Apa Fungsi Storage Sense Pada Windows 10 October 2018 Update?

Apa Fungsi Storage Sense Pada Windows 10 October 2018 Update?

Windows 10 October 2018 Update akan meluncur bulan depan yang dilengkapi dengan beberapa perbaikan dan fitur baru seperti Cloud Clipboard. Microsoft menambahkan fitur menarik lainnya ke sistem operasi Windows 10 October 2018 Update yang akan membebaskan ruang disk perangkatmu saat diperlukan.

Selain pembersihan disk lama, Windows 10 juga dilengkapi dengan Storage Sense built-in yang pada dasarnya berfungsi untuk membersihkan file sampah yang tersisa setelah pembaruan, unduhan, dan aktivitas serupa lainnya.

Pada Windows 10 October 2018 Update, Storage Sense mendapatkan fitur baru nan keren yang akan dapat secara otomatis menghapus konten OneDrive yang diunduh dan sudah lama, tidak digunakan, dan disimpan dalam cache.

Dengan kata lain, Storage Sense akan menemukan dan menghapus file-file cloud yang lama, tidak terpakai, dan di-cache yang telah dibuat secara lokal setelah pengguna melihat file OneDrive melalui placeholder pada File Explorer.

“Kami menambahkan kemampuan baru dan membuat sedikit perubahan pada perilaku Storage Sense. Karena kini Storage Sense memiliki kemampuan untuk membebaskan ruang disk secara otomatis dengan membuat file yang lama, tidak terpakai, tersedia secara lokal hanya tersedia secara online,” Microsoft menjelaskan.

Namun fitur ini tidak akan melakukan penghapusan terhadap file lokal kamu yang tidak disinkronkan ke OneDrive.

Bagaimana Kinerja Storage Sense Yang Baru?


Windows 10 hadir dengan fitur OneDrive Files On-Demand yang pada dasarnya merupakan placeholder modern untuk konten OneDrive dan membuatmu dapat dengan mudah menelusuri file yang tersimpan pada OneDrive tanpa benar-benar mengunduhnya.

“Ketika mengaktifkan File On-Demand, kamu akan melihat semua file ada di dalam File Explorer dan mendapatkan informasi baru tentang setiap file,” Microsoft menjelaskan.

Baca juga : Cara Mengatasi Instal Ulang Windows 10 Yang Bermasalah

Windows mengunduh file OneDrive disaat kamu mencoba untuk membukanya dan perilaku ini akan meninggalkan beberapa konten pada cache sistem perangkat serta memakan ruang pada drive lokal tanpa alasan.

Apa Fungsi Storage Sense Pada Windows 10 October 2018 Update?

“Disaat kamu membuka file dalam keadaan online, maka file itu akan diunduh ke perangkat dan menjadi file yang tersedia secara lokal. Kamu dapat membuka file yang tersedia secara lokal kapan saja, bahkan tanpa akses internet sekalipun,” Microsoft menjelaskan.

Apa Fungsi Storage Sense Pada Windows 10 October 2018 Update?

Pada Windows 10 October 2018 Update, Microsoft membuat beberapa perubahan besar yang dapat menghapus file yang belum digunakan dalam jangka waktu 30 hari terakhir.

Namun demikian sistem Windows tidak akan menghapus konten cache / unduhan dari OneDrive jika sistem operasi tidak kehabisan penyimpanan. "Kami melakukan ini agar kami dapat menyimpan file kamu secara lokal semaksimal mungkin," Microsoft menjelaskan.

Sebenarnya fitur Storage Sense ini sudah ada pada versi Windows 10 April 2018 Update. Namun dalam update major untuk Windows 10 October 2018 Update, fitur ini lebih ditingkatkan lagi dalam hal kemampuan dan performanya.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Apa Fungsi Storage Sense Pada Windows 10 October 2018 Update?"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel