Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel Dan Google Sheets

Jika Anda membuat Spreadsheet interaktif, mungkin akan memerlukan daftar drop-down (tarik-turun) agar pengguna bisa memilih opsi yang ada. Untuk itu, Anda bisa mengikuti tutorial ini untuk membuat daftar drop-down di Microsoft Excel atau Google Sheet. Anda bisa membuat menu drop-down dengan menyimak dan menerapkan panduan ini.

Seperti berbagai bahasa pemrograman, dimungkinkan untuk menyertakan pernyataan if-else dalam spreadsheet Excel yang Anda buat. Mari kita asumsikan bahwa Anda membuat spreadsheet untuk orang-orang yang harus memilih opsi berbeda sesuai dengan berbagai kriteria / kategori. Pada saat seperti itu, sebaiknya memang harus menggunakan daftar drop-down agar bisa memberi lebih dari satu pilihan kepada orang-orang.

Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel


Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel Dan Google Sheets

Untuk membuat daftar drop-down di Microsoft Excel, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca juga: Cara Mudah Menambah Musik Ke Presentasi Microsoft PowerPoint

1. Pilih sel tempat Anda ingin menampilkan menu drop-down.

2. Buka Data (pada bagian Data Tools) > Data Validation.

3. Pilih List dari menu Allow.

4. Tuliskan daftar pilihan yang ingin Anda munculkan di kotak Source.

5. Lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.


Untuk memulai, Anda harus memilih sel pada spreadsheet tempat Anda ingin menampilkan daftar menu drop-down. Setelah itu, beralih dari tab Home ke tab Data. Di bagian Data Tools, klik tombol Data Validation, lalu pilih opsi yang sama lagi.

Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel Dan Google Sheets

Sekarang, klik tombol panah ke bawah pada daftar drop-down Allow, lalu pilih List. Kemudian, Anda harus menuliskan semua pilihan satu demi satu. Jika ingin menampilkan Fajrinfo, Teknologi, dan Informasi sebagai contoh, Anda harus menulisnya seperti ini.

Fajrinfo;Teknologi;Informasi

Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel Dan Google Sheets

Tidak peduli berapa banyak pilihan yang ingin Anda masukan, yang pasti Anda harus memisahkannya dengan tanda titik koma (;). Setelah itu, klik tombol OK. Setelah itu, seharusnya Anda akan menemukan daftar drop-down seperti ini.

Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel Dan Google Sheets

Anda bisa mengelompokkan lembar kerja worksheet dari beberapa file Excel yang telah dibuat dengan mengikuti tutorial ini pada Microsfot Office Excel.

Cara Membuat Menu Drop-Down Bertumpuk Di Excel


Jika Anda ingin mendapatkan data dari beberapa menu drop-down atau sel yang ada dan menampilkan pilihan yang sesuai pada sel yang berbeda, inilah yang harus Anda lakukan.

Anda harus membuka jendela Data Validation yang sama dan memilih List di menu Allow. Kali ini, Anda harus memasukkan range di kotak Source seperti ini:

=$A$1:$A$5

Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel Dan Google Sheets

Menurut range ini, daftar drop-down baru akan menampilkan opsi yang sama yang ditulis dalam sel A1 hingga A5.

Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Google Sheets


Untuk membuat daftar menu drop-down di Google Sheets, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih sel lalu buka tab Data > Data Validation.

2. Pilih List of items.

3. Tuliskan item atau opsi yang ingin dimunculkan.

4. Simpan perubahan dengan menekan OK.

Pada awalnya, pilih sel dalam spreadsheet lalu klik Data dari bilah navigasi atas. Setelah itu, pilih opsi Data Validation / Validasi Data dari daftar yang muncul.

Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel Dan Google Sheets

Kemudian perluas menu drop-down Criteria / Kriteria, lalu pilih List of items / Daftar Item. Selanjutnya, Anda harus menuliskan semua pilihan atau item di kotak kosong dengan memisahkannya menggunakan tanda koma di setiap pilihan.

Cara Membuat Daftar Drop-Down Di Excel Dan Google Sheets

Setelah itu, klik tombol Save / Simpan untuk menampilkan daftar drop-down di sel.

Seperti Microsoft Excel, Google Sheets juga menampilkan pesan peringatan atau error untuk memasukkan data yang tidak valid. Secara default, ini menunjukkan pesan peringatan dan memungkinkan pengguna untuk menulis teks khusus. Jika ingin mencegah pengguna memasukkan data yang tidak valid, Anda harus memilih opsi Reject input di jendela Data Validation.

Cara Membuat Drop-Down Banyak Di Google Sheets


Cara ini hampir sama dengan Excel, tapi nama opsi berbeda. Anda harus memilih opsi List from a range dari daftar Criteria dan memasukkan rentang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memasukkan bidang seperti ini:

=$A$1:$A$5

Baca juga: Cara Merekam Layar Laptop Dengan Microsoft Office PowerPoint

Ini akan menampilkan semua teks dari sel A1 ke A5 dalam daftar drop-down.

Itulah dia! panduan tentang cara membuat daftar pilihan drop-down pada Microsoft Excel dan Google Sheets. Semoga tutorial sederhana ini bisa membantu Anda, terimakasih.
Shisi Indaryanti

Hai Muslimah, jadilah wanita yang memiliki dua kecantikan! Cantik dari luar yang dilindungi hijab syar’i. Dan cantik dari dalam yang dihiasi akhlak mulia dan terpuji.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama