Memperbaiki Masalah Macet “Don’t Turn Off..." Pada Proses Pembaruan Windows - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Minggu, 26 Mei 2019

Memperbaiki Masalah Macet “Don’t Turn Off..." Pada Proses Pembaruan Windows

Memperbaiki Masalah Macet Don’t Turn Off... Pada Proses Pembaruan Windows

Pesan "Getting Windows ready, Don’t turn off your computer" muncul ketika Windows sedang menginstal pembaruan. Biasanya Windows akan menyelesaikan proses instalasi jika kamu memberi waktu untuk menunggu — namun, jika sudah berjam-jam lamanya, yang dapat kamu lakukan mungkin hanya me-restart perangkat tersebut.

Sayangnya, menunggu beberapa saat bagi Windows untuk diperbarui dapat menghabiskan banyak waktu. Microsoft mengatakan ada sekitar 700 juta perangkat Windows 10 dan yang akan memakan waktu 10 hingga 30 menit untuk menginstal.

Jadi, dengan asumsi rata-rata 20 menit untuk 700 juta komputer, maka lebih dari 26.000 tahun waktu kolektif umat manusia terbuang hanya untuk menunggu proses Windows 10 untuk menginstal satu pembaruan sistem.

Apa Yang Terjadi Jika Perangkat Kamu Restart?


Proses instalasi pembaruan akan gagal jika kamu me-restart perangkat selama proses ini. Tapi seberapa parah kegagalannya? Apakah akan menyebabkan masalah pada komputer? Untuk mengetahui apa yang akan terjadi, Fajrinfo melakukan beberapa serangkaian tes.

Pertama, kami memperoleh pemberitahuan dari Windows untuk menginstal pembaruan standar melalui Windows Update. Lalu kami secara paksa me-restart laptop yang masih dalam proses "Getting Windows ready. Don’t turn off your computer” pada layar. Maka laptop pun restart dan dengan cepat kami dapat melihat layar masuk dengan normal.

Setelah masuk, Windows menampilkan pemberitahuan "We couldn’t finish installing updates". Instalasi pembaruan gagal, tapi Windows masih dapat berfungsi dengan baik. Tampaknya Windows hanya akan mencoba menginstal pembaruan lagi nanti.

Memperbaiki Masalah Macet Don’t Turn Off... Pada Proses Pembaruan Windows

Kedua, kami me-restart laptop sementara layar mengatakan "Working on updates, 27% complete, Don’t turn off your computer".

Kemudian Windows restart secara normal dan kami melihat pesan yang mengatakan "We couldn’t complete the updates, Undoing changes, Don’t turn off your computer". Setelah proses selesai, Windows boot normal kembali dan semuanya berjalan seperti yang diharapkan.

Memperbaiki Masalah Macet Don’t Turn Off... Pada Proses Pembaruan Windows

Kami juga menguji proses ini ketika menginstal pembaruan Windows 10 utama, mulai dari versi April 2018 Update hingga Oktober 2018 Update. Lalu kami me-restart laptop ketika pesan "Configuring update for Windows 10, 10% complete, Do not turn off your computer" muncul di layar laptop kami.

Setelah dinyalakan kembali, kami melihat pesan "Please wait" sederhana, dan kemudian layar sign-in muncul secara normal. Sekali lagi, kami melihat notifikasi "We couldn’t finish installing updates".

Akhirnya, kami mencoba melakukan restart pada laptop ketika dikatakan “Working on updates 48%, Don’t turn off your PC. This will take a while" Pesan "Restoring your previous version of Windows…" muncul ketika Windows memutar kembali pembaruan, dan perangkat laptop kami melakukan booting dan bekerja secara normal setelahnya.

Dalam setiap pengujian, mematikan perangkat tidak menyebabkan masalah. Windows baru saja memutuskan untuk berhenti memperbarui dan memutar kembali semua file yang diperbarui. Windows bersikeras untuk mengunduh ulang pembaruan sebelum mencoba menginstalnya lagi, mungkin saja ada masalah pada unduhan. Pembaruan kemudian diinstal secara normal sesudahnya.

Berapa Lama Harus Menunggu?


Bersabar dan beri Windows waktu untuk menyelesaikan instalasi pembaruan jika pesan tersebut muncul di layar perangkat kamu. Bergantung pada seberapa besar pembaruan yang harus diinstal dan seberapa lambat komputer kamu serta penyimpanan internalnya, proses ini bisa memakan waktu cukup lama untuk diselesaikan.

Biasanya pesan ini muncul hingga lima menit. Namun, jika pesan muncul di layar cukup lama, mungkin kamu harus me-restartnya terlebih dahulu. Fajrinfo merekomendasikan untuk menunggu setidaknya dua jam, jika Windows melakukan banyak tugas. Mungkin hanya perlu waktu untuk menyelesaikan prosesnya, terutama jika itu adalah pembaruan yang besar dan harddisk kamu berjalan lambat dan penuh.

Apabila melihat angka prosentase di layar ada peningkatan, maka biarkan saja dulu selagi sistem membuat suatu kemajuan. Jika prosentase yang tampil macet pada angka tertentu dalam waktu yang lama, mungkin proses pembaruan macet.

Baca juga: Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

Namun, sebenarnya hal itu normal bagi sistem Windows yang mengalami "macet" pada titik tertentu dalam waktu yang lama sebelum akhirnya mempercepat proses instalasi selanjutnya, jadi jangan terlalu sabar.

Memperbaiki Masalah Macet Don’t Turn Off... Pada Proses Pembaruan Windows

Kamu Harus Mematikan Perangkat


Seperti yang telah Fajrinfo tunjukkan di atas, merestart komputer / laptop harus dengan cara aman. Setelah restart, Windows akan berhenti melakukan penginstalan pembaruan, membatalkan perubahan apapun, dan akan pergi ke layar sign-in. Windows akan mencoba menginstal ulang pembaruan lagi nanti, dan semoga itu akan bekerja untuk yang kedua kalinya.

Sebenarnya ini tidak perlu dilakukan, tapi Windows memiliki bug, dan terkadang kamu harus me-restart perangkat untuk memperbaikinya. Hal ini benar bahkan ketika Windows memberitahumu untuk tidak mematikan komputer.

Untuk mematikan perangkat pada layar ini — entah itu desktop, laptop, tablet — cukup dengan menekan tombol daya (power). Tahan selama sekitar sepuluh detik. Ini dapat melakukan proses shutdown secara paksa.

Tunggu hingga beberapa detik, dan kemudian nyalakan kembali perangkat yang kamu gunakan. Melakukan shutdown secara paksa tidak pernah baik bagi kesehatan komponen perangkat, tapi hal ini bisa jadi satu-satunya pilihan yang dapat dilakukan dalam kasus seperti ini.

Peringatan: Meskipun Fajrinfo telah berhasil melakukan uji proses ini, namun tidak ada jaminan bahwa sistem operasi Windows kamu akan berfungsi dengan baik setelah melakukan shutdown secara paksa.

Namun, jika proses pembaruan benar-benar dibekukan, melakukan penonaktifan perangkat secara paksa merupakan satu-satunya hal yang dapat kamu lakukan. Fajrinfo sarankan agar kamu selalu membuat cadangan file pribadi penting kamu, untuk berjaga-jaga.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK