperience)

- Xiaomi Redmi Note 3 (AOSPPixelExperienceLineageOS 16)

- Xiaomi Redmi Note 4 (AOSPLineageOS)

- Xiaomi Redmi Note 5 Pro (AOSPPixel ExperiencePE Extended)

Demikianlah! Jika kamu memiliki salah satu perangkat yang tercantum di atas, pergilah ke link perangkat masing-masing, lalu download ROM dan ikuti petunjuk untuk mem-flash-nya. Daftar ini didasarkan pada artikel yang dipublikasikan oleh blog XDA.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama