Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

Di luar fitur yang ramah kantong, ponsel Xiaomi selalu menjadi ponsel percobaan di masa depan. Sebab terdapat banyaknya pengguna dan pengembang - bahkan jika Xiaomi menghentikan dukungan resmi mereka - ponsel Anda akan tetap bisa merasakan versi Android terbaru dengan Custom ROM.

Untuk mem-flash Custom ROM dan menghapus aplikasi bloatware, Xiaomi Redmi 5 / 5A Anda memerlukan akses Root ke sistem. Jika ponsel memiliki recovery TWRP Official, maka peluang untuk berhasil me-root ponsel ini sangat besar.

Xiaomi Redmi 5 dan 5A. Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi hardware yang pantas, bahkan sekalipun keduanya adalah ponsel tua, model ponsel ini mempunyai komunitas yang cukup besar. Jadi, kedua ponsel ini akan tetap mendapatkan pembaruan dari para Developer di dalamnya.

Anda bisa merasakan Android 10 di ponsel Xiaomi 5 / 5A dengan menginstal Custom ROM. Metode rooting berikut didasarkan pada TWRP Official. Bahkan jika Anda merupakan pengguna biasa, kami sarankan agar melakukan proses Root ini. Tapi, ketika mem-flash ROM, pilihlah Pixel Experience ROM. Sebab ROM ini lebih ramah pengguna dari pada Custom ROM lainnya.

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

Mengapa Root HP Xiaomi Redmi 5 / 5A?

Kita harus berterimakasih kepada Allah Ta'aalaa, dan pada kerja keras tim TWRP dan Pengembang XDA - darshan1205 dan Doge. Melalui mereka, metode Root Xiaomi 5 / 5A ini jadi mudah dilakukan. Ponsel Anda mempunyai memori RAM 2-4 GB. Tapi, hakikatnya hal itu tidak cukup untuk penggunaan normal dengan OS Android lama.

Ya, Xiaomi menghentikan pembaruan patch keamanan pada Interval 60-90 hari. Dan juga, ini didasarkan pada OS Android lama. Jadi kita tidak bisa berharap banyak untuk mengoptimasinya. Ponsel ini mempunyai prosesor Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (Redmi 5A) dan Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (Redmi 5).

Karena manajemen RAM yang buruk pada perangkat lama, maka Anda akan merasakan kinerja ponsel lambat laun semakin lamban. Jika kita mengoptimalkan ponsel tersebut dengan benar menggunakan Custom OS yang benar setelah melakukan root, besar kemungkinan Anda akan melihat banyak perbaikan yang signifikan.

Jadi, setelah HP Xiaomi Redmi 5 / 5A Anda diroot, Anda akan mendapatkan pengalaman bebas lag / macet? Mungkin Saja. Selain itu, jika kita hibernasi dan menghapus banyak aplikasi yang tidak diperlukan dan mengoptimalkan beberapa aplikasi lainnya, ponsel Anda tidak terbatasi oleh hardware yang dimilikinya.

Namun dalam batasan-batasan ini, kita dapat meningkatkan kinerja ponsel Xiaomi Redmi 5/5A ini hingga 20-30% dibandingkan dengan penggunaan OS Android lama bawaan ponsel tersebut. Apalagi jika Anda menggunakan Custom ROM Lite, mungkin Anda bisa merasakan peningkatan kinerja ponsel menjadi 40-80% berdasarkan Custom OS apa yang Anda pilih.

PERINGATAN: Panduan ROOT HP Xiaomi Redmi 5 / 5A yang dibagikan Fajrinfo.com ini merupakan METODE yang AMAN dan MUDAH diterapkan pada ponsel Android tersebut.
Pastikan agar Anda membaca dan menerapkan panduan ROOT ini dengan perlahan dan teliti, jangan sampai ada langkah yang terlewat atau salah menerapkan. Karena dengan mengikuti panduan ini, berarti Anda bertanggunggjawab penuh atas resiko apapun yang terjadi.

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5 / 5A Nougat 7.1.2

Xiaomi Redmi 5 / 5A Varian Internasional hadir dengan bootloader yang fleksibel selain beberapa perangkat yang terkunci (Locked). Contoh - Di Samsung, ponsel Verizon hadir dengan Bootloader yang terkunci. Ini berarti bahwa berbagai varian smartphone bisa dengan mudah di-root. Selain itu, ponsel Xiaomi Redmi 5/5A ini juga bisa untuk diinstal TWRP recovery atau file / aplikasi Custom Recovery lainnya.

TWRP Recovery adalah file Custom Recovery yang harus diinstal pada ponsel Anda karena dengannya Anda dapat melakukan root dengan sukses.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang metode paling mudah untuk diikuti dalam menginstal TWRP Recovery pada HP Xiaomi Redmi 5 dan 5A. Dan alat yang diperlukan untuk me-root ponsel ini adalah Aplikasi Magisk.

Dengan bantuan TWRP Recovery, Anda bisa dengan cepat mem-flash Magisk versi terbaru ke ponsel Xiaomi Redmi 5 / 5A milikmu untuk mendapatkan akses root.

Sebelum membagikan tutorial ini, mungkin Anda ingin tahu bahwa dengan terpasangnya TWRP recovery di ponsel, maka Anda dapat dengan mudah menginstal Custom ROM atau firmware khusus lainnya. Apakah metode ini sulit dilakukan? Tenang, semuanya akan Fajrinfo jelaskan secara singkat dan mudah dipahami.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan;

- Pastikan baterai ponsel Xiaomi Redmi 5/5A Anda terisi daya di atas 40%.

- Cadangkan file dan data Anda saat ini, proses root akan menghapus file secara keseluruhan (simpan di penyimpanan eksternal MicroSD)

Langkah Pra-Persyaratan

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Aktifkan USB Debugging dan Buka Kunci OEM di ponsel Xiaomi. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan > Tentang ponsel > Ketuk pada bagian Nomor Versi sebanyak 7-10 kali secara terus menerus untuk mengaktifkan menu "Developer options". Kemudian masuk ke Developer option lalu aktifkan USB Debugging dan Buka Kunci OEM.

- Download file ADB drivers. Lalu instal di komputer atau laptop.

- Download Magisk_20.4.zip (Versi Terbaru), lalu simpan di memori eksternal ponsel.

- Download dan simpan di komputer file TWRP di bawah ini, lalu rename menjadi recovery.img.

twrp-3.3.1-0-rosy.img (Redmi 5)

twrp-3.3.1-0-riva.img (Redmi 5A)

- Download file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip, lalu simpan di penyimpanan MicroSD.

Unlock Bootloader Dengan ADB & Fastboot

- Masuk ke website resmi Mi Bootloader Unlock lalu login dengan Mi Account Anda.

- Masukkan detail Ponsel Anda seperti nomor telepon, IMEI, Alasan. Maka Anda akan mendapatkan kode konfirmasi di ponsel Xiaomi Redmi 5/5A milik Anda. Masukkan kode konfirmasi tersebut di situs web Mi dan minta untuk membuka kunci (Unlocking). Maka Anda akan menerima email konfirmasi setelah persetujuan dalam tempo waktu 2-10 Hari. [Harap bersabar ya 😅😆]

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Instal Mi Flash Tool dalam email yang diterima. Masuk dengan Mi Account yang sama, yang digunakan untuk mendapatkan softwarenya.

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Matikan ponsel. Hubungkan ponsel ke komputer atau laptop. Kemudian, masuk ke mode Fastboot. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan dalam beberapa saat. Hal ini akan mem-boot ponsel Anda ke mode Fastboot.

- Setelah berhasil masuk ke mode Fastboot, Lalu pilih Unlock. Ini akan memakan waktu 2-3 menit untuk menyelesaikan proses. Setelah proses selesai dengan sukses, Reboot kembali ponsel Xiaomi Redmi 5/5A Anda.

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Periksa lagi menu pengaturan "Developer Options". Masuk ke Developer Options lalu aktifkan USB Debugging dan Buka kunci OEM dan aktifkan "Advanced Reboot". Sebab terkadang fitur-fitur tersebut akan nonaktifkan lagi setelah boot.

Flash TWRP

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Matikan ponsel. Hubungkan ponsel ke komputer atau laptop. Kemudian masuk ke mode Fastboot. Untuk melakukannya tekan dan tahan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan dalam beberapa saat. Ini akan mem-boot ponsel Anda ke mode Fastboot.

- Setelah itu, sambungkan ponsel Xiaomi Redmi 5 / 5A ke komputer melalui kabel data USB.

- Buka Fastboot di komputer Anda. Buka Command prompt di komputer lalu ketik perintah di bawah ini.

fastboot flash recovery recovery.img

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Jangan boot ke tampilan OS normal dulu. Ketik perintah di bawah ini untuk Boot ke TWRP.

fastboot boot recovery.img

- Setelah proses selesai, maka ponsel akan boot ke TWRP sementara. Jangan boot ke tampilan OS standar dulu sampai kita melakukan flashing Magisk.

Instal Magisk & Lazyflasher Xiaomi Redmi 5/5A

Cara Root HP Xiaomi Redmi 5/5A Android 7.0 Nougat

- Pilih Wipe > Advanced Wipe > Pilih Cache Data.

- Kembali ke tampilan utama TWRP lalu pilih Install.

- Pilih file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip.

- Setelah itu, instalasi lagi, arahkan ke menu utama lalu pilih Install.

- Pilih Magisk V20.3.zip. Setelah pemasangan sukses, Reboot ponsel Anda.

- Anda bisa juga menginstal aplikasi Magisk Manager di ponsel. Instal Root checker untuk memastika statur Root ponsel Xiaomi Redmi 5/5A Anda.

Apa Lagi?

Xiaomi Redmi versi 5A memiliki 2-3 GB RAM, dan versi 5 biasa memiliki 2-4 GB RAM, dan itu termasuk ponsel Mid-End yang bagus; Anda mempunyai RAM yang cukup untuk digunakan di dunia Android modern saat ini.

Untuk sekarang, tidak ada lagi pembaruan reguler utama dan pembaruan bulanan dari Xiaomi untuk ponsel yang Anda miliki. Jika Anda membandingkannya dengan ponsel lain, mungkin beberapa masih menerima pembaruan. Jadi, kiranya Anda tahu apa yang Anda lakukan dan tujuan sebenarnya untuk melakukan root ponsel ini.

Apabila Anda ingin menonaktifkan iklan, Anda bisa menggunakan metode lain, yang tidak harus memerlukan root. Xiaomi berjanji untuk selalu mengoptimalkan iklan yang tampil dalam versi yang akan datang, namun ponsel Anda tidak akan menerima pembaruan ini. Jadi, lebih baik me-root ponsel dan menggunakan Custom ROM.
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

5 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. egga ngerti gua bang,mnding ku send aja hpny,trus abng yg install,(^^)

    BalasHapus
  2. Terimakasih saya mau coba gan

    BalasHapus
  3. Ini kok gabisa ya bang pas mau ganti nama

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama