Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10 Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10 - Fajrinfo
Untuk merangkul pengguna ponsel kelas menengah, Google merilis varian ponsel Pixel "A". Kita tahu, harga HP Google Pixel tidak seperti harga HP Android kelas menengah pada umumnya. Tapi bagi Google, itu adalah harga pasar kelas menengah. Anda akan mendapatkan kamera Google di HP Pixel 3A dan 3A XL. Anda juga akan mendapatkan pembaruan tambalan keamanan dan peningkatan besar-besaran dari Google seperti pada HP Pixel lainnya.

Sebagaimana komitmen Google, baru-baru ini HP Google Pixel 3A/3A XL mendapatkan pembaruan versi Android 10. Kabar ini sangat baik bagi setiap pengguna. Namun, para Developer harus melakukan langkah ekstra bagi proses pengembangan yang mereka lakukan misalnya metode Rooting, TWRP recovery, dan juga Custom ROM.

Setelah peningkatan sistem ke versi Android 10, Google menambahkan beberapa langkah keamanan tambahan yang membuat proses root tidak mudah. Hal itu bukan berarti kita tidak bisa melakukan root pada HP Google Pixel 3a/3a XL. Tentunya kita bisa menerapkan root meskipun harus melakukan beberapa langkah tambahan dibanding metode lama.

Metode berikut didasarkan pada Magisk. Ini berarti Anda tidak dapat melakukan semua operasi seperti TWRP recovery. Tapi, Anda bisa menggunakan aplikasi root dan Magisk Module.

Apabila Anda termasuk pengguna biasa, Anda tahu mengapa membeli HP Google Pixel 3a/3a XL ini. Ponsel ini dibekalli dengan prosesor kelas menengah, Anda tidak bisa memforsir kinerja ponsel tersebut meskipun Anda menggunakan sistem operasi Android bawaan yang telah dioptimalkan dengan baik oleh Google.

Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

Setelah Root, Anda tidak bisa mendapatkan pembaruan resmi dari Google. Anda harus mem-flash firmware bawaan lagi jika ingin mendapatkan pembaruan dan berada pada versi terbaru.

Jadi, saya sarankan agar Anda memiliki alasan yang tepat, jangan asal root HP Google Pixel saja. Jika Anda termasuk pengguna Developer atau pengguna aplikasi root biasa, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini untuk menerapkan root di ponsel Google Pixel 3a/3a XL milikmu.

Mengapa Harus Root HP Google Pixel 3a dan 3a XL?


Kita harus berterimakasih kepada Allah Ta'aalaa. Dan mengapresiasi kerja keras para XDA Developer - topjohnwu dan nsx2brz (Merekalah yang pertama berhasil menguji metode ini) Melalui kerja keras mereka, kita dapat menerapkan metode root ini. Berbicara tentang root, Anda harus mempunyai alasan yang kuat, dan Anda tahu apa yang sedang Anda lakukan.

Ya, dengan minimal 4GB RAM dan prosesor Qualcomm SDM670 Snapdragon 670, Anda bisa menggunakan ponsel ini tanpa melakukan root selama 3-4 tahun penggunaan, dan jika menggunakannya dengan benar.

Software / aplikasi pada HP Google Pixel 3a/3a XL lebih baik dibandingkan dengan produsen HP Android lain, karena menerapkan skin OS Android khusus. Jangan melakukan root jika karena semua orang mengatakan ketika ponsel diroot, kinerjanya bisa semakin cepat.

Pada kenyataannya tidak seperti itu. Root adalah mengekstraksi beberapa kinerja dari perangkat ponsel Android. Tapi, HP Google Pixel Anda sudah memiliki spesifikasi dan aplikasi yang telah dioptimalkan dan kuat. Jadi, jika Anda kecanduan penggunaan beberapa aplikasi root, Anda boleh saja melakukannya. Tapi ingat, jika hanya sekedar ingin mengujinya saja, saya sangat tidak merekomendasikannya.

PERINGATAN: Panduan ROOT HP Google Pixel 3A / 3A XL yang dibagikan Fajrinfo.com ini merupakan METODE yang AMAN dan MUDAH diterapkan pada ponsel Android tersebut.
Pastikan agar Anda membaca dan menerapkan panduan ROOT ini dengan perlahan dan teliti, jangan sampai ada langkah yang terlewat atau salah menerapkan. Karena dengan mengikuti panduan ini, berarti Anda bertanggunggjawab penuh atas resiko apapun yang terjadi.

Cara Root Google Pixel 3a / 3a XL Android 10


Google Pixel 3a XL varian International hadir dengan bootloader yang fleksibel selain beberapa perangkat yang terkunci / locked oleh operator. Ini berarti bahwa berbagai varian smartphone dapat dengan mudah di-root. Selain itu, perangkat ponsel dapat menerima penginstalan TWRP recovery atau file / aplikasi recovery khusus lainnya.

Tapi pada metode di bawah ini, kita akan melakukan Root pada perangkat ponsel Google Pixel 3a/3a XL dengan menggunakan Magisk. Anda bisa menginstal TWRP Official menggunakan aplikasi resmi saat dirilis.

TWRP Recovery adalah file recovery khusus yang harus diinstal pada perangkat Google Pixel 3a/3a XL Anda karena dengannya dapat menerapkan root secara sukses.

Pada artikel ini, kami menjelaskan metode termudah untuk diikuti dan menginstal Magisk di HP Google Pixel 3a/3a XL. Namun, alat yang diperlukan untuk me-root HP Android ini adalah Aplikasi Magisk.

Anda dapat mem-flash TWRP begitu tersedia. Dengan bantuan TWRP Recovery, Anda dapat dengan cepat mem-flash Custom ROM ke HP Pixel 3a dan 3a XL milikmu. Sebelum berbagi tutorial, mungkin Anda ingin tahu bahwa dengan Magisk ada di ponsel Android, maka Anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi root apapun. Apakah ini rumit dilakukan? Tenang, semuanya akan dijelaskan secara singkat dan jelas.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan;

- Pastikan baterai HP Google Pixel 3a/3a XL Anda terisi daya di atas 40%

- Cadangkan file dan data Anda yang ada di memori ponsel, proses ini akan menghilangkan data secara keseluruhan di memori internal (simpan di penyimpanan eksternal MicroSD).

Persyaratan


Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

- Aktifkan Mode USB Debugging dan Buka Kunci OEM di HP Google Pixel 3a/3a XL Anda. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan > Tentang ponsel > Ketuk pada "Nomor Versi" sebanyak 7-10 kali secara terus-menerus untuk mengaktifkan "Developer Options" kemudian kembali ke menu awal Pengaturan lalu pergi ke menu "Developer Option" lalu aktifkan Mode USB Debugging, Buka Kunci OEM.

- Download file ADB drivers. Instal di komputer atau laptop.

- Download juga Partition Fastboot drivers, instal di komputer atau laptop. Gunakan driver ini untuk mem-flash file Boot image Google Pixel 3a/3a XL.

Unlock Bootloader Menggunakan ADB Dan Fastboot


Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

- Matikan HP Google Pixel 3a/3a XL Anda. Kemudian masuk ke mode Fastboot. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan untuk beberapa saat lalu hubungkan HP Anda dengan komputer atau laptop.

Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

- Tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan ketika Anda melihat tampilan pesan peringatan.

- Setelah itu, sambungkan HP Google Pixel 3a XL Anda ke komputer melalui kabel USB.

- Buka Fastboot di komputer atau laptop. Buka Command prompt pada komputer dengan cara klik kanan pada folder lalu pilih opsi Open Command prompt here lalu masukkan perintah di bawah ini.

fastboot devices

- Seharusnya komputer menampilkan perangkat ponsel yang terhubung. Jika tidak menemukan perangkat, tutup dan buka kembali Command prompt lalu putus dan hubungkan lagi HP Google Pixel 3a XL Anda. Jika sudah terdeteksi, ketik perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

fastboot flashing unlock

Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

- Konfirmasi Unlock Bootloader di layar ponsel Anda.

- Setelah berhasil meng-unlock, ponsel Anda akan secara otomatis reboot ke tampilan standar.

- Periksa dan aktifkan lagi "Developer Options" dengan cara seperti di atas, kemudian pergi ke "Developer Options" lalu aktifkan Mode USB Debugging, Buka Kunci OEM. Sebab terkadang kedua fitur ini akan menonaktifkan diri setelah reboot.

Mempersiapkan file Boot Image Patched


- Download Google Pixel 3a XL Firmware lalu simpan di komputer atau laptop (File Factory Image, bukan OTA). Versi sistem Anda saat ini dan Versi yang Didownload harus Sama.

- Anda bisa menggunakan aplikasi Phone Info untuk mengetahui versi firmware Google Pixel 3a XL milikmu.

- Download file 7Zip-ZS dan instal di komputer. Ekstrak file dalam firmware yang didownload menggunakan 7Zip-ZS atau WinRar. Anda akan mendapatkan banyak data. Anda harus mengekstrak file .zip lain di dalam firmware yang sudah diekstraksi untuk mendapatkan file boot. Salin file boot.img ke ponsel Anda.

Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

- Download file Magisk Manager (download versi terbaru) dan instal di ponsel Anda. Buka Magisk yang terpasang dan pilih Install di Magisk; ia akan mencari file format .zip dan File Patch Boot Image. Pilih file Boot Image.

Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

- Arahkan ke File Boot Iamge yang Anda copy dan paste file tersebut dengan format file .img.

Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

- Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu, Anda akan mendapatkan file format .img yang dipatch magisk. File .img ini akan berada di folder yang sama dimana Anda menyimpan file boot.img.

- Salin file magisk_patched.img ke komputer atau laptop. Ganti nama file tersebut dengan 'boot.img' lagi.

Flash Patched Recovery Image Menggunakan ADB Dan Fastboot


- Matikan HP Google Pixel 3a XL Anda. Kemudian, masuk ke mode Fastboot. Untuk melakukannya- tekan dan tahan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan untuk beberapa saat.

- Tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan ketika Anda melihat tampilan pesan peringatan.

- Setelah itu, sambungkan HP Google Pixel 3a XL ke komputer melalui kabel data USB.

- Buka Fastboot di komputer. Buka Command prompt pada komputer dengan cara klik kanan pada folder lalu pilih opsi Open Command prompt here lalu ketik perintah di bawah ini.

fastboot devices

- Maka komputer akan menampilkan perangkat yang terhubung. Jika Anda tidak menemukannya, tutup dan buka lagi Command prompt lalu lepas dan hubungkan lagi HP Google Pixel 3 XL Anda ke komputer. Jika sudah terdeteksi, ketik perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

fastboot flash boot boot.img

Cara Mudah Root HP Google Pixel 3A / 3A XL Android 10

- Setelah proses selesai, tekan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan untuk keluar dari mode Fastboot. Ketika layar mati, segeralah tekan tombol Volume Naik + Power untuk mem-boot ke mode Recovery.

- Setelah masuk ke mode Recovery bawaan, pergi ke Wipe Data/Factory Reset dan pilih Yes untuk menghapus seluruh data. Ini akan menghapus data Anda yang tersimpan di internal. Jangan Boot ke tampilan normal dulu. Baca panduan di bawah ini untuk tahap boot sebelum booting.
Boot Ke Sistem Yang Rooted

- Tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power, lepaskan semua tombol begitu peringatan Bootloader muncul. Anda harus mengatur ponsel Anda seperti perangkat baru lagi. Anda dapat memeriksa status root menggunakan aplikasi Root Checker.

- Stock Recovery Boot - Tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power, lepaskan tombol ketika Anda menahan tombol Volume Naik.

- Anda akan melihat Magisk Manager di daftar aplikasi ponsel Anda. Jika tidak menemukannya, Anda bisa menginstal Magisk Manager di ponsel secara manual.

Selanjutnya Apa Lagi?


Menurut pendapat saya, Anda tidak perlu me-root Google Pixel 3a dan 3a XL. Jika Anda pikir bisa meningkatkan kinerja dengan root; dengan prosesor Qualcomm SDM670 Snapdragon 670 Octa-Core dan 4GB RAM, ponsel Anda dapat bekerja dengan baik.

Anda tidak boleh Boot ke Booting tampilan normal, dengan menekan tombol Power, setelah firmware berkedip. Sebab ini akan mem-boot ponsel ke kondisi Non-Rooted.

Jika secara tidak sengaja dan HP Google Pixel 3a/3a XL Anda jadi sering booting, maka jangan panik! Setelah mengatur semuanya, matikan ponsel lalu boot ke sistem yang di-Root dengan menggunakan tombol yang disebutkan di atas.

Jangan instal aplikasi apapun selain situs tepercaya di ponsel Google Pixel 3a/3a XL Anda yang sudah di-root. Aplikasi situs pihak ketiga dapat berisi beberapa kode script di latar belakang sistem. Jadi, periksa lagi sebelum menginstal aplikasi tersebut.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama