Update Terbaru Menyebabkan Masalah WiFi Pada Microsoft Surface?

Update Terbaru Menyebabkan Masalah WiFi Pada Microsoft Surface?

Microsoft baru-baru ini telah mengirim update driver baru untuk beberapa perangkat Surface, termasuk juga Surface Book, Surface Pro dan Laptop Surface generasi pertama. Menurut changelog, hal terpenting dari pembaruan ini adalah peningkatan untuk konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi.

Beberapa pengguna di forum Reddit dan Microsoft Answers telah melaporkan bahwa mereka tidak dapat terhubung ke WiFi 5Ghz band setelah menginstal pembaruan driver ‘Marvell Semiconductor, Inc. – Net – 15.68.17013.110'. Driver ini juga dibundel dengan update firmware terbaru dan bug tersebut sepertinya terjadi pada berbagai model Surface.

Menurut laporan, salah seorang pemilik perangkat Surface mendapatkan pesan error / kesalahan "Unable to connect to this network" saat menghubungkan perangkat ke koneksi WiFi 5Ghz. Pengguna masih dapat terhubung ke koneksi WiFi 2,4 GHz.

Jika kamu mengalami masalah WiFi pada perangkat Surface yang kamu miliki, kamu masih dapat mengembalikannya ke versi driver sebelumnya untuk network adapter menggunakan Device Manager dan lalu restart perangkat kamu untuk menerapkannya.

Seorang pengguna menguraikan masalah di pos Feedback Hub:

"Sistem Windows akan mengatakan "Unable to connect to this network" ketika saya mencobanya meskipun jaringan lain dapat digunakan dengan baik. Cara 'Lupa jaringan rumah saya' juga tidak dapat memperbaikinya. Mengalihkan mode pesawat tidak cocok. Restart pun tidak memperbaikinya.

Saya telah menemukan bahwa ini disebabkan oleh versi 15.68.17013.110 dari driver Marcell yang diberikan melalui Windows Update. Segera setelah Windows menginstalnya, hapus lagi saja melalui Device Manager jika masalah muncul kembali. Saya telah mengkonfirmasi ini dengan menginstal pembaruan driver 5 kali, dan selalu memperbaikinya dengan cara menghapus instalan perangkat dan driver yang menyebabkannya bermasalah kembali ke driver bawaan.


Perlu diketahui bahwa masalah ini tidak tersebar luas dan hanya beberapa pengguna saja yang mengalaminya. Microsoft pun masih belum mengakui masalah tersebut, jadi belum begitu banyak perangkat yang terpengaruh oleh masalah ini.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama