Cara Hemat Memori Ponsel: Hentikan Unduh Otomatis Foto Dan Video WhatsApp - Fajrinfo

Kamis, Maret 07, 2019

Cara Hemat Memori Ponsel: Hentikan Unduh Otomatis Foto Dan Video WhatsApp


Cara Hemat Memori Ponsel: Hentikan Unduh Otomatis Foto Dan Video WhatsApp

Tips dan trik Fajrinfo kali ini yaitu akan mengulas tentang bagaimana caranya untuk menghentikan pengunduhan atau penyimpanan otomatis foto dan video pada aplikasi WhatsApp.

Hal ini perlu dilakukan karena pengunduhan otomatis pada WhatsApp dapat menyebabkan ruang penyimpanan ponsel (memori) menjadi cepat penuh. Dengan begitu, maka akan membuat galeri ponsel dan media pemutar musik menjadi kacau.

Hingga kini, WhatsApp telah digunakan oleh 1,2 miliar orang di seluruh penjuru dunia. Download / unduhan secara otomatis pada pesan instan milik Facebook ini menjadi masalah ketika semua file media akan tersimpan secara otomatis, mulai dari gambar, animasi GIF, file audio, juga video.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna WhatsApp wajib melakukan beberapa langkah agar dapat menghentikan WhatsApp dari melakukan penyimpanan audio dan foto secara otomatis pada ponsel, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

WhatsApp Android


Untuk menghentikan pengunduhan otomatis, aplikasi Whatsapp Android terdapat menu pilihan yang dapat membuat pengguna untuk menghentikan pengunduhan otomatis file video dan gambar agar memori ponsel tidak cepat penuh.

Pertama, bukalah aplikasi pesan instan WhatsApp pada ponsel kamu, kemudian pilih menu Pengaturan / Setelan.

Setelah itu, klik pada pilihan Penggunaan data dan penyimpanan, lalu pilih Unduh otomatis media. Maka kamu akan melihat tiga pilihan, yaitu: Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung Wi-Fi, dan Saat roaming.

Ketuk satu persatu pilihan tersebut, lalu nonaktifkan unduhan otomatis dengan cara menghapus ceklis di ketiga pilihan Foto, Audio, Video dan Dokumen. Klik OK setelah membuang ceklis pada ketiga pilihan di atas.

Baca juga : Inilah 5 Tips Dan Trik Keren Untuk Android Yang Harus Kamu Ketahui

WhatsApp iOS


Sementara itu, untuk menghentikan WhatsApp agar tidak melakukan penyimpanan otomatis terhadap file video, gambar, dan media lainnya di iPhone, kamu dapat menonaktifkan pengunduhan media secara otomatis di iPhone, melalui menu Pengaturan.

Caranya adalah kamu harus membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu pada ponsel iPhone, lalu pilih dan klik opsi Setelan, kemudian ketuk pada submenu Penggunaan data dan penyimpanan.

Dalam menu tersebut, terdapat opsi Unduh Otomatis Media di bagian atas. Untuk Foto, Audio, Video dan Dokumen, semuanya pilih Jangan, lalu akan muncul pilihan file yang diinginkan untuk didownload secara manual. Dalam hal ini, kamu dapat memilih untuk menghentikan foto dan video supaya tidak muncul pada galeri ponsel.

Kemudian kamu perlu masuk ke opsi Obrolan / Chat pada Pengaturan, lalu buka menu Simpan ke Rol Kamera, lalu matikan. Cara ini akan menghentikan gambar kiriman orang yang muncul di rol kamera serta mengambil alih Stream Foto yang disinkronisasi.

Dengan tidak menyimpan file media WhatsApp secara otomatis memiliki keunggulan tersendiri. Meskipun nanti jadinya kamu harus mengunduh manual pada setiap media foto, video dan dokumen jika ingin ditampilkan.

Demikian pembahasan yang dapat Fajrinfo sampaikan kepada sobat semua tentang cara menghemat memori ponsel Android dan iPhone, yaitu dengan menghentikan pengunduhan otomatis untuk file media foto, video, dokumen WhatsApp.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

MARHABAN YAA RAMADHAN
Fajar Ramadhan telah menghampiri dunia, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga memperoleh segala keutamaan di bulan Ramadhan nan suci ini.
Oke