Cara Membuka Atau Menjalankan File EXE Di Ponsel Android Tanpa Root - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Kamis, 10 Oktober 2019

Cara Membuka Atau Menjalankan File EXE Di Ponsel Android Tanpa Root

Cara Membuka Atau Menjalankan File EXE Di Ponsel Android Tanpa Root

File dengan format ekstensi EXE dirancang untuk bekerja pada sistem operasi Microsoft Windows. Namun, bisa juga berjalan di lingkungan sistem operasi Ubuntu atau Linux dengan memanfaatkan Wine Emulator. Pernahkah kamu ingin membuka file EXE tersebut pada ponsel cerdas Android yang kamu gunakan?

Sebenarnya, tidak ada alat langsung seperti Wine Emulator yang tersedia untuk platform Android. Tapi jika kamu tetap ingin memainkan game EXE di Android atau menjalankan perangkat lunak yang berbasis EXE, maka inilah cara untuk membuka file EXE di smartphone atau tablet Android tanpa memerlukan akses root.

Cara Membuka Atau Menjalankan File EXE Di Ponsel Android Tanpa Root


1. Apa itu file EXE?

2. Langkah-langkah untuk membuka file EXE di Android

- Menggunakan emulator

- Menggunakan perangkat lunak jarak jauh

1] Apa itu file .EXE?

File EXE adalah format file yang dapat digunakan dan kompatibel dengan sistem operasi Windows. Saat membuka jenis file ini, beberapa program atau kode akan dijalankan pada sistem, dan juga mungkin menginstal beberapa file.

Biasanya, file setup untuk program komputer hadir dalam format ini, dan kamu bisa dengan mudah menginstal seluruh paket cukup dengan membuka file tersebut. Karena hanya berjalan pada sistem operasi tertentu, platform lain seperti Android dan Linux sejatinya tidak mengenali file ini.

Baca juga: Resiko Apa Yang Mengancam Pengguna Media Sosial?

2] Bagaimana cara membuka atau menjalankan file .EXE di ponsel atau tablet Android?

Ada beberapa cara agar bisa membuka file yang dapat digunakan di smartphone Android. Berikut ini adalah metode terbaik untuk melakukan pemasangan file EXE yang kompatibel dengan Windows di Android.

Dalam hal ini, sama sekali tidak diharuskan untuk melakukan rooting terlebih dahulu pada ponsel yang kamu gunakan.

Metode 1: Gunakan DOSBox Emulator for Android untuk jalankan file .EXE

Sistem operasi DOS yang menjalankan DOSBox Emulator sangat membantu dalam menjalankan file yang kompatibel dengan Windows atau MS-DOS pada lintas platform.

Kamu dapat memanfaatkan beberapa paket aplikasi dari Google Play Store yang menjalankan DOS Emulator. Disini kami menggunakan aplikasi gratis yang bernama aFreeBox.

Cara Membuka Atau Menjalankan File EXE Di Ponsel Android Tanpa Root

- Unduh dan instal aplikasi aFreeBox pada smartphone / tablet Android yang kamu gunakan.

- Saat membuka aplikasi, kamu akan melihat DOS dengan antarmuka Command-line. Drive C bawaan ditetapkan sebagai /storage/emulated/0/Download, yang mana folder Download biasanya berada di Penyimpanan Internal.

- Unduh atau salin file .EXE yang ingin kamu buka di ponsel Android ke dalam folder Download.

- Ubah nama paket menjadi sesuatu yang lebih simpel - misalnya, namafile.exe.

- Jika kamu ingin mengubah direktori, masukkan cd [directory-address] pada baris perintah.

- Masukkan nama file dari file EXE tadi yang akan kamu gunakan pada perangkat Android. Selanjutnya tekan Enter pada keyboard Android kamu.

- Nah, kamu akan melihat DOSBox menginstal paket aplikasi atau game pada perangkat yang digunakan. Setelah selesai, kamu dapat membuka aplikasi tersebut.

Harap perhatikan, bahwa tidak semua file .EXE dapat berfungsi dalam metode ini. Hanya beberapa perangkat lunak aplikasi yang kompatibel dengan DOSBox Emulator.

Perlu diperhatikan juga bahwa tidak ada cara untuk mengkonversi file .EXE ke file APK. File EXE dapat berjalan pada emulator di ponsel Android ini tidak serta merta file EXE terinstal di ponsel, file tersebut berjalan seolah-olah berjalan pada sistem Windows.

Baca juga: Mengapa Baterai Ponsel Android Kamu Tidak Kunjung Penuh?

Metode 2: Gunakan Remote Desktop Viewer

Dengan menggunakan metode ini, kamu dapat menggunakan file .EXE di ponsel Android, tapi tidak secara langsung. Dengan bantuan klien VNC (Virtual Network Computing), kamu bisa mengakses layar komputer dari jarak jauh dan mengakses file serta menginstalnya di komputer.

Kamu dapat melihat atau mengontrol aplikasi yang berjalan pada komputer menggunakan smartphone. Jadi, secara efektif, ini mirip dengan membuka aplikasi di smartphone milikmu. Berikut ini panduan lengkapnya.

Cara Membuka Atau Menjalankan File EXE Di Ponsel Android Tanpa Root

1. Instal freeware VNC Client di komputer kamu. TightVNC adalah salah satu software gratis yang terbaik.

Dalam panduan ini Fajrinfo menganggap bahwa kamu telah memilih dan memasang VNC Client tersebut.

2. Setelah menyelesaikan pengaturan awal, salin IP Address eksternal dan nomor Port untuk merutekan koneksi. Dan jangan lupa untuk mencatat Nama Komputer jika diperlukan.

3. Dari smartphone Android kamu, instal & buka aplikasi VNC Viewer apapun yang telah kamu pasang lalu masukkan IP Address dengan nomor port.

4. Kamu harus memasukkan kata sandi dan detail lainnya jika diminta.

5. Setelah terkoneksi, maka kamu dapat mengakses komputer dari jarak jauh melalui jaringan.

Dengan menggunakan metode kedua ini, kamu dapat menginstal aplikasi di komputer, serta kamu juga dapat mengaksesnya menggunakan ponsel cerdas Android.

Kami menerapkan cara menghemat daya tahan baterai ponsel Android ini dalam upaya menghemat daya dan masa pakai baterai.

Demikian pembahasan yang dapat Fajrinfo bagikan tentang cara membuka atau menjalankan file EXE di ponsel Android tanpa ini. Semoga bermanfaat bagi kamu dan kami harap kamu bisa menerapkannya dengan mudah.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK