Cara Root & Instal TWRP Recovery Pada Ponsel Nokia 6.1 Dan Nokia 6.1 Plus

Cara Root & Instal TWRP Recovery Ponsel Nokia 6.1 Dan Nokia 6.1 Plus

Dalam tutorial Fajrinfo kali ini, kita akan melihat bagaimana kita dapat melakukan root pada ponsel Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus serta menginstal TWRP recovery pada kedua ponsel tersebut. Jika Nokia 6.1 atau 6.1 Plus Anda berada pada versi Android Oreo atau Pie, maka Anda dapat me-root perangkat tersebut.

Nama Nokia pasti membawa kembali ke nostalgia. Di bawah HMD Global, merek Nokia telah dihidupkan kembali untuk bersaing di pasar ponsel cerdas (smartphone) sekali lagi, kali ini dengan Android.

Nokia umumnya bersaing dalam segmen low-budget dan segmen mid-range, tapi tidak seperti pemain lain di segemen tersebut. Jika Xiaomi, Honor, dan lainnya bergantung pada harga agresifnya, tapi perangkat Nokia selalu diberi harga lebih tinggi atas nama merek nostalgia mereka.

Nokia melakukan banyak hal dengan benar meskipun termasuk pembaruan perangkat lunak yang tepat waktu dan pengalaman Android bawaan yang bersih.

Nokia 6.1 Plus, misalnya, sudah berada pada pembaruan keamanan November terbaru. Jika Anda termasuk pengguna Nokia 6.1 atau Nokia 6.1 Plus, maka sekarang Anda dapat menginstal TWRP recovery dan melakukan root pada perangkat tersebut.

Karena kedua perangkat ini memiliki kernel dan dasar yang sama, serta memiliki skema partisi A / B yang sama dengan Nokia 7 Plus, maka build TWRP recovery telah didasarkan pada TWRP untuk Nokia 7 Plus. TWRP recovery unofficial untuk kedua perangkat ini dikembangkan oleh developer Maherabed1986.

Peringatan Penerapan Root Dan Modifikasi Ponsel Android


Mungkin Anda sudah tahu, bahwa rooting akan membatalkan garansi perangkat Anda. Untuk me-root perangkat, Anda akan mengandalkan alat dan perangkat lunak pihak ketiga. Tidak satu pun dari pihak ketiga ini, maupun Fajrinfo, bertanggung jawab jika perangkat Anda mengalami masalah atau kerusakan.

Anda harus memahami resiko yang akan dihadapi dan bertanggung jawab penuh atas tindakan Anda sendiri. Anda dapat melanjutkan dengan keyakinan bahwa metode ini akan berhasil.

Namun ada yang salah. Dalam hal ini Anda harus memahami bahwa Anda telah kami diperingatkan, dan Anda masih tetap melakukannya juga. Oleh karena itu, Fajrinfo tidak dapat dimintai pertanggung jawaban atas kerusakan apapun pada perangkat yang Anda miliki.

Persyaratan


- Ponsel Nokia 6.1 dan / atau Nokia 6.1 Plus dengan status bootloader yang tidak terkunci (unlocked).

- Komputer Windows dengan ADB fastboot yang diinstal dan diatur. Jika Anda belum menginstal ADB dan Fastboot, silahkan untuk menginstal ADB dan Fastboot terlebih dahulu.

- Anda juga perlu menginstal Driver USB Nokia terbaru agar dapat bekerja pada perangkat Windows.

- Aktifkan USB debugging dan OEM Unlock di perangkat Anda.

- Pastikan bahwa ponsel Nokia 6.1 dan / atau Nokia 6.1 Plus Anda setidaknya memiliki 70% daya baterai.

- Proses ini tidak mengharuskan Anda memformat perangkat Anda, namun tetap saja, pastikan Anda telah mencadangkan segala sesuatu yang penting, termasuk file dan folder di penyimpanan internal perangkat ponsel Nokia Anda.

Download

- TWRP Recovery image for Nokia 6.1

- TWRP Recovery image for Nokia 6.1 Plus

- Magisk 18.0 [source: topjohnwu] (Download dan transfer file Magisk zip ke penyimpanan perangkat Anda)

[Opsional] Ganti nama file recovery image yang telah diunduh menjadi twrp.img lalu letakkan di folder ADB.

Baca juga : Cara Modifikasi Suara Dentuman Speaker Ponsel Android Dengan ViPER4Android

Instal TWRP Di Nokia 6.1 & Nokia 6.1 Plus


1- Hubungkan perangkat Nokia Anda ke komputer / laptop menggunakan kabel USB, lalu jalankan ADB. Di Windows, cukup buka folder adb dan masukkan cmd di bilah alamat (address bar -atas). Jika memiliki Minimal ADB & Fastboot, Anda dapat mencarinya dan mengkliknya untuk menjalankannya.

Cara Root & Instal TWRP Recovery Ponsel Nokia 6.1 Dan Nokia 6.1 Plus

2- Setelah ponsel Nokia Anda terhubung ke komputer / laptop, masukkan perintah berikut untuk me-reboot ponsel Anda ke mode fastboot menggunakan perintah berikut.

adb reboot bootloader

Anda mungkin perlu memberikan izin USB debugging di ponsel Anda jika belum pernah melakukan ini sebelumnya.

3- Sekarang lakukan flash TWRP image yang telah diunduh dengan perintah ini.

fastboot flash boot twrp.img

4- Jika Anda belum mengganti nama file recovery dan menempatkannya di folder adb, maka Anda harus memasukkan jalur penyimpanan lengkap dan nama file image yang benar ke dalam perintah.

fastboot flash boot /path/to/original_file_name.img

5- Setelah proses flashing selesai, silahkan reboot perangkat ponsel Nokia Anda dengan perintah yang diberikan di bawah ini.

fastboot reboot

Root Ponsel Nokia 6.1 & Nokia 6.1 Plus


1. Dengan perangkat Anda masih terhubung ke komputer, silakan reboot ke sistem recovery menggunakan perintah adb berikut.

adb reboot recovery

2. Perangkat Anda sekarang harus reboot ke dalam TWRP recovery. Pada halaman utama TWRP, pilih Install.

3. Arahkan ke file Magisk zip yang telah diunduh menggunakan TWRP file explorer dan pilih itu.

4. Gesek ke bagian bawah untuk mem-flash file zip lalu ketuk tombol Reboot system yang muncul setelah proses flashing selesai.

Nah selesai! kini Anda telah berhasil menerapkan root pada ponsel Android Nokia 6.1 atau Nokia 6.1 Plus yang Anda miliki, dan Anda juga telah berhasil menginstal TWRP recovery di dalamnya karena akan bermanfaat untuk modifikasi ponsel sesuai keinginan.

Artikel cara root & instal TWRP recovery untuk ponsel Android Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus ini bersumber dari xda. Jika Anda mengalami kendala atau masalah dalam pemasangan ataupun lainnya, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah ini.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Cara Root & Instal TWRP Recovery Pada Ponsel Nokia 6.1 Dan Nokia 6.1 Plus"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel