Cara Membersihkan Keyboard Komputer Anda Dengan Sanitizer

Menurut beberapa hasil penelitian, rata-rata keyboard komputer atau laptop terdapat lebih banyak bakteri dari pada kursi toilet. Itulah mengapa penting kiranya untuk membersihkan keyboard komputer Anda dengan sanitizer secara teratur. Namun bagaimana caranya agar Anda bisa melakukan hal ini tanpa merusak fisik keyboard tersebut? Inilah cara membersihkan dan mendesinfeksikan keyboard komputer atau laptop Anda dengan benar.

Cara Membersihkan Keyboard Komputer


Untuk membersihkan keyboard biasa, pertama-tama, cabut stekernya dari komputer atau keluarkan baterainya (jika wireless). Kemudian Anda balikkan untuk menghilangkan debu dan kotoran menggunakan alat penghisap atau penyedot debu (Vacuum Cleaner) untuk mengeluarkan debu yang ada di sela-sela tombol, dan menggunakan kapas cutton bud untuk membersihkan sela-sela kecilnya.

Cara Membersihkan Keyboard Komputer Anda Dengan Sanitizer

Jika Anda membersihkan keyboard laptop, pastikan untuk mematikan laptop terlebih dahulu dan mencabutnya dari catu daya listrik untuk mencegah terjadinya kerusakan. Bila perlu, lepas baterai laptop Anda jika memang memungkinkan.

Goyangkan Keyboard


Pertama, singkirkan debu dan puing-puing kecil dengan cara membalikkan keyboard secara terbalik di atas tempat sampah dan dengan lembut mengguncang atau mengetuk bagian bawahnya. Cara ini akan mengakibatkan partikel kecil kotoran dan remah makanan jadi rontok berjatuhab. Anda juga harus memindahkannya dari sisi ke sisi dan pada sudut yang berbeda untuk menghilangkan kotoran dan debu yang berlebih.

Gunakan Vacuum Cleaner Mini


Untuk mengeluarkan sisa / kotoran kecil dari sela-sela keyboard, pegang keyboard pada sudut 75 derajat (sampai hampir vertikal), lalu arahkan vacuum cleaner dari sebelah kiri ke kanan. Anda harus melakukannya secara perlahan dan menyeluruh. Kemudian putar keyboard lalu sedot lagi dengan vacuum cleaner.

Pastikan agar Anda menggunakan vacuum cleaner yang mudah digunakan, serta memiliki konsumsi daya yang cukup rendah dari USB komputer atau laptop. Apalagi jika vacuum cleaner yang Anda miliki dilengkapi dengan berbagai sikat yang dapat dilepas / pasang dengan mudah. Sebab hal ini dapat menunjang kegiatan Anda dalam membersihkan tombol keyboard.

Anda dapat menemukan pembersih debu laptop atau vacuum cleaner mini tersebut di toko elektronik, toko peralatan kantor, atau Anda juga dapat memesannya langsung secara online di situs belanja online terbesar Blibli.com.

Vacuum Cleaner Laptop

Gunakan Cotton Bud


Untuk membersihkan area yang mengelilingi setiap huruf keyboard, basahi kapas dengan sedikit alkohol atau minyak kayu putih, lalu gunakan untuk membersihkan dan menggosok area yang sulit dijangkau. Namun, pastikan untuk tidak menyeka kapas cotton bud Anda dengan terlalu basah.

Cara Membersihkan Keyboard Komputer Anda Dengan Sanitizer

Untuk menghilangkan noda yang sulit, pastikan Anda menggosoknya dengan lembut dalam gerakan melingkar sampai benar-benar hilang. Setelah itu, gunakan kain lembut untuk menghilangkan debu atau uap air yang tersisa dari keyboard.

Lebih baik menggunakan alkohol atau minyak kayu putih dari pada menggunakan air biasa, sebab keduanya dapat mengering dengan cepat. Cairan tersebut juga akan dapat membunuh semua kuman dan bakteri yang mengintai di permukaan keyboard komputer atau laptop Anda.

Cutton Bud Halus

Minyak Kayu Putih Aroma Terapi

Gunakan Kain Yang Lembut


Untuk membersihkan seluruh keyboard komputer Anda, basahi kain yang lembut atau microfiber dengan sedikit minyak kayu putih. Kemudian gunakan kain tersebut untuk menghapus keyboard Anda, termasuk juga bagian atas pada setiap tombol.

Cara Membersihkan Keyboard Komputer Anda Dengan Sanitizer

Jika kotoran tidak mudah lepas, Anda dapat membasahi kain Anda dengan sedikit air. Tetapi pastikan Anda tidak mengoleskan air apa pun secara langsung ke lubang mana pun, dan jangan pernah menyemprotkan air langsung ke keyboard laptop Anda.

Pastikan Anda menggosok spasi dengan benar dan memasukkan kunci, karena itu adalah kunci yang paling sering digunakan pada keyboard Anda.

Microfiber Cleaning Cloth

Gunakan Tisu Disinfektan


Untuk membersihkan keyboard, gunakan lap desinfektan secara perlahan di sepanjang permukaan papan keyboard. Lalu bersihkan dengan kain yang lembut. Jika pembersih disinfektan terlalu basah, pastikan terlebih dahulu untuk memerasnya sebelum mulai menggunakannya.

Namun, Anda tidak boleh menggunakan produk pembersih yang mengandung pemutih. Sebab dapat merusak lapisan pelindung pada tombol. Apple bahkan secara khusus merekomendasikan penggunaan tisu Clorox atau Lysol untuk membersihkan keyboard Mac penggunanya.

Tisu Alkohol Bebas Virus

Melepas Tombol Keyboard


Kemudian Anda bisa melakukan pembersihan lebih dalam lagi jika keyboard komputer Anda memiliki slot kunci yang mudah dilepas. Setiap keyboard berbeda, jadi pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu secara teliti sebelum mulai melepas tombol apapun.

Setelah selesai melepas tombol keyboard, lalu Anda bisa menyingkirkan debu yang terdapat di setiap permukaan tombol secara perlahan dengan menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu, cuci semua tombol keyboard yang bisa dilepas dengan sabun dan air, atau minyak kayu putih. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi atau kuas cat untuk membersihkannya.

Cara Membersihkan Keyboard Komputer Anda Dengan Sanitizer

Setelah selesai mengeringkan tombol keyboard yang bisa dilepas pasang, masukkan kembali ke posisi normal pada pada papan keyboard tersebut, lalu pasang kembali masing-masing ke tempatnya. Jika Anda ingin memastikan semua tombol ada di tempat yang tepat, Anda bisa mengambil gambar keyboard sebelum mulai melepas tombol-tombolnya.

Sekarang Anda tahu tentang cara mudah untuk membersihkan keyboard komputer atau laptop agar tetap bersih dan terhindar dari kuman dan bakteri, lihat juga panduan yang Fajrinfo bagikan tentang Cara Membersihkan Layar Laptop agar benar-benar menjadi kinclong.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama