Cara Mendapatkan Driver Windows Resmi Untuk Komputer Laptop Apapun - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Selasa, 09 Juli 2019

Cara Mendapatkan Driver Windows Resmi Untuk Komputer Laptop Apapun

Cara Mendapatkan Driver Windows Resmi Untuk Komputer Laptop Apapun

Semua hardware (perangkat keras) komputer / laptop kamu, mulai dari motherboard hingga webcam, pasti membutuhkan driver agar dapat berfungsi dengan benar. Berikut ini adalah cara mengunduh driver resmi untuk hardware komputer yang kamu gunakan. Apakah kamu menggunakan sistem operasi Windows 10 atau Windows 7?

Windows Secara Otomatis Mengunduh Driver


Cara Mendapatkan Driver Windows Resmi Untuk Komputer Laptop Apapun

Apabila komputer kamu dan perangkat yang terhubung dengannya berfungsi dengan baik, kamu tidak perlu mengunduh driver lagi. Sebab ketika menginstal sistem operasi Windows di komputer atau menghubungkan periferal ke internet, Windows akan secara otomatis mengunduh dan menginstal driver yang sesuai.

Pabrikan / produsen perangkat komputer atau laptop mengunggah driver resmi ini ke Windows Update, sehingga Windows dapat menginstalnya secara otomatis. Setiap pembaruan penting juga dikirimkan melalui Windows Update. Ini adalah cara paling aman untuk memperbarui driver kamu pada Windows, karena mereka telah melalui pengujian yang cukup luas oleh Microsoft.

Windows Update memiliki banyak driver pada Windows 10, jadi ini dapat berfungsi lebih baik pada sistem Windows 10. Bahkan perangkat komputer Windows 7 juga bisa mendapatkan banyak driver melalui Windows Update.

Dalam beberapa kasus, mungkin kamu ingin mengunduh driver resmi langsung dari pabrikan selain Microsoft. Jika baru saja menginstal Windows pada komputer atau terhubung ke internet dan ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan baik, maka saatnya untuk mendapatkan driver resmi dari situs unduhan pabrikan.

Jika memerlukan utilitas perangkat keras yang tidak termasuk dalam driver Windows standar — misalnya, driver touchpad atau mouse yang menyertakan control panel dengan pengaturan tambahan jika mendapatkannya dari pabrikan — hal itu juga merupakan alasan yang baik untuk memperolehnya dari situs pabrikan.

Kami juga menyarankan kamu untuk menginstal driver grafis terbaru untuk NVIDIA, AMD, atau perangkat keras grafis Intel pada sistem komputer kamu agar saat bermain game mendapatkan pengalaman yang baik.

Driver yang tersedia dari Windows Update cenderung lawas, yang mana driver tersebut mungkin tidak akan berfungsi dengan baik pada game terbaru.

Driver Windows tidak memiliki alat yang berguna seperti NVIDIA GeForce Experience dan AMD ReLive yang kamu dapatkan dari pabrikan. Tool-tool ini memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan game, merekam dan streaming gameplay, mengambil screenshot, dan dengan mudah memperbarui driver grafis komputer kamu nanti.

Baca juga: Cara Menjaga HP Android Kamu Agar Terjaga Dari Serangan Hacker

Perlu Mengetahui Merk Dan Model Perangkat


Untuk mengunduh driver untuk hardware komputer secara manual, kamu harus mengetahui pembuat hardware tersebut serta nomor modelnya. Biasanya informasi ini dicetak pada kemasan perangkat komputer atau laptop itu sendiri jika memperhatikannya dengan cermat.

Selain itu, kamu juga dapat mengunduh versi gratis Speccy, yang dapat menunjukkan informasi lengkap tentang perangkat hardware komputer atau laptop yang kamu gunakan.

Jika kamu membeli komputer desktop atau laptop, kamu hanya perlu tahu produsen dan nomor model komputer mana yang kamu miliki. Misalnya, jika memerlukan driver Wi-Fi untuk Dell XPS 13 (model 2018), kamu tidak perlu tahu apa perangkat keras Wi-Fi internal yang dimilikinya.

Namun kamu hanya perlu pergi menuju situs web Dell resmi dan mencari halaman XPS 13 (model 2018), dan mengunduh driver Wi-Fi untuk perangkat tersebut. Nama dan nomor model sering dicetak pada label di suatu tempat pada komputer itu sendiri.

Tentu saja, seandainya kamu membuat komputer PC sendiri, kamu harus tahu komponen internal apa saja yang kamu gunakan. Kamu harus mendapatkan driver masing-masing komponen hardware dari situs web produsennya.

Cara Mengidentifikasi Perangkat Windows


Kamu dapat menggunakan Device Manager untuk melihat perangkat hardware yang terhubung ke komputer atau laptop. Untuk membukanya di Windows 10, klik kanan pada menu Start, lalu pilih opsi Device Manager.

Untuk membukanya di komputer Windows 7, kamu harus menekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik devmgmt.msc ke dalam kotak tersebut, lalu tekan Enter.

Cara Mendapatkan Driver Windows Resmi Untuk Komputer Laptop Apapun

Lihat daftar perangkat pada jendela Device Manager untuk menemukan nama-nama perangkat hardware yang terhubung ke perangkat kamu. Nama-nama itu dapat membantu kamu untuk menemukan driver mereka.

Jika kamu melihat Unknown devices, itu adalah perangkat yang tidak berfungsi dengan baik karena tidak memiliki driver yang dipasang sama sekali. Kamu harus dapat mengidentifikasi perangkat yang tidak dikenal itu dengan melihat ID hardwarenya.

Baca juga: Cara Merekam Panggilan Telepon Pada WhatsApp Android

Cara Mendapatkan Driver Windows Resmi Untuk Komputer Laptop Apapun

Link Official Untuk Download Driver


Kami sarankan agar kamu mendapatkan driver langsung dari situs web resmi produsen hardware komputer atau laptop yang kamu gunakan. Hindari aplikasi pengunduh driver / driver downloader yang scammy yang mungkin kamu dapat dari iklan online.

Berikut ini adalah beberapa daftar situs web resmi untuk mendapatkan driver semua perangkat komputer dan laptop:

Acer menyediakan driver untuk perangkat komputer dan laptop Aspire, Predator, TravelMate, dan komputer PC lainnya, serta berbagai aksesoris buatan Acer itu sendiri.

Alienware pengguna dapat memperoleh driver software dari situs web Dell, karena Dell merupakan pemilik merek Alienware.

AMD menawarkan unduhan driver untuk GPU Radeon serta AMD APU seperti Ryzen yang mencakup grafis Radeon. Situs web AMD juga menampung driver chipset yang mungkin kamu perlukan untuk motherboard dengan chipset AMD — dengan kata lain, jika sistem komputer yang kamu gunakan memiliki CPU dari AMD.

Apple menyediakan software pendukung Boot Camp yang berisi driver Windows untuk Mac, dengan asumsi bahwa kamu menjalankan sistem operasi Windows pada perangkat Mac melalui Boot Camp.

ASUS menyediakan driver untuk laptop dan komputer PC desktop seperti jajaran produk ZenBook dan Republic of Gamers (ROG), serta perangkat bermerek ASUS lainnya.

Brother menawarkan beragam driver yang diterapkan untuk perangkat printer, mesin faks, dan pemindai.

Canon situs web ini menyediakan driver untuk kamera digital, printer, dan juga pemindai.

Corsair membuat utilitas hardware yang disediakan untuk perangkat mouse, keyboard, dan headset gaming-nya.

Creative menyediakan unduhan untukhardware Sound Blaster dan periferal lainnya.

Dell membuat driver untuk produk Inspiron, Latitude, XPS, dan produk perangkat keras komputer PC lainnya yang tersedia secara online, serta driver untuk produk Dell lainnya yang mungkin masih kamu miliki.

Epson menawarkan unduhan untuk perangkat printer, pemindai, proyek, dan perangkat hardware lainnya.

HP menyediakan driver untuk perangkat Pavilion, EliteBook, ProBook, Envy, Omen, dan lini komputer PC lainnya, serta printer HP dan produk lainnya.

Intel menawarkan unduhan driver untuk semuanya mulai dari grafik yang terintegrasi Intel hingga harware Wi-Fi, Ethernet controllers, motherboard dengan chipset Intel, dan Intel solid-state drives. Mungkin kamu perlu melewati beberapa rintangan untuk menginstal driver grafis Intel terbaru jika produsen komputer kamu mencoba untuk menghentikannya.

Lenovo menyediakan unduhan driver untuk perangkat ThinkPad, IdeaPad, Yoga, dan komputer PC lainnya, termasuk aksesoris Lenovo lainnya juga.

Logitech‘s situs web ini menawarkan unduhan untuk perangkat mouse, keyboard, webcam, dan periferal lainnya.

Microsoft menawarkan unduhan driver untuk produk-produk seperti Microsoft mouse dan keyboard. Untuk perangkat Surface, Microsoft biasanya mendistribusikan driver hanya melalui Windows Update. Namun, unduhan driver manual juga tersedia jika kamu benar-benar membutuhkannya.

MSI menyediakan unduhan untuk laptop, komputer desktop, motherboard, graphics cards, gaming peripherals, dan produk lainnya.

NVIDIA menawarkan driver untuk perangkat keras grafis GeForce serta produk NVIDIA lainnya, seperti seri GPU TITAN-nya.

Razer menyediakan unduhan software untuk utilitas Razer Synapse dan Razer Surround, yang dirancang untuk mouse, keyboard, dan headset Razer.

Realtek membuat driver audio tersedia di situs webnya, walaupun Anda mungkin bisa mendapatkan driver audio definisi tinggi Realtek untuk PC Anda dari PC atau produsen motherboard juga.

Samsung pusat unduhan ini menawarkan driver untuk laptop dan komputer desktop Windows serta semua produk Samsung lainnya, termasuk juga solid-state drive Samsung.

Sony masih menyimpan unduhan driver untuk laptop dan komputer desktop VAIO yang dihentikannya serta berbagai aksesori buatan Sony.

SteelSeries menawarkan utilitas hardware SteelSeries Engine untuk headset, mouse, dan keyboard gaming-nya.

Synaptics‘ situs web ini hanya menyarankan kamu untuk mendapatkan driver touchpad Synaptics dari produsen laptop kamu dari pada menggunakan driver generik. Buka halaman produsen pembuat laptop yang kamu gunakan.

Toshiba menyediakan unduhan driver untuk komputer dan periferal lainnya.

Western Digital menyediakan firmware dan utilitas yang dimaksudkan untuk digunakan pada drive penyimpanan Western Digital.

Untuk merek lain yang belum disebutkan di atas, cukup kunjungi situs web resmi pabrikan dan cari halaman unduhannya.

Demikianlah yang dapat Fajrinfo berikan tentang panduan untuk mendapatkan driver komputer atau laptop Windows secara resmi yang didownload melalui situs web resmi produsen / pabrikan masing-masing perangkat.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK