Aplikasi WhatsApp Android Bakal Bisa Kirim Uang? Bagaimana Caranya?

Aplikasi WhatsApp Android Bakal Bisa Kirim Uang? Bagaimana Caranya?

WhatsApp - Aplikasi trending ini benar-benar membuat kejutan. Selain menjadi aplikasi pesan instan favorit, WhatsApp rupanya ingin merambah ke pasar transfer uang. Baru-baru ini WhatsApp meluncurkan fitur kirim uang antar pengguna berbasis UPI atau Unified Payment Interface.

UPI adalah sistem pembayaran real-time instan yang dikembangkan oleh National Payment Corporation of India yang memfasilitasi transaksi antar bank dengan bekerja langsung pada platform seluler.

Mekanisme transfer melalui WhatsApp itu akan mengandalkan sistem "Stablecoin" buatan WhatsApp sendiri dan Facebook selaku perusahaan induknya. Stablecoin adalah sejenis mata uang digital yang dikaitkan ke dollar AS untuk meminimalisir adanya fluktuasi nilai.

Kini fitur pembayaran WhatsApp telah mulai diluncurkan di India menggunakan WhatsApp pada versi terbaru 2.18.46. Pasalnya pengguna WhatsApp di India adalah yang terbesar, yaitu sekitar 200 juta orang - setara dengan 60% populasi AS dan pengguna aktif harian sekitar 20 kali lebih tinggi dari pada Paytm.

Selain itu juga sepanjang tahun 2017 lalu, menurut keterangan dari World Bank, India telah menerima remitansi (pasar transfer uang) senilai 69 miliar dollar AS dari warganya yang bekerja di luar negeri. Oleh karena itulah WhatsApp menargetkan India sebagai sasaran utama bagi fitur barunya ini.

Beruntung sekali ya India menjadi negara pertama yang dapat menggunakan fitur terbaru ini.

Tapi bagi kamu yang tertarik, tenang saja, sebab kabarnya WhatsApp akan mulai menerapkan fitur ini di berbagai negara secara bertahap. Facebook sendiri telah lama terjun ke bisnis layanan finansial setelah merekrut mantan presiden PayPal, David Marcus, untuk menjalankan layanan Messenger pada tahun 2014.

Sang raksasa jejaring sosial tersebut diketahui memiliki tim yang beranggotakan sekitar 40 orang dan khusus untuk mengembangkan teknologi blockchain terkait mata uang digital. Bahkan sang juru bicara Facebook membenarkan tentang keberadaan tim tersebut.

Lalu Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Dalam Mentransfer Uang?


Dikutip dari techsavvybox.com, beginilah cara mengirim uang dengan sistem digunakan oleh aplikasi WhatsApp :

1. Download atau upgrade Aplikasi WhatsApp terbaru minimal versi 2.18.46.

2. Siapkan pengaturan pembayaran dengan cara mengklik ikon lampiran yang terdapat dalam kotak pesan WhatsApp.

3. Kemudian klik ikon pembayaran / payment.

4. Setelah itu terima persyaratan dan kebijakan privasi untuk melanjutkan proses.

5. Pilih bank yang akan Anda gunakan untuk mengirim dan menerima uang. Jika bank Anda belum terdaftar maka Anda tidak dapat menggunakan fitur pembayaran. Sementara dalam fitur ini ada beberapa bank yang belum terdaftar.

Baca : Cara Download Dan Mengubah Tampilan WhatsApp Theme (Tanpa ROOT)

6. Pada langkah selanjutnya WhatsApp akan menunjukkan kepada Anda akun-akun yang ditautkan di nomor telepon Anda. Setelah memilih akun, maka verifikasi kartu debit / kredit yang tertaut ke akun Anda. Dan jangan lupa Anda harus menyiapkan PIN UPI

Aplikasi WhatsApp Android Bakal Bisa Kirim Uang? Bagaimana Caranya?

7. Setelah pengaturan selesai, pengguna akan dapat mengirim dan menerima daftar uang WhatsApp. Perhatikan bahwa pengguna lain juga harus memiliki pengaturan pembayaran untuk dapat mengirim uang tersebut. Fitur saat ini diluncurkan untuk Android, sehingga Anda tidak akan dapat mengirim uang kepada siapa pun menggunakan WhatsApp di iOS.

8. Untuk mengirim uang, buka obrolan kontak yang diinginkan dan ketuk ikon Pembayaran di bawah opsi lampiran. Kemudian Anda dapat memasukkan jumlah nominal uang yang ingin Anda kirim.

Aplikasi WhatsApp Android Bakal Bisa Kirim Uang? Bagaimana Caranya?

9. Setelah memasukkan jumlah, masukkan PIN UPI Anda untuk menyelesaikan transfer. Uang akan dikirim ke kontak Anda setelah pembayaran berhasil diproses. Anda akan tahu uang telah dikirim ketika status menunjukkan lengkap. Demikian pula, Anda akan menerima pemberitahuan ketika Anda menerima pembayaran dari kontak WhatsApp Anda.

10. Apabila langkah-langkah yang Fajrinfo sampaikan di atas telah dilakukan dengan baik, maka Anda harus menunggu pesan konfirmasi terlebih dahulu dari bank Anda melalui SMS atau email tentang transaksi ini.

Begitulah cara menggunakan fitur kirim uang dengan WhatsApp. Untuk sementara ini tunggu saja kehadiran fitur berkirim uang pada aplikasi ini di Indonesia. Bagaimana menurut Anda mengenai fitur baru yang akan disematkan oleh Facebook pada WhatsApp ini?

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi WhatsApp Android Bakal Bisa Kirim Uang? Bagaimana Caranya?"

Posting Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel