Cara Cepat Mengaktifkan OEM Unlocking Pada Perangkat Android

Jika sering mengotak-ngatik (modifikasi) Android, mungkin Anda pernah mendengar istilah yang disebut dengan "OEM Unlocking". Meskipun mengubah wallpaper segar, menggunakan nada dering juga merupakan semacam penyesuaian, tapi disini kita menekankan pada yang unofficial (tidak resmi). Hari ini kita akan belajar cara mengaktifkan OEM unlocking.

Cara Cepat Mengaktifkan OEM Unlocking Pada Perangkat Android (2018)

Kini kita berada di tahun 2018 dan pengembangan unofficial sedang berlangsung pada hampir semua handset Android populer. Jika Anda baru saja menginjak dunia saat rooting dan ROM khusus, maka kisah hari ini akan sangat membantu Anda.

Dalam panduan hari ini, Fajrinfo akan memberi Anda informasi mendalam tentang bagaimana cara membuka kunci bootloader perangkat Android.

Cara Cepat Mengaktifkan OEM Unlocking Pada Perangkat Android (2018)

Mengapa Harus Membuka / Unlock Bootloader?


Pertanyaan pertama yang muncul adalah mengapa diperlukan untuk membuka kunci bootloader. Bootloader dapat dipahami sebagai serangkaian instruksi yang diberikan ke perangkat Android Anda sehingga sistem operasi dapat dimuat. Program ini memberikan izin penting ke perangkat.

Baca juga : Cara Mudah Me-Root Sistem Semua Ponsel Android Terbaru

Akan tetapi jika seseorang ingin me-root perangkat, maka dia harus menghapus pembatasan bootloader itu karena rooting untuk saat ini dianggap sebagai proses yang tidak resmi.

Dan untuk memperbolehkannya, Anda harus menghilangkan perizinan yang ada dan hanya dapat dilakukan dengan cara membuka kunci / unlock bootloader perangkat Android.

Apa Gunanya OEM Unlocking Bagi Android?


Ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan dan menurut Fajrinfo, hal itu tergantung pada masing-masing pengguna. Jika Anda tahu cara memanfaatkannya, tindakan itu termasuk langkah besar, namun bagi seorang pemula, hal itu bisa sangat menjengkelkan.

Umumnya, pengguna mencoba membuka kunci / unlock bootloader untuk menginstal custom recovery dan kebanyakan dari mereka akhirnya kehilangan data mereka tanpa membackupnya terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, pertama-tama Fajrinfo sarankan Anda untuk mengambil cadangan perangkat Android sebelum memulai proses rooting, unlocking atau flashing. Satu masalah besar melakukan tindakan ini adalah akan membatalkan garansi perangkat Android Anda.

Bagaimana Cara Mengaktifkan OEM Unlocking Pada Perangkat Android?


1. Langkah pertama, Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang pada perangkat Android.

2. Lompat ke menu pengaturan - tentang telepon dan disini Anda akan menemukan kode nomor build.

3. Ketuk nomor build perangkat tersebut sebanyak 7 kali dan sebuah pesan akan ditampilkan “Anda sekarang adalah pengembang”.

4. Kemudian kembali ke menu Pengaturan dan disini opsi baru akan tersedia, yaitu yang bernama "Opsi pengembang".

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi Dengan Hanya Menggunakan Ponsel Android

5. Jika Anda menjalankan perangkat dengan Android Nougat / Oreo, maka opsi "OEM Unlocking" akan ada disana.

6. Klik pada opsi ini dan kemungkinan besar perangkat akan meminta PIN, Sandi atau pola perangkat Anda.

7. Cukup ketikkan kata sandi Anda dan ketuk ya jika perangkat meminta konfirmasi untuk menerapkannya, dan lalu selesai.

8. Akhirnya, Anda telah membuka kunci / unlock bootloader perangkat Android yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara mengaktifkan OEM Unlocking, silahkan sampaikan komentar di bawah ini. Fajrinfo sangat senang jika dapat menyelesaikan masalah untuk Anda. Anda juga dapat mengetahui cara mengaktifkan mode debug pada perangkat Android.

15 Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

  1. Min hp ane j7pro tiba2 touchscreen gak fungsi di android oreo lalu ane bawa ke service software katanya harus downgrade ke nowgat dan setelah itu nyari OEM unluck di opsi pengembang tidak ada,mohon bantuannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko aneh ya timbul masalah touchscreen? Emang si masnya menggunakan cara upgrade yang bagaimana? Menggunakan firmware asli apa custom ya?

      Hapus
  2. Bagai mana memunculkan kembali oem yg hilang setelah hardriset

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bisa dijelaskan masalahnya yang lebih spesifik lagi? Boleh dari kronologinya atau efek yang terjadi karena masalah itu gitu?

      Hapus
  3. Oem Unlock Di Developer Option Today Ada Bagaimana Cara Mengatasinya, Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diperjelas tentang masalah yang sedang terjadi pada perangkat yang kamu gunakan?

      Hapus
  4. Saya kan sudah customrom hp saya (samsung j5) ke aosp kok malah OEM hilang dari opsi pengembang?

    BalasHapus
  5. Saya kan sudah customrom hp saya (samsung j5) ke aosp kok malah OEM hilang dari opsi pengembang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menggunakan Custom ROM, maka sistem dalam ponsel akan menggunakan sistem Android versi bawaan dari Google. Sehingga tidak akan menemukan opsi atau fitur Unlock OEM karena sistem keamanan OEM disematkan dari produsen ponsel itu sendiri, dalam hal ini dari Samsung.

      Hapus
  6. kak mau tanya..samsung galaxy j7core saya bru update os pie setelah update toch screen tidak fungsi sama sekali?? gimna yah solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sisten ROM terlalu banyak untuk diload. Kalo saran saya sih sebaiknya direset terlebih dahulu lalu lakukan flashing menggunakan OS terbaru.

      Hapus
  7. Tanya
    Kenapa ya.. saat mau aktifin oem, tapi oemnya gak mau aktif ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ponsel yang digunakan model apa? Coba aktifinnya dalam kondisi terkoneksi internet yang stabil, atau kalau tida coba reboot ponsel terlebih dahulu.

      Hapus
  8. mas, saya mau tanya,, saya mau update os ke aosp maaf baru pemula.. saya pakai zte bladd l3 knpa ya tidak ada oem unlocknya ? saya tidak bisa aktifkan karena tidak ada menunya di opsi pengembang, saya coba difastboot failed ms.. mhon dibantu caranya unuknmunculin oemnya,, atau mnkin metode lain.. makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika membuka Opsi Pengembang (Developer Options) harap ponselnya dalam kondisi terkoneksi internet yang kencang dan stabil ya.

      Hapus

Posting Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Lebih baru Lebih lama