Pembaruan Windows 10 KB4512941 (Build 18362.329) Menyebabkan Masalah Pada CPU? - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Minggu, 01 September 2019

Pembaruan Windows 10 KB4512941 (Build 18362.329) Menyebabkan Masalah Pada CPU?


Pembaruan Windows 10 KB4512941 (Build 18362.329) Menyebabkan Masalah Pada CPU?

Microsoft baru saja meluncurkan Windows 10 KB4512941 kepada siapa saja yang menekan tombol ‘Check for updates’ pada pengaturan Windows Update dan meng-klik pada pilihan ‘Download and install now’, yang telah tersedia untuk pembaruan opsional atau pembaruan fitur.

Windows 10 KB4512941 telah memperbaiki Windows Sandbox yang rusak, masalah layar hitam mengenai koneksi Remote Desktop dan beberapa bug lainnya. Namun, beberapa pengguna mengalami masalah serius setelah menginstal update terbaru yang meningkatkan komputer atau laptop ke Windows 10 Build 18362.329.

Menurut berbagai laporan di forum (1, 2) dan Feedback Hub, sejumlah perangkat mengalami masalah penggunaan CPU yang tinggi saat menghidupkan perangkat, hal ini dapat menurunkan kinerja keseluruhan sistem. Sepertinya yang menjadi penyebab masalah ini adalah versi yang gagal untuk aplikasi Cortana yang dilaporkan Microsoft telah diluncurkan dalam perilisan ini.

Proses Cortana (SearchUI.exe) menghasilkan lonjakan pemakaian CPU untuk beberapa pengguna dan proses tersebut telah mencatat lonjakan sekitar 30-40 persen pada Task Manager, meskipun penggunaannya tergantung pada jumlah core yang dimiliki oleh prosesor.

"Setelah menginstal KB4512941 (OS Build 18362.329) jendela pop-out dengan hasil pencarian tetap kosong, SearchUI.exe terus-menerus menggunakan CPU dan ~200MB memori," pengguna mendokumentasikan masalah pada Microsoft Feedback Hub.

“Cortana secara konsisten telah menjalankan penggunaan CPU di atas 35% dan memori 150 MB seperti yang dilaporkan oleh Task Manager, setidaknya untuk satu hari sekarang. Terlepas dari kenyataan ini, menggunakan tombol Pencarian di sebelah Menu Start memunculkan dialog yang tidak akan menampilkan item apapun setelah memasukkan permintaan pencarian, bahkan setelah menunggu beberapa menit," pengguna lain mengeluh tentang penggunaan CPU pada Feedback Hub.

Penguji Melaporkan Masalah


Perlu diketahui bahwa Microsoft benar-benar sedang menguji pembaruan KB4512941 bersama Windows Insider di Release Preview Ring selama lebih dari seminggu sebelum meluncurkan pembaruan ke masyarakat umum.

Pembaruan Windows 10 KB4512941 (Build 18362.329) Menyebabkan Masalah Pada CPU?

Menurut beberapa posting di Feedback Hub, laporan tentang penggunaan CPU yang tinggi telah dikirimkan beberapa kali oleh penguji di awal pekan ini, akan tetapi laporan tersebut sepertinya telah diabaikan karena mereka tidak cukup ter-upgrade.

Cara Memperbaiki Cortana (SearchUI.exe) Yang Pemakaian CPU Tinggi


Beberapa pengguna telah mengklaim bahwa dengan menghapus Registry key, yang mencegah pencarian menu Start dari mengirim permintaan pencarian lokal ke Bing, dapat menyelesaikan masalah penggunaan CPU tinggi di Windows 10.

- Masuk ke Registry Editor dengan cara tekan tombol Win + R secara bersamaan, lalu ketik regedit dan tekan Enter.

- Di jendela Registry Editor, masuklah ke folder berikut ini

Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Search

- Setelah berada di folder Search, carilah registry yang bernama BingSearchEnabled. Jika tidak ada, kamu dapat membuatnya sendiri.

- Kemudian klik dua kali pada registry tersebut, dan ubah nilai Registry Value menjadi 0

Jika kamu tidak ingin bermain dengan Windows Registry, kamu harus mempertimbangkan untuk menghapus pemasangan pembaruan. Kamu dapat menghapus pembaruan kumulatif ini dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini:

- Tekan tombol Windows + I secara bersamaan untuk membuka aplikasi Settings.

- Klik opsi 'Update & Security'.

- Pada layar Update & security, klik opsi 'View update history'.

- Pada layar berikutnya, klik tautan 'Uninstall updates'.

- Pilih pembaruan (KB4512941), lalu klik tombol 'Uninstall' untuk menghapusnya.

Microsoft secara resmi belum mengakui masalah pada pembaruan Agustus opsional ini. Untuk sementara ini, dua solusi di atas yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah penggunaan CPU tinggi pada Windows 10 setelah melakukan pembaruan.

Bagikan informasi ini kepada temanmu

Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar ini dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK