Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai WiFi Repeater [Penguat Jaringan] - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Sabtu, 26 Oktober 2019

Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai WiFi Repeater [Penguat Jaringan]

Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai WiFi Repeater [Penguat Jaringan]

Saat ini, koneksi internet dan broadband tersebar luas di setiap rumah. Namun, mungkin ada beberapa masalah yang memberi kamu pengalaman buruk dengan broadband atau koneksi nirkabel. Terutama mencakup beberapa masalah seperti koneksi yang buruk, kekuatan sinyal yang lemah, dan masalah jangkauan.

Sebagian besar masalah ini terkait dengan kapasitas jangkauan router WiFi yang kamu gunakan. Tapi kali ini Fajrinfo punya solusi untuk masalah tersebut. Panduan ini akan membahas cara menggunakan Ponsel Android sebagai penguat sinyal WiFi. Dengan cara ini kamu dapat menggunakan ponsel Android cadangan sebagai WiFi repeater.

Bagi mereka yang tidak tahu, Wi-Fi repeater digunakan untuk memperluas area jangkauan sinyal Wi-Fi yang digunakan. Cara ini bekerja dengan menerima sinyal Wi-Fi yang ada, menguatkannya, dan kemudian mengirimkan sinyal yang telah ditingkatkan.

Namun sayangnya fitur ini tidak tersedia untuk semua ponsel Android, namun demikian banyak produsen terkemuka selalu menyertakan fitur ini dalam model smartphont buatan mereka.

Langkah-Langkah Menggunakan Ponsel Android Sebagai Wi-Fi Repeater


Kamu bisa dengan mudah mengkonversi smartphone atau tablet Android menjadi Wi-Fi repeater yang berfungsi untuk mengakses data internet dari jarak jauh. Ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini untuk melakukannya.

Beberapa produsen (OEM) mengemas perangkat mereka dengan fitur ini yang terintegrasi dengan custom skin. Tapi kamu masih bisa menggunakan fitur ini pada perangkat lain dengan beberapa trik berikut.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Mouse Komputer Di HP Android?

Kita dapat bergantung pada aplikasi pihak ketiga untuk membuat koneksi internet yang diperluas dan membangun WiFi repeater Android. Di bawah ini adalah aplikasi terbaik untuk melakukan hal itu.

- NetShare - no-root-tethering
- Net Share - Extend a Wifi network to all devices

Keduanya adalah aplikasi penguat sinya WiFi Android.

1] NetShare - no-root-tethering


- Download dan instal aplikasi NetShare - no-root-tethering dari Google Play store. Aplikasi ini digunakan untuk membuat jaringan Wi-Fi repeater.

- Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut, lalu kamu akan menemukan tab yang bernama Share internet connection, klik dan aktifkan pengaturan tersebut.

- Sekarang kamu telah berhasil mengaktifkan fitur Wi-Fi repeater di ponsel Android. Kini kamu bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi tersebut menggunakan kata sandi jaringan atau kunci akses yang sama.

Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai WiFi Repeater [Penguat Jaringan]

2] Net Share - Extend a Wifi network to all devices


- Download dan instal aplikasi Net Share – Extend a Wifi network to all devices dari Google Play store. Aplikasi ini adalah opsi kedua, jika yang pertama gagal digunakan untuk membuat penguat koneksi WiFi.

- Sama seperti aplikasi di atas, yang satu ini juga mengharuskan kamu untuk mengaktifkan internet sharing. Untuk itu, ketuk tombol yang bernama Start Sharing.

- Aplikasi ini akan menunjukkan beberapa informasi penting yang terkait dengan koneksi yang kamu gunakan. Ini termasuk SSID, Kata Sandi, dan keamanan jaringan juga. Gunakan rincian tersebut untuk dapat terhubung ke perangkat lain.

Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai WiFi Repeater [Penguat Jaringan]

Ini adalah aplikasi terbaik untuk membuat jaringan Wi-Fi yang diperluas. Aplikasi ini dapat membantu kamu mengakses jaringan bahkan jika kamu jauh dari lokasi router utama.

Baca juga: Berniat Untuk Menjual Ponsel? Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!

Akan tetapi, aplikasi ini menerima sinyal asli dan menguatkannya ke jangkauannya. Kamu harus menggunakan pengaturan proxy unik untuk mengakses internet dengan jaringan yang diperluas. Setiap aplikasi menyarankan metode untuk mengatur proxy, ikuti saja sesuai dengan panduan agar terhubung ke jaringan asli dengan sukses.

Beritahu kami jika kamu tidak bisa menggunakan aplikasi ini dan bagaimana pengalaman kamu tentang penggunaan jaringan WiFi yang diperluas dengan menggunakan metode WiFi repeater. Jika mengalami masalah, jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar di bawah.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK