Ad Blocker; Pro & Kontra Memasang Pemblokir Iklan Di Internet Ad Blocker; Pro & Kontra Memasang Pemblokir Iklan Di Internet - Fajrinfo
Menurut definisi, pemblokir iklan (Ad Blocker) adalah jenis perangkat lunak / software yang menghapus iklan dari halaman situs web tertentu di internet. Sebagian besar software ini terdiri dari ekstensi yang bisa didapatkan dengan mudah untuk menginstalnya di web browser favorit kamu. Karena pencarian di internet dalam mode seluler juga menjadi sangat populer akhir-akhir ini, mka tidak sedikit pula aplikasi pemblokiran iklan yang dibuat khusus untuk perangkat seluler sepeti smartphone.

Banyak orang mendukung penggunaan software sejenis ini untuk beragam manfaat yang dibawanya. Misalnya, dengan memblokir iklan, situs web akan dapat dimuat lebih cepat dan memberi pengguna akses lebih cepat menuju sesuatu yang mereka cari di internet. Namun, sebagian orang juga ada yang merasa ngeri, karena pemblokir iklan juga disertai dengan sejumlah kekurangan yang sulit untuk diabaikan.

Sekarang, jika kamu berada di zona abu-abu tentang menggunakan software jenis ini, maka kamu harus mengetahui tentang pro dan kontra memasang software atau aplikasi pemblokir iklan agar kamu sendiri memahami dan memiliki pendapat tentang hal ini.

Kelebihan Menggunakan Pemblokir Iklan (Ad Blocker)


Ad Blocker memastikan pengalaman online yang lebih baik

Ad Blocker; Pro & Kontra Memasang Pemblokir Iklan Di Internet

Pengiklan selalu berbicara tentang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. Namun dengan tumpukan iklan tidak berguna yang mereka tempatkan di halaman web, justru mereka malah mengecilkan hati pengunjung tentang pengalaman yang baik itu.

Baca juga: Amankan Privasi Online Ketika Berselancar Di Internet Tanpa Khawatir

Iklan ini hanya akan memakan kuota internet dan memperlambat waktu pengunduhan halaman. Sekarang, dengan pemblokir iklan terinstal di komputer atau smartphone, maka segalanya akan dipercepat untuk memberi kamu pengalaman berselancar di internet yang lebih baik.

Ad Blocker mengatasi masalah terhadap ancaman malware

Seperti yang telah diketahui banyak orang, software berbahaya dapat menginfeksi sistem komputer salah satunya melalui pengiriman iklan di internet. Selama bertahun-tahun, internet marketing telah banyak disusupi oleh para peretas (hacker) yang memanipulasi iklan untuk menyebarkan malware buatan mereka.

Hal ini disebabkan oleh iklan yang disajikan melalui sejumlah halaman situs web, lalu penyerang dapat merusak komputer korban dalam hitungan menit. Namun, dengan memasang pemblokir iklan, kamu dapat mencegah situasi ini terjadi pada perangkat yang kamu gunakan.

Ad Blocker mencegah kamu terjerumus karena siasat iklan yang curang

Banyak iklan menghasilkan volume yang keras, metrik yang tidak jelas, dan pesan yang menyesatkan. Semua hal ini dilakukan hanya untuk meningkatkan kesan online untuk biro iklan tertentu. Kamu beruntung, pemblokir iklan akan membantu kamu mengesampingkan skema ini.

Ad Blocker menginspirasi pengiklan untuk menemukan cara-cara inovatif untuk mengintegrasikan iklan ke situs web

Karena keterbatasan yang menempatkan pemblokir iklan di halaman situs web, maka para pengiklan harus selalu mencari cara baru untuk menggunakan iklan di internet. Mereka harus melakukannya dengan cara yang halus untuk menghilangkan rasa takut pengguna terhadap iklan tradisional yang dapat merusak pengalaman online kamu. Misalnya, mereka harus mencoba menggabungkan iklan secara alami dengan konten.

Kekurangan Menggunakan Ad Blocker


Ad Blocker mempertaruhkan privasi data penelusuran kamu di internet

Beberapa pemblokir iklan ada yang mengirimkan aktivitas penelusuran kamu di internet ke server pihak ketiga yang membayar mereka untuk mendapatkan informasi. Ini berarti mereka dapat melacak setiap halaman yang kamu kunjungi. Faktanya, jutaan pengguna saat ini dilacak melalui metode ini tanpa sepengetahuan mereka.

Ad Blocker menyebabkan halaman situs web menjadi rusak

Pemblokir iklan tidak hanya memblokir iklan di halaman web, namun juga dapat menghambat pemuatan script halamannya. Hal ini akan merusak beberapa komponen penting, mempengaruhi fungsinya, dan menyebabkan pengalaman menjelajah internet yang buruk bagi sebagian pengguna. Mungkin kamu pernah melihat beberapa potongan halaman hilang di layar, pesan kesalahan / error atau bahkan tampilan halaman internet yang berantakan tata letaknya.

Ad Blocker mengacaukan analisis situs web

Beberapa pemblokir iklan dapat memblokir analytics scripts, yang menimbulkan masalah bagi situs web dalam mengumpulkan data perilaku pengunjung. Misalnya, setiap pengunjung ke situs atau blog kamu yang telah memasang script pemblokir di browsernya akan tampak tidak terlihat dalam analisis kamu. Meskipun situs / blog kamu berfungsi secara penuh untuk para pengunjung, namun kamu tetap akan kehilangan data pemasaran yang penting.

Ad Blocker menghalangi kamu untuk menikmati konten berkualitas

Advertising / Periklanan adalah sumber pendapatan yang sangat penting bagi para content creator dan penerbit konten online. Mereka menggunakannya untuk mengganti waktu dan biaya yang mereka keluarkan untuk membuat konten berkualitas untuk kamu nikmati sebagai pembaca dan pengguna manfaat konten tersebut.

Baca juga: Kesal Internetan Karena Banyak Iklan? Cobalah Aplikasi Pemblokir Iklan!

Dengan pemblokir iklan, maka mereka para content creator dan penerbit / penulis online akan terpengaruh secara finansial, mendorong mereka untuk membuat konten berkualitas buruk karena mereka tidak memiliki sumber daya untuk memperoleh penghasilan yang baik.

Ad Blocker bisa menyebabkan situs web favorit kamu hilang

Saat kamu melihat konten online, pada dasarnya kamu membuat sebuah perjanjian tidak berdokumen dengan pemilik situs web bahwa kamu juga harus menerima iklan yang membayar mereka. Dengan memblokir iklan ini, situs web tersebut lambat laun akan dipaksa untuk menutup bisnisnya. Akibatnya, kamu juga akan kehilangan sumber daya informasi yang dulu sering kamu gunakan manfaatnya.

Kesimpulan Dari Kelebihan & Kekurangan Ad Blocker


Menggunakan pemblokir iklan (Ad Blocker) dapat benar-benar melayani kebutuhan kamu sebagai pengguna internet, terutama ketika kamu merasa muak dengan iklan yang menjengkelkan, mengganggu dan berantakan. Namun, ini juga memiliki kelemahan yang akan mempengaruhi cara kamu menjelajahi situs web di internet. Berdasarkan kekurangan dan kelebihan yang tercantum di atas, kamu dapat memutuskan apakah hal itu tepat untuk kamu lakukan.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama