Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat - Fajrinfo
Di luar fitur yang ramah kantong, ponsel Xiaomi selalu menjadi ponsel percobaan di masa depan. Sebab terdapat banyaknya pengguna dan pengembang - bahkan jika Xiaomi menghentikan dukungan resmi mereka - ponsel kamu akan tetap bisa merasakan versi Android terbaru dengan Custom ROM.

Untuk mem-flash Custom ROM dan menghapus aplikasi bloatware, Xiaomi Redmi 5 / 5A kamu memerlukan akses Root ke sistem. Jika ponsel memiliki recovery TWRP Official, maka peluang untuk berhasil me-root ponsel ini sangat besar.

Xiaomi Redmi 5 dan 5A. Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi hardware yang pantas, bahkan sekalipun keduanya adalah ponsel tua, model ponsel ini mempunyai komunitas yang cukup besar. Jadi, kedua ponsel ini akan tetap mendapatkan pembaruan dari para Developer di dalamnya.

Kamu bisa merasakan Android 10 di ponsel Xiaomi 5 / 5A dengan menginstal Custom ROM. Metode rooting berikut didasarkan pada TWRP Official. Bahkan jika kamu merupakan pengguna biasa, kami sarankan agar melakukan proses Root ini. Tapi, ketika mem-flash ROM, pilihlah Pixel Experience ROM. Sebab ROM ini lebih ramah pengguna dari pada Custom ROM lainnya.

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

Mengapa Harus Root Xiaomi Redmi 5 / 5A?


Kita harus berterimakasih kepada Allah Ta'aalaa, dan pada kerja keras tim TWRP dan Pengembang XDA - darshan1205 dan Doge. Melalui mereka, metode Root Xiaomi 5 / 5A ini jadi mudah dilakukan. Ponsel kamu mempunyai memori RAM 2-4 GB. Tapi, hakikatnya hal itu tidak cukup untuk penggunaan normal dengan OS Android lama.

Ya, Xiaomi menghentikan pembaruan patch keamanan pada Interval 60-90 hari. Dan juga, ini didasarkan pada OS Android lama. Jadi kita tidak bisa berharap banyak untuk mengoptimasinya. Ponsel ini mempunyai prosesor Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (Redmi 5A) dan Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (Redmi 5).

Karena manajemen RAM yang buruk pada perangkat lama, maka kamu akan merasakan kinerja ponsel lambat laun semakin lamban. Jika kita mengoptimalkan ponsel tersebut dengan benar menggunakan Custom OS yang benar setelah melakukan root, besar kemungkinan kamu akan melihat banyak perbaikan yang signifikan.

Jadi, setelah HP Xiaomi Redmi 5 / 5A kamu diroot, kamu akan mendapatkan pengalaman bebas lag / macet? Mungkin Saja. Selain itu, jika kita hibernasi dan menghapus banyak aplikasi yang tidak diperlukan dan mengoptimalkan beberapa aplikasi lainnya, ponsel kamu tidak terbatasi oleh hardware yang dimilikinya.

Namun dalam batasan-batasan ini, kita dapat meningkatkan kinerja ponsel Xiaomi Redmi 5/5A ini hingga 20-30% dibandingkan dengan penggunaan OS Android lama bawaan ponsel tersebut. Apalagi jika kamu menggunakan Custom ROM Lite, mungkin kamu bisa merasakan peningkatan kinerja ponsel menjadi 40-80% berdasarkan Custom OS apa yang kamu pilih.

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5 / 5A Nougat 7.1.2


Xiaomi Redmi 5 / 5A Varian Internasional hadir dengan bootloader yang fleksibel selain beberapa perangkat yang terkunci (Locked). Contoh - Di Samsung, ponsel Verizon hadir dengan Bootloader yang terkunci. Ini berarti bahwa berbagai varian smartphone bisa dengan mudah di-root. Selain itu, ponsel Xiaomi Redmi 5/5A ini juga bisa untuk diinstal TWRP recovery atau file / aplikasi Custom Recovery lainnya.

TWRP Recovery adalah file Custom Recovery yang harus diinstal pada ponsel kamu karena dengannya kamu dapat melakukan root dengan sukses.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang metode paling mudah untuk diikuti dalam menginstal TWRP Recovery pada HP Xiaomi Redmi 5 dan 5A. Dan alat yang diperlukan untuk me-root ponsel ini adalah Aplikasi Magisk.

Dengan bantuan TWRP Recovery, kamu bisa dengan cepat mem-flash Magisk versi terbaru ke ponsel Xiaomi Redmi 5 / 5A milikmu untuk mendapatkan akses root.

Sebelum membagikan tutorial ini, mungkin kamu ingin tahu bahwa dengan terpasangnya TWRP recovery di ponsel, maka kamu dapat dengan mudah menginstal Custom ROM atau firmware khusus lainnya. Apakah metode ini sulit dilakukan? Tenang, semuanya akan Fajrinfo jelaskan secara singkat dan mudah dipahami.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan;

- Pastikan baterai ponsel Xiaomi Redmi 5/5A kamu terisi daya di atas 40%.

- Cadangkan file dan data kamu saat ini, proses root akan menghapus file secara keseluruhan (simpan di penyimpanan eksternal MicroSD)

Langkah Pra-Persyaratan


Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Aktifkan USB Debugging dan Buka Kunci OEM di ponsel Xiaomi. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan > Tentang ponsel > Ketuk pada bagian Nomor Versi sebanyak 7-10 kali secara terus menerus untuk mengaktifkan menu "Developer options". Kemudian masuk ke Developer option lalu aktifkan USB Debugging dan Buka Kunci OEM.

- Download file ADB drivers. Lalu instal di komputer atau laptop.

- Download Magisk_20.3.zip (Versi Terbaru), lalu simpan di memori eksternal ponsel.

- Download dan simpan di komputer file TWRP di bawah ini, lalu rename menjadi recovery.img.

twrp-3.3.1-0-rosy.img (Redmi 5)

twrp-3.3.1-0-riva.img (Redmi 5A)

- Download file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip, lalu simpan di penyimpanan MicroSD.

Unlock Bootloader Menggunakan ADB Dan Fastboot


- Masuk ke website resmi Mi Bootloader Unlock lalu login dengan Mi Account kamu.

- Masukkan detail Ponsel kamu seperti nomor telepon, IMEI, Alasan. Maka kamu akan mendapatkan kode konfirmasi di ponsel Xiaomi Redmi 5/5A milik kamu. Masukkan kode konfirmasi tersebut di situs web Mi dan minta untuk membuka kunci (Unlocking). Maka kamu akan menerima email konfirmasi setelah persetujuan dalam tempo waktu 2-10 Hari. [Harap bersabar ya 😅😆]

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Instal Mi Flash Tool dalam email yang diterima. Masuk dengan Mi Account yang sama, yang digunakan untuk mendapatkan softwarenya.

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Matikan ponsel. Hubungkan ponsel ke komputer atau laptop. Kemudian, masuk ke mode Fastboot. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan dalam beberapa saat. Hal ini akan mem-boot ponsel kamu ke mode Fastboot.

- Setelah berhasil masuk ke mode Fastboot, Lalu pilih Unlock. Ini akan memakan waktu 2-3 menit untuk menyelesaikan proses. Setelah proses selesai dengan sukses, Reboot kembali ponsel Xiaomi Redmi 5/5A kamu.

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Periksa lagi menu pengaturan "Developer Options". Masuk ke Developer Options lalu aktifkan USB Debugging dan Buka kunci OEM dan aktifkan "Advanced Reboot". Sebab terkadang fitur-fitur tersebut akan nonaktifkan lagi setelah boot.

Flash TWRP


Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Matikan ponsel. Hubungkan ponsel ke komputer atau laptop. Kemudian masuk ke mode Fastboot. Untuk melakukannya tekan dan tahan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan dalam beberapa saat. Ini akan mem-boot ponsel kamu ke mode Fastboot.

- Setelah itu, sambungkan ponsel Xiaomi Redmi 5 / 5A ke komputer melalui kabel data USB.

- Buka Fastboot di komputer kamu. Buka Command prompt di komputer lalu ketik perintah di bawah ini.

fastboot flash recovery recovery.img

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Jangan boot ke tampilan OS normal dulu. Ketik perintah di bawah ini untuk Boot ke TWRP.

fastboot boot recovery.img

- Setelah proses selesai, maka ponsel akan boot ke TWRP sementara. Jangan boot ke tampilan OS standar dulu sampai kita melakukan flashing Magisk.

Instal Magisk Dan Lazyflasher Di Xiaomi Redmi 5/5A


Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Pilih Wipe > Advanced Wipe > Pilih Cache Data.

- Kembali ke tampilan utama TWRP lalu pilih Install.

- Pilih file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip.

- Setelah itu, instalasi lagi, arahkan ke menu utama lalu pilih Install.

- Pilih Magisk V20.3.zip. Setelah pemasangan sukses, Reboot ponsel kamu.

- Kamu bisa juga menginstal aplikasi Magisk Manager di ponsel. Instal Root checker untuk memastika statur Root ponsel Xiaomi Redmi 5/5A kamu.

Apa Lagi?


Xiaomi Redmi versi 5A memiliki 2-3 GB RAM, dan versi 5 biasa memiliki 2-4 GB RAM, dan itu termasuk ponsel Mid-End yang bagus; Kamu mempunyai RAM yang cukup untuk digunakan di dunia Android modern saat ini.

Untuk sekarang, tidak ada lagi pembaruan reguler utama dan pembaruan bulanan dari Xiaomi untuk ponsel yang kamu miliki. Jika kamu membandingkannya dengan ponsel lain, mungkin beberapa masih menerima pembaruan. Jadi, kiranya kamu tahu apa yang kamu lakukan dan tujuan sebenarnya untuk melakukan root ponsel ini.

Apabila kamu ingin menonaktifkan iklan, kamu bisa menggunakan metode lain, yang tidak harus memerlukan root. Xiaomi berjanji untuk selalu mengoptimalkan iklan yang tampil dalam versi yang akan datang, namun ponsel kamu tidak akan menerima pembaruan ini. Jadi, lebih baik me-root ponsel dan menggunakan Custom ROM.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama