Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis

Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis

Perangkat Windows 10 diatur untuk mengunduh dan menginstal pembaruan kumulatif terbaru (Windows Update) secara otomatis, kapan pun terhubung ke server Microsoft. Dan tidak perlu memilih pembaruan mana yang diperlukan atau tidak diperlukan.

Namun dalam beberapa kasus kadang terjadi, pembaruan khusus mungkin dapat menyebabkan masalah sementara pada perangkat Windows 10. Dan dalam hal ini kamu akan memerlukan cara untuk mencegah pembaruan yang bermasalah dari penginstalan ulang secara otomatis saat Windows Update dipasang.

Cara Menyembunyikan Windows Update Pada Windows 10


Jadi jika berada dalam situasi dimana pembaruan yang kamu pasang mengalami sistem crash atau ketidakstabilan, padahal perangkat Windows beroperasi dengan benar sebelum perubahan tersebut.

Oleh sebab itu, untuk menangani masalah ini Microsoft menyediakan alat yang disebut "Show or Hide Updates" yang dapat membantu pengguna untuk memblokir atau membatalkan pemblokiran pembaruan tertentu, termasuk pembaruan Windows 10 untuk driver, dan perangkat lunak Microsoft lainnya.

Mari kita lihat cara menggunakan alat Show or Hide Updates tool ini untuk memblokir pembaruan yang tidak diinginkan pada perangkat Windows 10.

Lihat Pembaruan Yang Diinstal Pada Windows 10


Setiap kali kamu berada pada situasi dimana pembaruan menyebabkan masalah, pertama-tama bukalah daftar pemutakhiran yang terinstal melalui Control panel. Caranya dengan mengetik update pada kotak pencarian kanan atas, lalu pilih View installed updates dari hasil. Setelah itu, kamu dapat melihat pembaruan yang saat ini telah diinstal pada komputer / laptop. Kemudian pilih pembaruan yang bermasalah, lalu klik kanan dan uninstall.

Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis

Mencegah Pembaruan Windows Sementara


Sekarang kita dapat melakukan pencegahan sementara agar sistem Windows tidak melakukan pembaruan otomatis. Download program troubleshooter Show or hide updates melalui Microsoft Download Center disini.

Kamu akan mengunduh file kecil yang bernama wushowhide.diagcab. Klik dua kali untuk membuka program troubleshooter tersebut. Kemudian klik Next untuk melanjutkan.

Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis

Alat ini mulai memeriksa pembaruan Windows 10, pembaruan aplikasi, dan pembaruan driver. Setelah beberapa detik, ia akan mengakhiri proses pencarian dan kamu akan mendapatkan dua opsi untuk dipilih : Hide updates atau Show hidden updates.

Untuk memblokir satu atau beberapa pembaruan Windows, aplikasi atau driver dari yang telah diinstal pada Windows 10, maka pilih Hide updates.

Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis

Alat ini akan menunjukkan daftar pembaruan yang tersedia yang dapat diblokir.

Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis

Perlu diingat bahwa aplikasi ini tidak memblokir semua pembaruan Windows 10, tapi hanya yang berpotensi memiliki masalah saja. Klik atau ketuk untuk memilih setiap pembaruan yang ingin kamu sembunyikan dan blokir dari pemasangan, lalu klik Next.

Nah itulah alat Show or hide updates yang dapat juga melakukan hal-hal lainnya. Dengan demikian, pembaruan akan dilewati dari instalasi pada perangkat Windows 10 kamu. Setelah selesai, alat ini akan memberi daftar pembaruan yang diblokir.

Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis

Tampilkan Pembaruan Tersembunyi


Kapan pun kamu berubah pikiran atau menemukan pembaruan yang telah diperbaiki dan ingin menginstalnya, cukup jalankan alat Show or hide updates dan ketika ditanya What you want to do?, maka klik atau ketuk Show hidden updates.

Baca juga : Cara Mengatasi Instal Ulang Windows 10 Yang Mengalami Masalah

Klik Next dan pilih pembaruan yang ingin kamu batalkan pemblokirannya dan Windows 10 dapat menginstalnya lagi secara otomatis melalui Windows Update. Klik Next dan izinkan alat untuk membuka pemblokiran pembaruan tersebut.

Sekarang ketika komputer atau perangkat Windows 10 kamu memeriksa pembaruan, maka secara otomatis akan mengunduh dan menginstal pembaruan yang kamu batalkan tadi.

Apakah tutorial yang Fajrinfo bagikan ini dapat membantu kamu untuk sementara mencegah Windows melakukan pembaruan otomatis pada Windows 10? Beritahu kami pada kolom komentar di bawah.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Pembaruan Otomatis"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel