Cara Menguninstall Program Menggunakan Registry Pada Windows 10 - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Rabu, 09 Oktober 2019

Cara Menguninstall Program Menggunakan Registry Pada Windows 10

Cara Menguninstall Program Menggunakan Registry Pada Windows 10

Tidak banyak yang tahu, bahwa terdapat beberapa metode untuk menghapus program di sistem operasi Windows 10 / Windows 8 / Windows 7. Dari beberapa metode tersebut, kamu bisa menghapus program melalui Control Panel dan masuk ke Programs & Features, atau kamu bisa juga menggunakan Program uninstaller, yang bisa kamu temukan di folder Programs.

Namun selain itu, jika program terinstal hilang di Control Panel dan dalam Program peng-uninstall juga tidak terdeteksi, atau beberapa cara telah kamu lakukan masih belum berfungsi juga karena alasan tertentu, maka dalam hal ini kamu bisa menggunakan metode penghapusan program terinstal menggunakan Windows Registry.

Uninstall Program Dengan Registry


Untuk menghapus instalasi program melalui Windows Registry, kamu bisa membuka regedit dan mengarahkannya ke folder berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall

Cara Menguninstall Program Menggunakan Registry Pada Windows 10

Dalam folder tersebut, kamu akan melihat banyak registry key disana. Itu semua mewakili program yang telah diinstal dalam perangkat yang kamu gunakan tersebut. Masing-masing regostry key biasanya memiliki nomor atau nama yang panjang.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Windows 10 Yang Sulit Dihapus

Jika ada program yang ingin kamu hapus tapi tidak tersedia di uninstaller Control Panel, maka carilah nama program tersebut, semoga registry key-nya mudah ditemukan. Sebab dalam banyak kasus, UninstallString-nya akan mengarah ke jalur uninstaller program tersebut.

Nah, apabila nomor registry key tidak ditemukan, maka yang harus kamu lakukan adalah meng-klik pada masing-masing registry key yang panjang sampai kamu menemukan registry key yang mengandung nama program yang ingin dihapus.

Setelah menemukannya, klik pada folder program yang akan kamu hapus tersebut, lalu di panel sebelah kanan, cari nilai string yang bernama UninstallString.

Kemudian klik dua kali pada string tersebut. Dari kotak dialog yang terbuka, silahkan salin nilainya.

Maka kamu akan mendapatkan nilai seperti ini: [contoh]

MsiExec.exe /I{B440D659-FECA-4BDD-A12B-5C9F05790FF3}

Selanjutnya, buka program Command prompt (cmd), paste-kan nilai string tadi, lalu tekan tombol Enter pada keyboard.

Jika kamu melihat data Value seperti –

C:\Program Files\Software Name\uninstall.exe

Kamu juga dapat membuka kotak Run, salin lalu tempel nilai itu, dan tekan tombol Enter.

Maka program akan melakukan penghapusan instalasi sesuai perintah.

Jika cara ini tidak membantu, Kamu juga bisa mencoba salah satu Penghapus Instalasi (program Uninstaller) gratis untuk Windows yang banyak tersedia di internet.

Catatan: Jika kamu memiliki versi Windows 64-bit, maka aplikasi 32-bit akan dialihkan kesini:

HKLM\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall

Sudahkah kamu melakukan upaya untuk mempercepat kinerja perangkat Windows 10 agar tidak menghambat aktivitas kamu dalam penggunaannya?

Semoga cara menguninstall program terinstal pada komputer Windows yang Fajrinfo bagikan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang mendapatkan kesulitan untuk menghapusnya. Semoga kamu berhasil dalam menerapkannya.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK