Microsoft Mengakui Masalah Baru Dalam Beberapa Versi Windows 10

Microsoft Mengakui Masalah Baru Dalam Beberapa Versi Windows 10

Pekan lalu, kami melaporkan bahwa perintah sfc /scannow Windows 10 tidak lagi berfungsi setelah memasang update terbaru. Bug ini terkait pada semua versi Windows 10 yang didukung dan perintah scannow menampilkan pesan kesalahan umum, dan yang menjadi penyebab sepertinya adalah versi terbaru dari Windows Defender.

Sfc /scannow adalah perintah untuk menjalankan Pemeriksa Berkas Sistem dan memperbaiki file-file Sistem Windows. Sfc /scannow (System File Checker) memeriksa file Windows penting pada komputer dan mengganti file yang rusak dengan versi yang ada di-cache.

Setelah pasang update terbaru, ketika kamu mulai melakukan pemindaian dalam versi Windows 10 yang didukung dengan System File Checker Windows (perintah cmd sfc /scannow), proses akan gagal dengan kode kesalahan berikut:

Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. For online repairs, details are included in the CBS log file located at windir\Logs\CBS\CBS.log. For example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log. For offline repairs, details are included in the log file provided by the /OFFLOGFILE flag.

Perlindungan Sumber Daya Windows menemukan file yang rusak tapi tidak dapat memperbaikinya. Untuk perbaikan online, detail disertakan dalam file log CBS yang terletak di windir \Logs\CBS\CBS.log. Misalnya C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log. Untuk perbaikan offline, detail disertakan dalam file log yang disediakan oleh flag /OFFLOGFILE.

Microsoft Mengakui Masalah Baru Dalam Beberapa Versi Windows 10

Pemeriksa file log CBS mengungkapkan bahwa masalahnya terkait dengan Windows Defender PowerShell Module. File log juga menyatakan pesan kesalahan "Hashes for file member do not match".

Sekarang, Microsoft telah mengakui masalah ini dalam dokumen dukungan terbaru. Dalam dokumen dukungan itu, Microsoft menyatakan bahwa fitur sfc /scannow tidak rusak dan terdapat bug yang menyebabkan Pemeriksa File Sistem (SFC) salah menandai file modul Windows Defender PowerShell sebagai fitur rusak.

Baca juga: Cara Mendapatkan Driver Windows Resmi Semua Komputer / Laptop

Microsoft Mengakui Masalah Baru Dalam Beberapa Versi Windows 10

Microsoft mengatakan bahwa bug ini mempengaruhi hampir semua versi Windows 10, termasuk juga versi Mei 2019 Update dan Windows 10 versi 1607.

"Ini adalah masalah yang ditemukan pada Windows 10 versi 1607 dan versi yang lebih baru, dan Windows Defender versi 4.18.1906.3 dan versi yang lebih baru," perusahaan menyatakan dalam dokumen dukungan.

Microsoft telah memposting penjelasan teknis berikut:

File untuk modul Windows Defender PowerShell yang terletak pada %windir%\System32\WindowsPowerShell\v1.0\Modules\Defender dikirimkan sebagai bagian dari Windows image. File-file ini bertanda catalog. Namun, komponen pengelolaan Windows Defender memiliki saluran pembaruan out-of-band baru. Saluran ini menggantikan file asli dengan versi yang diperbarui yang ditandatangani dengan menggunakan sertifikat Microsoft yang dipercaya sistem operasi Windows. Karena perubahan ini, SFC menandai file yang diperbarui menjadi "Hashes for file member do not match".

Microsoft sedang memperbaiki masalah yang sedang terjadi dan SFC akan berhenti menandai file secara tidak benar dalam versi Windows yang baru di masa yang akan datang. Pengguna disarankan untuk mengabaikan pesan kesalahan SFC karena file salah ditandai sebagai file yang sudah rusak.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama