Cara Mudah Memasang Atau Menghapus Instalasi Notepad Di Windows 10 - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Rabu, 09 Oktober 2019

Cara Mudah Memasang Atau Menghapus Instalasi Notepad Di Windows 10

Cara Mudah Memasang Atau Menghapus Instalasi Notepad Di Windows 10

Notepad telah menjadi bagian dari sistem operasi Windows selama lebih dari tiga dekade sampai sekarang. Program ini sudah dimasukkan dalam semua versi sistem operasi Windows sejak diperkenalkannya Windows 1.0 pada tahun 1985.

Meskipun Notepad telah menjadi bagian dari sistem operasi Windows selama lebih dari 30 tahun, program pengeditan teks dasar dari Microsoft ini masih kekurangan banyak fitur dan pilihan yang ditawarkan oleh program pihak ketiga di kelasnya.

Meskipun benar bahwa Notepad dimaksudkan untuk mengedit teks dasar dan melayani tujuan dengan baik, namun hari ini banyak pengguna mengharapkan lebih dari editor teks saja. Karena itu, banyak pengguna yang lebih suka program pihak ketiga seperti Notepad++.

Jika kamu juga telah menginstal pengganti Notepad yang lebih baik di komputer Windows 10 dan tidak ingin melihatnya lagi di komputer, kamu sangat bisa untuk menghapus instalan Notepad tersebut.

Pada versi Windows 10 dan sistem operasi Windows sebelumnya, tidak ada ketentuan untuk menghapus Notepad. Nah, pada Windows 10 build 18943, Notepad telah diperkenalkan sebagai aplikasi (dengan mengganti program Notepad klasik) dan juga tersedia di Microsoft Store.

Karena Notepad sekarang adalah aplikasi tersendiri (sebelumnya adalah program desktop klasik), mungkin kini untuk menghapus, menginstal ulang, mengatur ulang dan memperbaiki aplikasi Notepad tersebut sama juga seperti aplikasi lainnya.

Uninstall Notepad Dari Windows 10


Langkah 1: Pergi ke menu Settings > Apps > Apps & features.

Langkah 2: Cari entry Notepad. Pilih entry Notepad dengan mengkliknya untuk membuka tombol Uninstall.

Langkah 3: Klik pada tombol Uninstall. Ketika kamu mendapatkan dialog kecil sebagai konfirmasi, silahkan klik lagi tombol Uninstall untuk menghapus instalasi aplikasi Notepad.

Cara Mudah Memasang Atau Menghapus Instalasi Notepad Di Windows 10

Jika tombol Uninstall tidak muncul saat kamu mengeklik entry Notepad, kemungkinan karena kamu menjalankan Windows 10 yang lebih lama dari build 18943.

Baca juga: Bahaya Pemakaian WiFi Di Tempat Umum Ini Kamu Harus Tahu

Instal Notepad Di Microsoft Store Windows 10


Langkah 1: Kunjungi halaman Notepad ini pada browser web kamu untuk secara otomatis membuka halaman yang sama di aplikasi Microsoft Store.

Langkah 2: Klik tombol Get (Dapatkan) untuk menginstal aplikasi Notepad tersebut. Sekali lagi, aplikasi Notepad hanya tersedia pada versi bentukan 18943 atau versi Windows 10 yang lebih tinggi.

Cara Mudah Memasang Atau Menghapus Instalasi Notepad Di Windows 10

Perbaiki Atau Reset Notepad Di Windows 10


Jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi Notepad, kamu bisa mencoba mengatur ulang atau memperbaikinya sebelum menginstalnya kembali. Inilah cara untuk melakukan hal tersebut.

Langkah 1: Buka aplikasi Settings. Pilih pada opsi Apps > Apps & features.

Langkah 2: Klik pada entry Notepad untuk melihat tautan opsi Advanced yang disembunyikan. Klik tautan Advanced options.

Cara Mudah Memasang Atau Menghapus Instalasi Notepad Di Windows 10

Jika opsi Advanced option tidak muncul, itu karena kamu menjalankan versi Windows 10 yang lebih lama yang masih belum mendukung pengaturan ulang atau perbaikan (repair & reset) Notepad.

Baca juga: Awas, Ada Iklan Yang Bisa Sedot Kuota Dan Baterai Ponsel Kamu!

Langkah 3: Klik tombol Repair untuk memperbaiki aplikasi Notepad. Untuk mengatur ulang aplikasi Notepad, silahkan klik tombol Reset.

Cara Mudah Memasang Atau Menghapus Instalasi Notepad Di Windows 10

Demikian pembahasan yang dapat Fajrinfo bagikan terkait cara mudah memasang atau menghapus instalasi Notepad pada Windows 10 ini. Semoga bermanfaat bagi kamu. Dan jangan lupa apabila terdapat pertanyaan silahkan untuk menyampaikannya di kolom komentar di bawah.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK