Cara Mudah Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6 Cara Mudah Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6 - Fajrinfo
Ponsel Realme dikenal sebagai ponsel murah kelas menengah (mid-range). Ketika diluncurkan, produsen merek ini memulainya dengan ponsel kelas mid-range, dan tidak menunjukkan akan kehadiran sebuah ponsel Flagship. Jadi, setiap orang berpikir bahwa ponsel Realme hanya berfokus pada kelas yang ramah anggaran saja.

Namun siapa sangka, rupanya mereka juga merilis ponsel Flagship dengan harga yang cukup ramah di kantong. Baik ponsel Realme 2 dan C1 memiliki prosesor Qualcomm SDM450 Snapdragon 450, dan itu merupakan ponsel Android Entry Level yang bisa dibilang lebih murah dibanding merek lainnya. Kedua ponsel tersebut mendapatkan ROM Color OS 6 berdasarkan Android Pie 9.0. Perbedaan antara kedua ponsel ini adalah dari segi ukuran RAMnya.

Ketika berpikir ingin menerapkan Root ke ponsel Realme, meskipun ponsel murah tapi keduanya memiliki prosesor Snapdragon, yang berarti pengguna bisa mendapatkan banyak dukungan pengembangan dibandingkan dengan ponsel yang memiliki prosesor MediaTek. Kamu dapat membuka kunci (unlock) ponsel secara resmi dan mem-flash TWRP jika ingin menggunakan Custom ROM.

Jika kamu adalah seorang Developer, maka kamu tahu apa yang akan dilakukan. Jadi, mari ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menerapkan Root pada ponsel Realme yang kamu miliki.

Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

Namun jika kamu termasuk pengguna biasa, kami menyarankan agar tetap menggunakan versi resmi dari ponsel Realme ini dan tidak perlu melakukan root untuk meningkatkan kinerjanya.

Jika alasannya adalah kamu tidak suka dengan Color OS UI, tunggu saja peluncuran OS Realme yang baru. Sebab kabarnya mereka sedang mengerjakan untuk pembaruan sistem dalam tahap versi beta. Tidak lama lagi ponsel kamu akan mendapatkan pembaruan.

Mengapa kami menganjurkan agar kamu tidak me-root ponsel? Karena setelah ponsel di-root, maka kamu tidak akan mendapatkan pembaruan sistem ponsel secara resmi. Selain itu, ponsel yang telah di-root akan membutuhkan optimasi manual secara teratur.

Catatan:
Baca sampai pandauan ini sampai selesai terlebih dahulu sebelum menerapkannya di ponsel Realme 2 / C1 milikmu karena Fajrinfo tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan smartphone milik kamu yang mungkin terjadi karena kesalahan dalam menerapkannya. Do With Your Own Risk.

Mengapa Harus Root Oppo Realme 2 / C1?


Kita harus berterimakasih kepada Allah Ta'aalaa. Dan mengapresiasi kerja keras tim XDA Developers - KSUBROTO, Wzsx150, dan Tim TWRP Recovery untuk file-file rootnya. Melalui mereka, metode root HP Realme ini menjadi mudah untuk dilakukan. Setidaknya kamu harus mempunyai alasan yang tepat dan paham tentang apa yang akan kamu lakukan nanti.

Ya, dengan minimal RAM 2-4 GB dan prosesor Qualcomm SDM450 Snapdragon 450, kamu bisa menggunakan ponsel ini tanpa harus melakukan root selama 2-3 tahun ke depan jika menggunakannya dengan benar.

Jangan melakukan root jika dikarenakan banyak orang yang mengatakan bahwa dengan melakukan root maka ponsel tersebut bisa menjadi smartphone yang tercepat di dunia.

Kenyataannya tidak seperti itu. Root adalah mengekstraksi beberapa kinerja dari perangkat ponsel. Tapi, sebenarnya kamu sudah mempunyai ponsel dengan spesifikasi dan software yang kuat. Namun jika kamu biasa menggunakan beberapa aplikasi yang membutuhkan akses root, maka kamu boleh saja melakukannya. Tapi kami tetap tidak merekomendasikannya dan resiko ditanggung sendiri.

Cara Melakukan Root Oppo Realme 2/C1 Pie 9.0


Model Ponsel; RMX1805 / RMX1809 / RMX1811

Oppo Realme 2 / C1 Varian Internasional hadir dengan bootloader yang fleksibel. Dan beberapa ponsel pabrikan datang dengan Bootloader yang terkunci (locked). Ini berarti bahwa berbagai varian smartphone bisa dengan mudah di-root. Selain itu, Realme juga dapat menerima penginstalan TWRP recovery atau file / aplikasi custom recovery lainnya.

TWRP Recovery adalah salah satu file custom recovery (recovery khusus) yang harus diinstal pada ponsel. Karena dengannya kamu dapat melakukan root ponsel secara sukses.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan metode paling mudah untuk diikuti dalam menginstal TWRP Recovery pada HP Oppo Realme 2 / C1. Namun, alat yang diperlukan untuk me-rooting ponsel ini adalah Aplikasi Magisk.

Dengan bantuan TWRP Recovery, kamu bisa dengan cepat mem-flash Magisk versi terbaru ke dalam sistem Realme 2 dan C1 untuk mendapatkan akses root. Sebelum membagikan tutorial ini, mungkin kamu ingin tahu bahwa dengan terpasangnya TWRP recovery di ponsel, maka kamu dapat dengan mudah menginstal ROM atau firmware khusus untuk Realme 2 / C1.

Apakah penerapan proses root ponsel Realme ini sulit dilakukan? Tenang saja, semuanya akan Fajrinfo jelaskan secara singkat dan terperinci.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan;

- Pastikan baterai ponsel kamu telah terisi daya di atas 50%.

- Cadangkan file dan data kamu yang ada dalam memori internal ponsel. Sebab proses ini akan menghilangkan data secara keseluruhan (simpan di penyimpanan eksternal MicroSD).

Persyaratan


Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

- Aktifkan Mode USB Debugging dan Unlock OEM di ponsel kamu. Untuk melakukan hal ini, pergi ke Settings > About phone > Ketuk pada "Nomor Build" 7-10 kali secara konsisten untuk mengaktifkan menu "Developer Options", kemudian kembali ke menu utama Settings dan pergi ke Developer Options lalu aktifkan Mode USB Debugging serta Unlock OEM.

Tidak ada langkah yang rumit bukan untuk melakukan proses root pada HP Realme 2 dan C1 ini?

- Download file ADB drivers. Lalu Instal ke komputer.

- Download file Magisk-V20.3.Zip (versi terbaru), Kernel (opsional), dan no-verity-opt-encrypt – Simpan ke memori MicroSD Card.

- Download dan simpan file TWRP Realme 2 C1 Pie TWRP.zip, ekstrak di komputer lalu rename (ubah nama) file recovery tersebut menjadi recovery.img. Salin semua file ini ke folder ADB dan Fastboot yang telah diinstal.

Unlock Bootloader Dengan ADB Dan Fastboot


Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

- Download aplikasi unlock tool apk, lalu instal di ponsel.

- Aktifkan Data Seluler, kemudian buka aplikasi Unlock tool.

- Pilih Start applying, terima Terms and Conditions, lalu Submit aplikasi tersebut. Dalam waktu 1 Jam atau maksimal 24 jam, maka kamu akan menerima konfirmasi dari tim Realme. Jika sudah berhasil, silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya di bawah ini.

- Setelah berhasil mendapatkan pesan review, boot ponsel kamu ke mode Fastboot.

Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

- Matikan ponsel, lalu masuk ke mode Fastboot. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power secara bersamaan selama beberapa saat.

Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

- Tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan ketika kamu melihat ada pesan peringatan yang muncul.

- Kemudian hubungkan ponsel Realme 2 / C1 kamu ke komputer menggunakan kabel data USB.

- Buka program Fastboot di komputer kamu. Buka Command prompt (tekan tombol Shift + klik kanan dalam folder Fastboot, lalu pilih opsi Open Command prompt here) pada komputer lalu ketik perintah di bawah ini.

fastboot devices 

- Maka jendela Command prompt akan menampilkan ponsel yang terhubung. Jika masih belum muncul, restart Command prompt dan lepaskan lalu hubungkan kembali HP Realme 2 / C1 kamu. Jika sudah terdeteksi, ketikkan perintah di bawah ini.

fastboot flashing unlock

Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

- Tekan Enter, maka kamu akan diminta untuk memilih opsi pada ponsel tersebut, silahkan pilih Unlock Bootloader.

Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

- Setelah proses selesai, maka ponsel akan boot ke tampilan standby normal. Sekarang Bootloader ponsel kamu telah berstatus Unlocked / Tidak terkunci.

- Periksa lagi menu Settings, kemudian pergi ke Developer Options lalu aktifkan Mode USB Debugging dan Unlock OEM. Sebab biasanya opsi-opsi tersebut akan menonaktifkan diri setelah proses boot ponsel.

Flash TWRP Recovery


- Matikan ponsel. Kemudian masuk ke mode Fastboot. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power secara bersamaan dalam beberapa saat.

- Tekan tombol Volume Turun untuk melanjutkan jika kamu telah melihat pesan peringatan yang muncul.

- Sekarang, hubungkan ponsel Realme 2 / C1 ke komputer melalui kabel data USB.

- Buka Fastboot di komputer kamu. Buka Command prompt (tekan tombol Shift + klik kanan dalam folder Fastboot, lalu pilih opsi Open Command prompt here) pada komputer, lalu ketik perintah di bawah ini.

fastboot devices

- Maka jendela Command prompt akan menampilkan perangkat ponsel yang terhubung. Jika ponsel masih belum terhubung, silahkan restart Command prompt lalu lepaskan dan hubungkan kembali ponsel Realme 2 / C1 kamu. Jika ponsel telah terdeteksi, ketikkan perintah di bawah ini lalu tekan Enter pada keyboard.

fastboot flash recovery recovery.img

- Setelah proses selesai, maka ponsel kamu akan boot ke TWRP recovery sementara. Jangan Boot ponsel ke tampilan standby normal sebelum melakukan flashing Magisk.

Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

Instal Magisk, no-verity-opt-encrypt, Dan Kernel Di Ponsel Realme 2 / C1 Menggunakan TWRP Recovery


Root Ponsel Realme 2 / C1 Android Pie 9.0 Color OS 6

- Pilih Wipe > Advanced Wipe > pilih Cache Data.

- Kembali ke menu utama TWRP recovery, lalu pilih Install.

- Pilih file Kernel.zip dan no-verity-opt-encrypt.zip satu per satu.

- Setelah proses instalasi selesai, kembali ke menu utama TWRP recovery lalu pilih Install.

- Pilih file Magisk-V20.3.zip.

- Setelah proses instalasi selesai, silahkan reboot Ponsel kamu.

- Kamu juga bisa menginstal aplikasi Magisk Manager di ponsel Realme.

Selanjutnya Apa Lagi?


Menurut pendapat kami, kamu tidak perlu melakukan root ponsel Realme 2 / C1 jika kamu berpikir dapat meningkatkan kinerja ponsel dengan menerapkan root. Sebab, berbekal prosesor Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 dan minimum RAM 2-4 GB, sejatinya perangkat ponsel kamu ini bisa bekerja dengan baik.

Jangan instal aplikasi apapun selain dari situs terpercaya di ponsel yang sudah di-root. Karena aplikasi dari situs pihak ketiga biasanya dapat berisi beberapa kode latar belakang. Jadi, periksa terlebih dahulu sebelum menginstal aplikasi tersebut.

Jika kamu ingin kembali ke firmware bawaan, maka kamu dapat melakukan flash ulang menggunakan firmware resmi HP Realme 2 / Realme C1 Android Pie 9.0. Apabila tujuan kamu me-root ponsel adalah ingin menonaktifkan iklan yang mengganggu di ponsel Realme, kamu dapat melakukannya tanpa akses Root. Jangan ragu untuk menyampaikan pertanyaan di kolom komentar jika mengalami kendala selama proses rooting.

Sumber: (1), (2), (3)

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama