Windows 7 KB4480970 Menyebabkan Masalah Jaringan Pada Beberapa Komputer - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Jumat, 11 Januari 2019

Windows 7 KB4480970 Menyebabkan Masalah Jaringan Pada Beberapa Komputer

Windows 7 KB4480970 Menyebabkan Masalah Jaringan Pada Beberapa Komputer

Pada hari Selasa, Microsoft mulai meluncurkan Windows 7 KB4480970 yang dilaporkan merusak pengaturan jaringan pada beberapa sistem. Menurut berbagai laporan dari forum, Windows 7 KB4480970 menyebabkan masalah jaringan pada beberapa komputer.

Jika Anda menginstal pembaruan kumulatif Januari 2019 di perangkat Windows 7 yang ada di jaringan yang menggunakan SMBv2, maka Anda akan mengalami masalah konektivitas jaringan yang tidak terduga.

Sebuah berkas pada administrator sistem, Sub Reddit mengungkapkan bahwa SMBv2 tidak dapat terhubung lagi setelah menginstal update patch ini. Admin dengan jaringan menggunakan saham SMBv2 melaporkan bug.

"Waduh ... 3 pelanggan menelepon kantor saya pagi ini karena mereka tidak lagi dapat mengakses shared folder mereka. Butuh waktu terlalu lama untuk menemukan solusinya. Menghapus pembaruan KB4480970 berhasil,” seorang pengguna melaporkan dalam diskusi Reddit.

Windows 7 KB4480970 dan KB4480960 Menyebabkan Masalah Jaringan SMBv2


Dari sudut pandang masalah, baik rollup KB4480970 bulanan dan KB4480960 keamanan saja, dapat menyebabkan jaringan di Windows 7 menjadi break. Setelah menginstal patch Januari 2019, mungkin Anda tidak akan dapat mengakses shared network.

“Kami mengalami masalah yang sama pada server Windows 2008 R2. Kami juga tidak dapat mengautentikasi dengan server TFS kami yang dihosting pada kotak yang sama,” pengguna lain mencatat yang kemudian mengkonfirmasi bahwa dengan menghapus update patch akan memperbaiki masalah.

Para pengguna lain juga telah mendokumentasikan masalah ini di Twitter.

Error ‘The Handle is Invalid’ Pada Windows 7


Admin telah menemukan bahwa pembaruan mengganggu jaringan melalui file shared protocol SMBv2. Masalah Windows 7 ini mengakibatkan kesalahan STATUS_INVALID_HANDLE saat bekerja dengan koneksi SMBv2.

Dalam ulasan yang diposting dalam forum Microsoft TechNet, pengguna melaporkan bahwa KB4480970 menyebabkan masalah pada Windows 2008 R2 Server. Laporan itu juga mengungkapkan bahwa dengan menghapus instalan pembaruan dapat memperbaiki masalah.

Sementara konektivitas jaringan harus dipulihkan setelah menghapus pembaruan patch, penghapusan update juga akan mengembalikan patch keamanan Januari 2019.

Menurut pengguna Reddit, Anda dapat menjalankan perintah di command prompt yang ditinggikan untuk memodifikasi Registry Windows dan mengatasi masalah tersebut. Anda harus melakukan ini hanya jika sistem menghosting bagian tersebut.

Seperti Redditor lain, perintah ini dapat menghentikan UAC dari menghapus grup admin melalui token Anda saat menyambungkan ke remote share dan itu mungkin merupakan masalah keamanan potensial.

Buka Command Prompt dengan hak 'as Administrator', lalu jalankan perintah berikut ini :

reg add HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\system /v LocalAccountTokenFilterPolicy /t REG_DWORD /d 1 /f

Setelah itu restart perangkat komputer / laptop Anda.

Baca juga : Beginilah Cara Mencegah Windows Melakukan Update Secara Otomatis

Jika Anda tidak mau melakukan ini, Anda dapat menghapus instalan pembaruan. Namun, ini akan menghapus patch keamanan yang berakibat pada cacat PowerShell dan menambahkan mitigasi tambahan untuk serangan saluran samping Meltdown dan Specter.

Menurut changelog, rollup bulanan dan pembaruan keamanan-saja mencakup perbaikan untuk kerentanan keamanan dalam sesi isolasi yang mengenai titik akhir jarak jauh PowerShell. Selain itu, Anda tidak lagi dapat mengonfigurasi PowerShell remote endpoint agar berfungsi pada akun non-administrator.

Ini juga termasuk perubahan untuk melindungi dari Spekulative Bypass Store untuk komputer yang berbasis AMD. Jika Anda masih ingin melanjutkan, inilah cara agar Anda dapat menghapus dan sementara menyembunyikan pembaruan Januari 2019.

Cara Memperbaiki Masalah SMBv2 Yang Disebabkan Oleh Windows 7 KB4480970


- Buka Windows Control Panel dan arahkan ke Program and Features > Installed Updates yang mencantumkan semua pembaruan terbaru yang diinstal pada sistem.

- Anda dapat menelusuri daftar secara manual dan menemukan pembaruan dengan kode awalan KB.

- Setelah ditemukan, klik kanan lalu pilih Uninstall dari context menu.

- Windows akan menghapus instalan pembaruan.

- Reboot / restart perangkat, setelah itu Anda akan dapat mengakses jaringan lagi.

Anda juga dapat memblokir pembaruan ini agar tidak diunduh dan diinstal secara otomatis lagi. Untuk melakukan hal ini, buka Windows Update di Control Panel, lalu cari Update dan klik kanan untuk menyembunyikannya.

Pada masalah ini, belum jelas berapa banyak perangkat yang terpengaruh oleh kesalahan ini, tapi mengingat jumlah keluhan dari administrator di Reddit, terdapat banyak pelanggan yang mengalaminya.

Pada saat menulis artikel ini, Microsoft masih belum membagikan solusi untuk mengatasi masalah yang diakibatkan oleh permbaruan ini.

Pada catatan terkait, dukungan Windows 7 akan berakhir dalam satu tahun ke belakang. Sistem operasi akan berhenti menerima pembaruan kumulatif bulanan setelah Januari 2020, sehingga pelanggan memiliki sekitar 12 bulan kurang untuk mulai merencanakan migrasi.

Apakah Anda juga mengalami masalah jaringan setelah menginstal pembaruan Windows 7 terbaru? Beritahu Fajrinfo dengan menyampaikannya pada kolom komentar di bawah.

Disclaimer: Artikel tentang masalah jaringan pada Windows 7 ini sepenuhnya didasarkan pada Reddit dan posting forum. Fajrinfo tidak mengklaim jaminan tentang keakuratan atau kelengkapan dalam artikel ini atau halaman tertaut, dan tidak akan bertanggung jawab atas apapun yang kami katakan dalam artikel ini.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK